Health

8 Nutrisi untuk Rambut Sehat dan Kuat

Nutrisi untuk Rambut

Rambut merupakan salah satu bagian tubuh yang banyak mendapat perhatian. Wajar saja, karena rambut memang disebut sebagai mahkota, baik itu untuk pria maupun wanita. Letaknya yang berada di bagian kepala kita menjadi salah satu bagian tubuh yang paling pertama mendapat perhatian dari orang lain. Oleh karena itu, pastinya semua orang ingin memiliki rambut yang sehat dan kuat.

Kebanyakan orang mengusahakan rambut yang sehat dan kuat dengan menggunakan berbagai perawatan rambut, seperti hair mask, creambath, keratin treatment, dan sebagainya. Padahal, selain diberi nutrisi dari luar, kita juga harus memenuhi asupan nutrisi untuk rambut dari dalam. Kira-kira, apa saja ya nutrisi yang diperlukan untuk mendapatkan rambut yang sehat dan kuat? Yuk, kita simak 8 nutrisi untuk rambut yang wajib kamu penuhi ini!

1. Biotin

Alpukat mengandung biotin yang baik untuk rambut
Alpukat mengandung biotin yang baik untuk rambut

Biotin adalah nama lain dari vitamin B7. Biotin berperan dalam memperkuat rambut dan juga kuku. Nutrisi untuk rambut yang satu ini dapat memperkuat rambut dengan cara memberi nutrisi untuk keratin, yaitu lapisan penyusun batang rambut. Beberapa makanan yang mengandung biotin adalah jamur, alpukat, telur, salmon, dan selai kacang tanah.

2. Zinc atau Seng

Zinc dapat ditemukan pada gandum
Zinc dapat ditemukan pada gandum

Zinc merupakan nutrisi untuk rambut yang berperan penting dalam menjaga pertumbuhan dan perbaikan jaringan rambut. Selain itu, Zinc juga memiliki manfaat untuk menjaga kulit kepala tetap sehat, serta membantu menjaga produksi kelenjar minyak di sekitar folikel rambut yang dapat membantu menumbuhkan rambut. Kamu perlu tahu bahwa kekurangan zinc dapat menyebabkan rambut rontok. Pasalnya, kekurangan zinc dapat menghambat proses metabolisme tubuh. Terhambatnya metabolisme tubuh akan turut menghambat sampainya nutrisi di kulit kepala dan akar rambut. Tanpa nutrisi yang baik, rambut yang tumbuh juga tidak akan sehat dan kuat. Akan tetapi, perlu kamu ketahui juga bahwa kelebihan Zinc pun dapat menyebabkan kerontokan rambut. Oleh karena itu, penuhi asupan nutrisi untuk rambut yang satu ini sesuai dengan kadar yang kamu butuhkan ya.

Beberapa makanan yang memiliki kandungan Zinc di dalamnya adalah gandum, daging sapi, hati sapi, bawang putih, serta jamur-jamuran.

3. Zat Besi

Kacang-kacangan mengandung zat besi yang baik untuk menutrisi rambut
Kacang-kacangan mengandung zat besi yang baik untuk menutrisi rambut

Zat besi merupakan nutrisi selanjutnya yang harus kamu penuhi asupannya kalau ingin mendapatkan rambut yang sehat dan kuat. Kekurangan nutrisi untuk rambut yang satu ini dapat menyebabkan folikel rambut tidak berfungsi dengan baik, sehingga dapat menyebabkan rambut kering dan rontok. Beberapa makanan yang direkomendasikan untuk memenuhi asupan zat besi adalah sayuran hijau, biji-bijian, kacang-kacangan, daging merah, serta kuning telur.

4. Kolagen

Nutrisi untuk rambut dapat diperoleh dari suplemen kolagen
Nutrisi untuk rambut dapat diperoleh dari suplemen kolagen

Kolagen merupakan salah satu sumber asam amino, yang merupakan zat untuk menyusun membran sel dan keratin. Nah, keratin inilah yang merupakan bahan pembentuk rambut sehat di folikel. Kolagen sendiri memiliki fungsi untuk memperkuat rambut dan mencegah kerusakan folikel rambut. Perlu dicatat bahwa kolagen yang baik untuk pertumbuhan dan kesehatan rambut adalah kolagen tipe I dan III. Kedua tipe kolagen ini bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi suplemen kolagen sapi yang diberi makan rumput. Jangan sampai kamu salah mengonsumsi tipe kolagen ya, karena tipe kolagen yang benar sangat penting untuk meningkatkan kesehatan rambut.

