Health

8 Manfaat Kesehatan dibalik Sajian Khas Korea Kimchi

Ada yang unik jika Anda masuk ke laman Google hari ini dimana biasanya Anda akan mendapati logo Google yang khas diganti dengan aneka gambar sayur-sayuran dengan title ‘Celebrating Kimchi’. Bagi Anda yang biasa menonton drama Korea pasti tahu bahwa kimchi merupakan salah satu sajian khas Korea yang biasanya terbuat dari kubis Napa yang difermentasi ditambah dengan bumbu-bumbu yang rasanya antara campuran asam, manis dan pedas. Namun apakah Anda tahu bahwa terdapat banyak sekali manfaat kesehatan dibalik sajian khas Korea kimchi ini?

  1. Kimchi Baik untuk Pencernaan

Oleh karena itu kimchi biasanya disajikan sebagai makanan pelengkap di Korea karena memang kimchi merupakan sumber probiotic yang baik bagi sistem pencernaan.

  1. Kimchi Dapat Mengontrol Level Kolesterol

Salah satu bahan utama untuk membuat kimchi adalah bawang putih dan bawang putih merupakan salah satu bumbu masakan yang terkenal dapat menurunkan kadar kolesterol. Selain itu kimchi juga mengandung selenium yang dapat mencegah terbentuknya plaque di dinding pembuluh darah akibat tingginya kadar kolesterol dalam darah.

  1. Kimchi Kaya akan Antioksidan

Tentunya Anda sudah tahu bahwa antioxidant merupakan salah satu zat yang dibutuhkan tubuh untuk menangkal pengaruh buruk radikal bebas. Fungsinya sangat banyak mulai dari meningkatkan sistem kekebalan tubuh sampai memberantas sel kanker.

  1. Kimchi Baik untuk Kulit

Well mungkin salah satu alasan mengapa orang Korea memiliki kulit yang bagus adalah karena mereka sering makan kimchi. Berdasarkan penelitian bakteri baik yang terdapat dalam kimchi dapat mencegah berbagai macam jenis penyakit kulit dari dalam.

  1. Kimchi Makanan Sehat untuk Diet

Jika saat ini Anda sedang dalam sebuah program diet untuk menurunkan berat badan, cobalah masukkan kimchi dalam menu Anda karena ternyata kimchi juga kaya akan serat yang dapat membuat Anda kenyang lebih lama sehingga dapat menekan nafsu untuk ngemil.

  1. Kimchi Mengandung Anti-Aging

Ingin awet muda? Coba makan kimchi karena menurut penelitian selain kimchi kaya akan antioxidant, kimchi juga kaya akan vitamin C. Vitamin C tak hanya membantu penyerapan zat besi secara optimal tapi juga bertanggung jawab untuk produksi kolagen yang berfungsi untuk menjaga kulit tetap kencang dan terlihat lebih muda. Selain itu vitamin C juga dapat membantu kulit terlihat lebih cerah.

  1. Kimchi dapat Mencegah Perkembangan Sel Kanker

Pertumbuhan sel kanker hampir tidak dapat diduga namun bukan berarti tidak dapat dicegah. Berdasarkan penelitian kubis yang merupakan bahan dasar membuat kimchi mengandung antioxidant yang dikenal dengan istilah flavonoid yang terkenal dapat mencegah perkembangan sel kanker. Selain itu kubis juga mengandung zat glucosinolates yang juga memiliki fungsi yang sama yaitu mencegah sel kanker tumbuh dan berkembang.

  1. Kimchi Baik untuk Penderita Diabetes

Bagi seorang penderita diabetes tidak mudah untuk memilih makanan yang tepat untuk dikonsumsi sehari-hari karena jika sampai salah makan bisa-bisa gula darah akan naik. Namun kimchi dianggap sebagai makanan yang baik bagi penderita diabetes karena berdasarkan penelitian kimchi mengandung zat anti-diabetic yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe 2.

Istilah kimchi sebenarnya tidak hanya mengacu pada kubis Napa saja yang merupakan salah satu jenis kimchi yang paling populer karena sebenarnya istilah ‘kimchi’ berasal dari kata ‘shimchae’ yang berarti ‘sayuran yang digarami’ dengan kata lain kimchi juga bisa berarti fermentasi aneka sayuran jadi tidak sebatas pada kubis saja tapi ada banyak jenisnya seperti lobak ataupun timun.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top