Health

7 Cara Menurunkan Demam Anak Alami, Efektif Meski Tanpa Obat!

7 Cara Menurunkan Demam Anak Tanpa Obat

Karena sistem kekebalan tubuhnya belum cukup kuat, anak-anak cenderung lebih mudah terserang demam. Sebelum memberikan obat, ada cara menurunkan demam anak alami yang aman dan tentunya efektif.

Cara Menurunkan Demam Anak Tanpa Obat

Sebenarnya, demam adalah sinyal bahwa tubuh sedang melawan penyakit atau virus. Nah, untuk membantu menurunkan panas demam agar kembali normal, Anda bisa memberikan obat alami berikut ini.

1. Mandikan dengan Air Hangat

Ketika demam, mandi dengan air dingin malah membuat tubuh anak menggigil. Karena tubuh mencoba untuk memproduksi thermostat internal lebih banyak. Untuk itu, lebih baik mandikan anak yang sedang demam dengan air hangat agar panas tubuhnya segera menurun. Anda bisa menambahkan secangkir cuka apel ke dalam air untuk mandi agar lebih efektif.

2. Kompres Air Hangat

Saat anak demam, Anda bisa memberikan kompres hangat. Manfaatnya yaitu memberi rasa nyaman dan menurunkan suhu tubuh si kecil. Kompres hangat akan mengirimkan sinyal pada tubuh untuk mengeluarkan keringat serta menurunkan suhu tubuh. Yang terpenting, pastikan anak merasa nyaman dan tidak merasa kepanasan atau kedinginan.

Lihat Juga: Bayi Demam?, Bagaimana Cara Mengatasinya

3. Kompres dengan Cuka Apel

Selain untuk mandi, Anda juga bisa menggunakan cuka sari apel untuk mengompres anak yang demam. Caranya, rendam handuk kecil ke dalam air hangat yang sudah diberi beberapa tetes cuka apel. Kemudian peras dan letakkan di area dahi atau perut.

4. Beri Sup Ayam

Cara menurunkan demam anak selanjutnya yaitu dengan memberikan sup ayam. Berdasarkan studi yang dirilis National Library of Medicine, kaldu ayam memiliki kandungan beberapa zat yang bagus untuk proses pemulihan.

Mengonsumsi sup ayam hangat akan meningkatkan sistem imun tubuh dan menambah asupan kalsium. Makanan yang penuh nutrisi ini pun cocok dikonsumsi saat anak demam agar tubuhnya segera pulih.

5. Minum Minuman Herbal

Menurut jurnal NCBI, mengonsumsi minuman herbal juga bisa membantu menurunkan demam anak. Terutama jika si kecil sulit minum air putih, Anda bisa memberikan teh herbal agar tubuhnya terhidrasi serta menurunkan panas.

Teh chamomile atau teh peppermint bisa menjadi pilihan untuk membantu meredakan sakit perut dan mengatasi saluran pernapasan yang tersumbat. Agar khasiatnya semakin optimal, tambahkan pula sedikit madu.

Lihat Juga: Daftar 5 Obat Sirop yang Ditarik BPOM Terkait Kasus Gagal Ginjal Akut

6. Minum Susu Kunyit

Cara menurunkan demam anak alami berikutnya yaitu dengan memberikan minuman susu kunyit. Caranya, campurkan segelas susu hangat dengan satu sendok teh sari kunyit (bisa juga dengan kunyit bubuk).

Rasanya mungkin tidak disukai anak, tapi minuman ini efektif menurunkan panas. Kandungan kurkumin dalam kunyit memiliki efek anti-inflamasi. Selain menurunkan demam, minuman ini juga meningkatkan sistem imunitas tubuh.

7. Pakai Baju yang Nyaman

Saat demam, hindari pemakaian baju atau selimut tebal karena malah membuat anak tidak nyaman. Sebab, panas tubuh juga akan lebih sulit turun. Sebaiknya, gunakan baju berbahan ringan dan menyerap keringat agar membantu menurunkan panas demam anak.

Itu dia beberapa cara menurunkan demam anak alami yang bisa menjadi pilihan. Tapi, jika demam anak tidak kunjung membaik, sebaiknya segera kunjungi fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top