Health

7 Tips Menjaga Kesehatan Mata Selama Pandemi

tips menjaga kesehatan mata selama pandemi

Sudah berapa lama aktivitas dipindahkan ke rumah? Baik WFH maupun sekolah daring, mau tidak mau setiap harinya kita harus berhadapan dengan komputer dan layar laptop. Alhasil keluhan mengenai kesehatan mata selama pandemi banyak menjadi keresahan, terutama bagi para pelajar. 

Namun tenang saja, berikut ini kami berikan tips menjaga kesehatan mata selama pandemi. Yuk disimak. 

1. Hindari Membaca Buku di Tempat yang Redup 

Tips menjaga kesehatan mata selama pandemi yang pertama adalah hindari membaca buku di tempat yang redup. Tempat redup memiliki sedikit cahaya sehingga membuat mata cepat lelah.  

British Medical Journal memublikasikan membaca di ruangan yang tidak terlalu terang menyebabkan ketegangan otot mata. Alhasil mata kita harus bekerja keras agar bisa fokus. Dengan kata lain membaca di tempat redup membuatmu susah fokus. 

Nah akhirnya bacaan yang semestinya diselesaikan dalam waktu 10 menit bertambah menjadi dua kali lipat karena kita membaca di tempat redup. Jika hal ini dilakukan dalam jangka waktu lama, mata akan cepat perih dan gatal. 

Sangat tidak dianjurkan untuk membaca di tempat redup. Apalagi jika kamu setiap harinya terpapar sinar komputer, mata sudah lelah kemudian ditambah dengan cara membaca kamu yang tidak benar. Carilah pencahayaan yang cukup ketika membaca ya guys! 

2. Beri Jarak Minimal 30 cm Ketika Membaca 

Selain tidak boleh membaca di tempat redup, berilah jarak minimal 30 cm ketika kamu membaca. Jarak 30 cm adalah jarak yang cukup ideal ketika membaca. Jika terlalu dekat, mata akan cepat perih. 

Nah dilansir dari Buku Indonesia Membaca karya Rina Ulwia dan Esti Nurelysa dijelaskan bahwa jarak ideal antara mata dan tulisan ketika membaca adalah 25-30 cm. Dengan begitu, mata kita dan keadaan membaca menjadi lebih mudah. 

Jarak ideal ini juga menjadikan lensa mata tidak perlu bekerja keras untuk dapat membaca tulisan dalam buku. Jika lebih dari atau kurang dari 30 cm, mata akan bekerja lebih keras. Nah usahakan selalu membaca dengan jarak minimal 30 cm ya guys! 

3. Mengistirahatkan Mata 5-10 menit/jam ketika Sedang WFH 

Nah ini tips yang cocok banget untuk menjaga kesehatan mata selama WFH. Ketika berada di komputer terlalu lama, mata kamu akan mudah lelah. Apalagi jika jarak komputer yang tegak lurus dan kamu bekerja selama berjam-jam, potensi mata rusak menjadi meningkat. 

Untuk itu, solusinya adalah dengan mengistirahatkan mata 5-10 menit setiap satu jam sekali. Hal ini sangat penting agar mata kamu memiliki kesempatan bernapas dan dijauhkan dari layar komputer. 

Kamu tentu merasakan kalau berada di depan komputer terlalu lama mata menjadi pedih. Nah dalam jeda 5-10 menit tersebut kamu bisa melakukan relaksasi mata. Misalnya dengan menggunakan obat tetes mata atau bisa juga sesekali makan wortel. 

4. Sebelum Tidur Kompres Mata menggunakan Timun atau Kapas Dingin 

Tips menjaga kesehatan mata selanjutnya adalah dengan menggunakan timun sebelum tidur. Cara ini sangat mudah dilakukan. Kamu cukup menyiapkan dua buah irisan timun kemudian meletakkannya pada mata. 

Pejamkanlah matamu layaknya akan tidur. Hasilnya ketika bangun pagi kamu akan merasakan matamu lebih rileks. Selain itu bisa juga dengan menggunakan kapas dingin. Caranya adalah dengan mencelupkan kapas pada air es selama kurang lebih 10 menit. 

Setelahnya usapkan pada mata. Hasilnya mata kamu lebih segar dan pandangan pun terasa lebih tercerahkan. Bagaimana, tertarik untuk segera mempraktikkannya? 

5. Konsumsi Sayur dan Buah yang Mengandung Vitamin A 

Selain sejumlah tips di atas, menjaga kesehatan mata selama pandemi tentu saja tidak terlepas dari asupan makanan. Mengonsumsi sayur dan buah yang mengandung vitamin A menjadi sesuatu yang wajib kamu terapkan. 

Selain kondisi tubuh dan imun yang mesti dijaga, jangan lupa untuk tetap memperhatikan kesehatan mata yang setiap harinya kamu minta untuk berhadapan dengan layar komputer selama berjam-jam. 

Nah untuk membiasakan hal ini, kamu bisa mengonsumsi wortel dengan ukuran kecil, hitung-hitung sebagai camilan, sepertinya nikmat bukan? Selain dimakan mentah, kamu juga bisa mengonsumsi wortel dengan cara mengolahnya menjadi jus wortel 

6. Menggunakan Kacamata Antiradiasi 

Kalau sudah menerapkan kebiasaan dan mengonsumsi makanan yang dianjurkan, selanjutnya ada lagi tips untuk kamu agar menggunakan satu alat khusus. Kacamata antiradiasi tentu saja sudah tidak asing lagi bukan? 

Kacamata ini berguna untuk melindungi mata agar tidak terpapar radiasi sinar secara langsung. Dengan begitu, sinar dari layar komputer tidak akan langsung diserap oleh matamu. Namun, akan difilter oleh kacamata antiradiasi ini dahulu. 

Nah di masa pandemi dan WFH saat ini sangat disarankan untuk memiliki kacamata antiradiasi. Selain mata kamu bisa lebih sehat, dengan berlama-lama di depan layar komputer membuatmu bisa bertahan lebih lama untuk terhindar dari rasa perih pada mata. 

7. Olahraga 

Eh siapa bilang kalau menjaga kesehatan mata hanya dengan cara itu-itu saja? Olahraga juga penting lho! Nah terus hubungannya olahraga dengan mata itu apa ya? Penelitian menunjukkan bahwa olahraga bisa meminimalisasi risiko kehilangan penglihatan. 

Risiko ini muncul bisa karena diabetes, kolesterol tinggi, hingga tekanan darah tinggi. Tak jarang masalah-masalah tersebut muncul dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam masa WFH seperti ini. 

Baca Juga : 9 Kebiasaan Sepele Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Untuk itu, olahraga bisa menjadi cara agar kamu lebih fresh dan tidak selalu berkutat pada layar komputer saja. Meskipun di rumah, olahragalah dengan rutin, seperti melakukan joging di sekitar perumahan. 

Nah itulah tips menjaga kesehatan mata selama pandemi. Mata sebagai organ tubuh yang penting dalam perannya sebagai organ penglihatan manusia harus dijaga sebaik mungkin. Tidak ada orang yang ingin matanya rusak. Untuk itu, bagi kamu yang kondisi matanya masih baik-baik saja, dijaga terus ya! 

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top