Health

7 Kebiasaan Sepele yang Membahayakan Tubuh

7 Kebiasaan Sepele yang Membahayakan Tubuh

Tanpa disadari, kebiasaan sepele seperti mengucek mata dan merenggangkan persendian ternyata bisa berdampak buruk pada kesehatan tubuh dan bila terus dilakukan maka menyembuhkannya membutuhkan penanganan medis yang serius. Simak beberapa kebiasaan sepele yang bisa mengancam kesehatanmu ini.

1. Mengucek mata menggunakan tangan
Kebiasaan mengucek mata dapat menyebabkan iritasi. Mengucek secara keras dan terus-menerus bisa mengakibatkan lecet pada kornea mata. Bila ini terjadi, dampaknya akan serius. Sinar yang masuk ke mata tidak dapat diteruskan secara tepat ke retina mata, ini menyebabkan ketajaman penglihatan menurun.
Saran: Segera pejamkan mata dan basuh dengan air bersih bila ada benda asing masuk ke mata. Yang terbaik adalah meneteskan obat mata. Usahakan memakai pelindung mata seperti kacamata bila kamu sering berada di tempat yang berdebu.
2. Mencongkel sisa makanan menggunakan tusuk gigi
Mencongkel sisa makanan dengan tusuk gigi justru bisa mendorong sisa makanan tersebut masuk lebih dalam ke sela gigi. Sisa makanan itu dapat membusuk, mengakibatkan infeksi, bahkan dapat menyebabkan gigi berlubang disertai ngilu hebat.
Saran: Gunakan dental floss atau benang gigi untuk membersihkan sisa makanan.
3. Memencet jerawat
Selain akan memperparah peradangan yang ada, memencet jerawat juga akan menyebabkan luka yang memudahkan kuman masuk ke lapisan kulit yang lebih dalam. Hal ini dapat menyebabkan peradangan di jaringan sekitar.
Saran: Membersihkan jerawat menggunakan kapas yang ditetesi alkohol 40% setelah melakukan aktifitas di luar rumah atau sebelum tidur akan membantu jerawat hilang dengan sendirinya. Namun, bila terasa terasa mengganggu, konsultasikan dengan dokter kulit untuk mendapat penanganan yang tepat.
4. Mengorek telinga dengan tangan
Gesekan kuku pada dinding saluran telinga luar dapat menyebabkan terkelupasnya kulit di liang telinga yang tipis. Hal ini dapat menimbulkan peradangan yang bila cukup berat, akan menyebabkan bisul yang sangat nyeri. Menjalani operasi telinga pun mungkin saja bila kamu terus melakukan kebiasaan ini.
Saran: Bila telinga gatal, sebaiknya diamkan saja. Gatal pada telinga bukan berarti kotor. Kotoran dalam telinga pun biasanya akan keluar sendiri saat kita menggerakkan rahang. Namun, bila kotoran sudah mengeras segeralah periksa ke dokter THT.
5. Mencabut rambut ketiak
Rambut ketiak berfungsi melindungi kulit dari racun, kotoran dan bakteri. Saat mencabut rambut ketiak tanpa disadari terjadi luka kecil tak kasat mata dan pori-pori kulit membesar. Luka tersebut memudahkan masuknya bakteri sehingga nantinya berpotensi menimbulkan infeksi.
Saran: Menggunting rambut ketiak secara berkala lebih disarankan ketimbang mencabutnya.
6. Menggigit kuku
Selain kuku jadi jelek dan menyebabkan masuknya bakteri penyebab sakit perut, beberapa penelitian pun mengaitkan kebiasaan menggigit kuku dengan gangguan kejiawaan obsesif komplusif. Gangguan ini merupakan salah satu bentuk gangguan kecemasan yang membuat seseorang melakukan suatu aktifitas berulang dan menjadi kebiasaan demi meredam rasa cemas yang dirasakan.
Saran: Potong kuku dan jaga kebersihan kuku secara rutin untuk menghentikan kebiasaan ini. Sibukkan fungsi tangan dan mulut dengan aktifitas lain seperti bermain musik atau mengunyah permen karet. Ini cukup efektif untuk mengalihkan dorongan psikis untuk menggigiti kuku.
7. Merenggangkan persendian
Merenggangkan persendian sampai terdengar bunyi dapat menyebabkan kerusakan sendi. Saat merenggangkan sendi otomatis ruang sendi membesar. Ini menyebabkan terbentuknya gelembung gas karbondioksida dan memicu cairan synoval berubah menjadi udara bersamaan dengan keluarnya bunyi. Cairan synoval adalah sumber nutrisi tulang sendi dan pelumas sendi yang bila terus keluar akan memicu tulang rawan kelihangan nutrisi dan cepat mengalami kerusakan.
Saran: Kompres bagian tubuh yang pegal dengan air hangat agar otot tidak kaku. Tidurlah dengan terlentang, bukan meringkuk. Pastikan leher tegak saat menonton atau bekerja di depan komputer. Begitu leher terasa pegal lakukan gerakan memutar secara perlahan ke kiri atau kanan sebanyak 5-6 kali.
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top