Health

5 Tipe Perut Buncit dan Cara Merampingkannya

5 Tipe Perut Buncit dan Cara Merampingkannya

Sudah mencoba berapa metode untuk merampingkan perut, Ladies? Jika perut tidak juga ramping maka bisa jadi bukan metodenya yang tidak manjur, tapi tipe perut Anda yang tidak sesuai dengan metode tersebut.

Ya, tidak semua perut sama. Perut yang membuncit masing-masing berbeda penyebabnya. Untuk itu, mari kenali dulu tipe perut Anda sebelum mencoba merampingkan. Pastikan Anda tahu metode dan cara yang bisa ampuh merampingkan perut sesuai tipe perut Anda. Berikut rangkumannya, seperti yang dilansir Daily Mail.

5 Tipe Perut Buncit dan Cara Merampingkannya

5 Tipe Perut Buncit

1. Wine Tummy

Ciri dari perut tipe ini adalah perut membuncit ke depan sedangkan bagian pinggul dan bokong cenderung kurus. Seperti namanya, perut tipe ini membuncit akibat mengonsumsi alkohol terlalu banyak. Alkohol memang mengandung kalori tinggi namun meminumnya tidak akan membuat Anda merasa kenyang, Ladies.

Selain itu penyebab perut tipe ini membuncit adalah akibat adanya konsumsi berlebih karbohidrat olahan, seperti cookies, roti, gula putih, coklat, permen jagung, dsb.

Alkohol dan makanan yang mengandung karbohidrat olahan dapat menghambat kerja metabolisme yang berperan penting dalam peluruhan lemak. Maka, pertimbangkan lagi bila ingin mengonsumsi kedua jenis makanan dan minuman tersebut.

Bila terlanjur membuncit, perut tipe wine tummy ini bisa diusahakan untuk kembali ramping dan rata dengan mengurangi pengonsumsian alkohol. Pilih karbohidrat lain seperti gandum dan karbohidrat berserat tinggi.

2. Bloated Tummy

Penyebab perut tipe ini membuncit adalah karena terjadinya sembelit selama berhari-hari, atau bisa juga disebabkan oleh konsumsi makanan terlalu banyak dalam satu waktu makan.

Ciri dari perut tipe ini adalah perut membulat mulai dari garis atas perut, terasa kencang seolah-olah ada benda bundar seperti balon di dalamnya. Bila perut tipe ini membuncit, biasanya tidak diiringi dengan kenaikan berat badan karena perut berisi angin, bukan lemak.

Meski perut akan terasa rata ketika bangun tidur, tapi Bloated Tummy ini akan membesar seiring terjadinya konsumsi makanan. Perbanyaklah memakan sayuran dan buah untuk merampingkan perut tipe ini, sekaligus untuk menyembuhkan sembelit.

3. Stress Tummy

Stres bisa menyebabkan terjadinya perut buncit? Ya, Ladies. Hal ini disebabkan karena ketika seseorang sedang dalam kondisi stres akan memgeluarkan hormon kortisol dan terjadinya peningkatan kadar gula dalam tubuh yang memproduksi energi. Bila energi yang dihasilkan tersebut tidak terpakai (untuk olahraga, misalnya) ia kan berubah menjadi lemak yang nantinya juga mengendap di perut. Untuk itu, hindarilah stres. Cari hal positif yang bisa memnangkan pikiran bila pikiran terasa mulai ‘penuh’ dan meresahkan.

Ciri dari perut tipe ini adalah membulat dari garis atas perut, terasa lembek dan kendur. Untuk merampingkan, biasakanlah memakan karbohidrat rendah lemak beberapa kali sehari dalam porsi kecil. Tetaplah tenang saat makan, hindari terburu-buru.

4. Pear Tummy

Perut membuncit menyerupai bentuk buah pir, biasanya besar oleh tumpukan lemak di bagian pinggul dan bokong. Sekilas pinggang nampak normal saja, tapi sebenarnya penumpukkan lemak pun terjadi di sana.

Ini disebabkan oleh hormon estrogen dari konsumsi lemak jenuh berlebih. Untuk mengatasinya, perbanyaklah sayuran hijau atau kacang-kacangan yang mengandung serat alami untuk meluruhkan lemak.

5. Thyroid Tummy

Tidak pria maupun wanita, keduanya akan mengalami pelambatan proses metabolisme tubuh seiring bertambahnya usia. Thyroid Tummy, biasa dialami oleh seseorang bertubuh besar. Besarnya perut tipe ini mengikuti besarnya tubuh seseorang.

Untuk wanita yang mengalami Thyroid Tummy, cobalah perbanyak makanan yang mengandung serat tinggi seperti buah, sayuran hijau dan serat dari karbohidrat.

Jadi, sebelum melakukan beragam cara untuk merampingkan perut, kenali dulu tipe perut Anda yang membuncit ya, Ladies. Mana tipe perutmu? Semoga saran yang ada bisa bermanfaat manjur untuk merampingkan perut Anda.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top