Health

6 Manfaat Baking Soda bagi Kecantikan

Manfaat Baking Soda bagi Kecantikan

Wanita selalu identik dengan kecantikan dan keindahan. Tak heran banyak wanita yang rela menghabiskan uangnya demi perawatan mahal. Namun, siapa bilang cantik harus mahal? Tanpa kita sadari, banyak bahan-bahan dapur di mana dapat kita temukan sehari-hari yang memiliki khasiat untuk kecantikan. Salah satunya adalah baking soda. Yap, tentu kita tidak asing dengan bahan yang satu ini. Selain sangat mudah untuk mendapatkannya di supermarket atau toko bahan roti terdekat, bahan ini juga relatif murah. Nah, apa saja kegunaan bahan komponen pembuat roti yang satu ini? Berikut ulasannya:

  1. Menghilangkan Komedo Membandel

Komedo membandel di sekitar area hidung tentu sangat mengganggu penampilan Anda. Tapi jangan khawatir terlebih dahulu. Dikutip dari Pola Hidup Sehat, baking soda dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Caranya, campurkan 2 sendok teh baking soda, satu sendok teh garam, dan satu sendok teh madu. Kemudian lumatkan hingga bercampur, lalu aplikasikan pada hidung Anda, yang sebelumnya telah dibilas air hangat. Tunggu sampai kurang lebih 15 menit. Lalu bilas hingga bersih. Lakukan dengan rutin untuk dapatkan hasil yang maksimal. 

  1. Memutihkan Gigi

Dikutip dari manfaat.co.id, baking soda memiliki khasiat ampuh untuk memutihkan gigi. Campurkan setengah sendok teh dengan satu buah stroberi yang telah dilumatkan. Kemudian oleskan pada permukaan gigi. Diamkan selama 5 menit kemudian bilas hingga bersih. Lakukan sekali dalam seminggu.

  1. Mencegah Bekas Jerawat

6 Manfaat Baking Soda bagi Kecantikan

Bekas jerawat adalah momok menakutkan tak hanya bagi kaum wanita, tetapi juga kaum pria. Namun, ternyata baking soda dapat menjadi solusi. Dikutip dari Masibas, baking soda bisa dibuat masker untuk mencegah datangnya jerawat atau menghilangkan bekas jerawat. Campurkan dengan air secukupnya hingga menjadi pasta. Lalu oleskan ke seluruh bagian wajah Anda sebelum tidur, kemudian bilas di pagi harinya.

  1. Menyehatkan Rambut

Beberapa daru Anda mungkin seringkali bergonta-ganti sampo atau produk styling lainnya. Untuk menormalkan rambut kembali, Anda dapat menggunakan campuran baking soda, perasan lemon pada shampo. Menurut Amazine,  caranya cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan 2 sendok makan dan perasan setengah jeruk lemon pada 2 sendok makan shampoo. Kemudian gunakan itu untuk keramas, lalu bilas dengan air dingin hingga bersih dan jangan sampai meninggalkan residu. Akhiri dengan pemakaian conditioner.

  1. Mengangkat Sel Kulit Mati

Baking soda memiliki manfaat untuk membantu pengangkatan sel kulit mati pada wajah sehingga dapat membantu meningkatkan kecerahan. Dikutip dari Gamesiana, caranya cukup mencampurkan secukupnya pada air yang digunakan untuk mencuci wajah. Cairan baking soda itu akan berfungsi sebagai exfoliant lembut sehingga akan mengangkat sel kulit mati dan wajah menjadi lebih cerah dan segar.

  1. Pengganti Deodorant

Kalau Anda memiliki keringat berlebih dan roll on sudah tak mampu menangani bau yang dihasilkan keringat Anda, ini saatnya untuk mencoba baking soda dalam upaya menuntaskan bau badan Anda. Dikutip dari manfaat.co.id, baking soda bisa dipakai untuk membuat aroma badan Anda netral. Selain itu, Anda juga bisa berhemat dalam kebutuhan finansial. Caranya cukup oleskan ke bagian ketiak, dengan sendirinya baking soda akan menyerap bau badan Anda. Bau badan yang tadinya asam akan berubah menjadi netral.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top