5. Vitamin A

Vitamin A adalah salah satu nutrisi yang baik untuk rambut
Vitamin A adalah salah satu nutrisi yang baik untuk rambut

Vitamin A tidak hanya berperan sebagai nutrisi untuk rambut, tapi juga berperan untuk meningkatkan kesehatan bagian tubuh lainnya, seperti mata dan kulit. Hal ini dikarenakan vitamin A memang bermanfaat untuk pertumbuhan sel. Jika melihat fungsinya untuk merawat rambut, vitamin A dapat menghasilkan sebum yang mencegah kekeringan pada kulit kepala. Dengan begitu, nutrisi ini dapat menjaga agar rambut selalu lembut, sehat, dan kuat. Beberapa sumber makanan yang mengandung vitamin A di antaranya adalah wortel, tomat, melon, dan sayuran hijau gelap.

6. Vitamin E

Kacang almond memiliki kandungan vitamin E
Kacang almond memiliki kandungan vitamin E

Seperti vitamin A, vitamin E juga merupakan nutrisi yang banyak mengandung manfaat, terutama untuk kulit. Oleh karena itu, tidak heran apabila vitamin yang memiliki banyak nutrisi ini juga baik untuk kulit kepala. Pasalnya, nutrisi untuk rambut ini dapat membantu menghasilkan sel kulit kepala yang sehat. Tidak hanya merawat kulit kepala, vitamin E juga dapat meredakan peradangan pada kulit kepala. Manfaat lain dari vitamin E adalah untuk memproduksi kolagen, juga untuk memperlambat kerusakan akibat radikal bebas yang berada di sekitar folikel rambut. Radikal bebas ini berbahaya karena dapat menyebabkan Zeichner prematur beruban dan kerusakan rambut loh!

Akan tetapi, perlu dicatat bahwa vitamin E ini memerlukan waktu sekitar 1 minggu untuk menampakkan hasil perawatannya pada rambutmu ya. Beberapa makanan dengan kandungan vitamin E yang disarankan untuk dikonsumsi adalah minyak bunga matahari, almond, sayur bayam, dan buah alpukat.

7. Asam Lemak Omega-3

Kandungan asam lemak omega-3 dapat ditemui pada kacang kedelai
Kandungan asam lemak omega-3 dapat ditemui pada kacang kedelai

Selain vitamin E, nutrisi untuk rambut yang ketujuh ini juga dapat membantu merawat Kesehatan kulit kepalamu. Asam lemak omega-3 ini sendiri sangat disarankan untuk dikonsumsi bersamaan dengan suplemen lainnya, seperti antioksidan. Kandungan asam lemak omega-3 ini dapat ditemui pada kacang kenari, kedelai, dan ikan berlemak.

8. Magnesium

Kacang mete mengandung magnesium, salah satu nutrisi untuk rambut
Kacang mete mengandung magnesium, salah satu nutrisi untuk rambut

Magnesium mungkin diletakkan terakhir pada artikel ini, tetapi jangan remehkan perannya ya! Pasalnya, magnesium merupakan mineral yang diperlukan untuk lebih dari 300 reaksi biokimia pertumbuhan rambut. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk memenuhi asupan nutrisi untuk rambut yang satu ini kalau ingin mendapatkan rambut yang indah dan sehat. Beberapa makanan yang memiliki kandungan magnesium adalah almond, bayam, kacang mete, beras merah, dan ikan salmon.

Nah, itulah kedelapan nutrisi yang berperan untuk menyehatkan dan menguatkan rambut kamu! Kalau kamu ingin mendapatkan rambut yang indah, sehat, dan kuat, pastikan kamu memenuhi asupan harian dari kedelapan nutrisi di atas ya. Jangan lupa juga untuk memilih produk perawatan rambut yang sesuai dengan rambutmu. Semooga informasi kali ini dapat membantu kamu untuk merawat rambut dengan lebih baik ya!

To Top