Health

8 Resep Infused Water Berikut Manfaatnya untuk Kesehatan

8 Resep Infused Water Berikut Manfaatnya untuk Kesehatan

This post is also available in: English

Tubuh kita setidaknya membutuhkan 2 liter air setiap hari. Bukan saja untuk mencegah dehidrasi, tetapi juga untuk membuang racun melalui keringat dan urine. Infused water atau biasa disebut air infus adalah air putih yang diberi potongan buah atau dedaunan herbal sehingga memberi rasa pada air putih dan tentunya memberi nilai tambah bagi kesehatan. Setiap racikan pun memiliki khasiat yang berbeda bagi kesehatan. Ayo, mulai membuatnya!

Cara membuat Infused Water

  1. Pastikan dulu buah atau dedaunan yang akan kita gunakan dalam keadaan matang dan segar. Biasanya dalam buah-buahan mentah masih banyak zat gizi yang belum terbentuk, ini akan mengurangi khasiatnya.
  2. Cuci bersih buah dan dedaunan.
  3. Mulailah memasukkan buah dan dedaunan tersebut ke dalam air putih. Setengah liter air putih bisa di isi dengan 10-15 potongan tipis buah. Lalu simpan dalam kulkas dan diamkan selama 6-12 jam agar sari patinya keluar. Karena secara teknis, buah dan dedaunan yang dicampur air putih untuk infused water sebaiknya didiamkan beberapa jam sampai sari buahnya keluar dan air akan berubah rasanya.
  4. Buah dan dedaunan yang telah dipakai untuk infused water dapat digunakan sekali lagi. Maksimal adalah dua kali pemakaian. Jika di simpan dalam lemari pendingin, infused water bisa bertahan hingga 2-5 hari.

Di bawah ini 8 macam racikan agar rasa infused water lebih bervariasi. Masing-masing racikan infused water memiliki manfaat sebagai berikut:

8 Resep Infused Water Berikut Manfaatnya untuk Kesehatan

1. Membakar Lemak, Melancarkan Pencernaan dan Mengurangi Sakit Kepala

Tidak melulu harus air putih, menggunakan teh hijau sebagai bahan infused water pun diperbolehkan. Tambahkan daun mint dan lemon. Minum setiap pagi sebelum sarapan akan membantu membakar lemak.

2. Mengontrol Gula Darah dan Pencernaan

Campur irisan stoberi, ketimun dan kiwi dalam air putih. Kandungan aosianin dalam stoberi berfungsi sebagai antioksidan dan polifenol, yang berfungsi diantaranya untuk mencegah aterosklerosis atau penyumbatan pembuluh darah.

3. Cegah Dehidrasi dan Mengontrol Nafsu Makan

Serat pektin pada lemon membantu memerangi dorongan lapar. Tambahkan ketimun dan irisan jeruk limau.

4. Menjaga Imunitas, Pencernaan dan Kesehatan Hati

Racikan jeruk limau, jeruk mandarin dan lemon memiliki manfaat di atas. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Kyoto Prefectural University of Medicine mendapatkan hasil bahwa jeruk mandarin dapat mengurangi resiko kanker hati.

5. Mengontrol Berat Badan

Gunakan ketimun, lemon, daun mint dan jahe untuk mengontrol berat badan. Jahe berfungsi melebarkan pembuluh darah membakar kalori menjadi panas tubuh. Selain itu jahe hanya mengandung sedikit kalori sehingga tidak berkontribusi menaikkan berat badanmu.

6. Menyehatkan Kulit

Antioksidan di dalam lemon dapat membantu mengurangi noda hitam dan keriput. Tambah khasiatnya dengan irisan ketimun dan daun mint.

7. Antioksidan, Gula Darah dan Mencerahkan Kulit

Delima dan buah beri merah memilik kandungan mempercerah kulit. Kayu manis pun memiliki fungsi untuk mengontrol gula darah. Tambahkan ketiga bahan tersebut dengan irisan jeruk mandarin untuk mendapatkan manfaat di atas.

8. Detoks dan Metabolisme

Bahan untuk mendapatkan khasiat di atas adalah lemon, ketimun dan bluberi. Bluberi mengandung aspirin alami yang membantu mengurangi efek merusak jaringan peradangan kronis, sementara mengurangi rasa sakit. Selain itu kandungan yang terdapat pada bluberi dapat melindungi dari kerusakan DNA. Bluberi juga sebagai antibiotik yang dapat mencegah infeksi saluran kemih yang diakibatkan oleh bakteri. Bluberi memiliki sifat antivirus dan dimuat dengan super-detoksifikasi fitonutrien disebut proanthocyanidins.

Resep Infused Water Untuk Sakit Kepala

Resep Infused Water Untuk Sakit Kepala

1 Pitcher

Bahan
8 1⁄2 gelas air
1 sendok teh jahe parut
1 mentimun sedang, iris tipis
1 lemon sedang, diiris tipis tapi tidak dikupas
12 daun spearmint
Petunjuk
Campur semua bahan menjadi satu dalam pitcher.
Dinginkan semalaman.
Saring airnya.
Minumlah 8 1/2 gelas di siang hari.

Lemon dan air lemon sangat cocok untuk proses penurunan berat badan. Lemon adalah diuretik alami dan merupakan makanan yang memberikan keseimbangan pH yang tepat.

Baca Juga : 7 Resep Air Lemon, Segar dan Menyehatkan

Mentimun adalah diuretik bergizi. Ini mengandung enzim pencerna protein dan erepsin, yang dapat memfasilitasi penurunan berat badan yang sehat.

Daun mint, Ini terkenal setelah efek menenangkan pada perut Anda. daun mint juga membantu Anda meningkatkan pencernaan. Beberapa mengatakan bahwa daun mint baik untuk sistem saraf Anda untuk menghirup aroma daun mint.

Jahe adalah salah satu bahan paling mengesankan dalam resep ini. Ini memiliki aroma dan rasa yang luar biasa dan menyampaikan banyak manfaat sehat. Jahe sangat berguna untuk menenangkan saluran pencernaan Anda dan merupakan pejuang kanker yang sudah terbukti.

Infused water diharapkan dapat memberikan sensasi rasa berbeda saat meminum air putih. Dengan segudang manfaat dan rasannya, anjuran meminum 2 liter air putih dalam sehari pun menjadi menyenangkan. Selamat mencoba!

To Top