Health

8 Sayuran Ini Baik untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sayuran untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

This post is also available in: English

Dalam waktu dekat, Pembatasan Sosial Berskala Besar atau yang lebih dikenal dengan PSBB akan segera dilonggarkan. Beberapa daerah sudah siap untuk memasuki masa new normal, sementara sebagian daerah lainnya baru akan memasuki masa transisi. Apapun masa yang akan dihadapi ke depannya, aktivitas atau kegiatan sehari-hari sudah mulai bisa dilakukan di luar rumah.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa virus COVID-19 belum sepenuhnya hilang dari peredaran. Virus COVID-19 masih beredar di mana-mana, dan di Indonesia sendiri, tingkat penularannya masih tergolong sangat tinggi. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga kekebalan tubuh selama pandemi ini masih berlangsung, baik untuk kamu yang sudah berkegiatan di luar rumah maupun kamu yang masih harus work from home. Untuk itu, artikel kali ini akan memberikan rekomendasi 8 sayuran yang dapat dikonsumsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Berikut adalah kedelapan rekomendasi sayuran tersebut.

1. Brokoli

Brokoli adalah salah satu sayuran yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh
Brokoli mengandung banyak vitamin

Sayuran yang satu ini memang cukup banyak direkomendasikan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Brokoli memang merupakan salah satu sayuran dengan banyak kandungan vitamin, seperti vitamin A, C, dan E. Bahkan, menurut NIH, setengah cangkir brokoli mengandung kadar vitamin C sebesar 43% dari kebutuhan vitamin C sehari-hari. Selain kaya akan kandungan vitaminnya, brokoli juga mengandung zat antioksidan dan serat yang tinggi.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari sayuran yang satu ini, disarankan untuk tidak memasaknya terlalu lama. Proses memasak brokoli yang terlalu lama dikhawatirkan dapat mengurangi kandungan nutrisi dalam sayuran ini. Kamu bahkan bisa memakan brokoli secara mentah loh!

2. Bayam

Bayam mengandung vitamin C, antioksidan, dan beta karoten
Bayam mengandung vitamin C, antioksidan, dan beta karoten

Mungkin belum banyak orang yang tau bahwa bayam mengandung beberapa nutrisi yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Beberapa nutrisi baik dari sayuran yang satu ini adalah vitamin C, antioksidan, serta beta karoten. Nah, kandungan-kandungan bernutrisi dari bayam ini berperan dalam melindungi sel-sel kekebalan tubuh. Selain itu, beta karoten yang juga terdapat dalam bayam merupakan sumber makanan utama vitamin A yang juga berperan penting dalam fungsi kekebalan tubuh.

Sama seperti brokoli, kamu tidak disarankan untuk memasak sayuran yang satu ini terlalu lama. Saran penyajian yang dapat kamu ikuti dalam mengolah bayam adalah mencampurkannya ke dalam smoothie atau ditumis dengan bawang putih.

3. Bawang Putih

Kandungan allicin dalam bawang putih baik untuk imunitas tubuh
Kandungan allicin dalam bawang putih baik untuk imunitas tubuh

Berbeda dengan kebanyakan sayur lainnya, kandungan yang diandalkan dalam bawang putih untuk meningkatkan kekebalan tubuh adalah kandungan allicin-nya. Allicin merupakan zat yang merangsang aktivitas dan produksi sel darah putih. Dengan demikian, allicin yang dikandung oleh bawang putih bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain allicin, bawang putih juga dipercaya mengandung zat yang bisa melawan bakteri, virus, dan parasite. Seperti bayam dan brokoli, bawang putih pun mengandung zat antioksidan. Selain untuk meningkatkan kekebalan tubuh, zat antioksidan pada bawang putih dipercaya dapat meredakan peradangan, menurunkan resiko penyakit jantung, dan menjaga tekanan darah tetap normal.

4. Wortel

Vitamin A dalam wortel juga baik untuk sistem kekebalan tubuh
Vitamin A dalam wortel juga baik untuk sistem kekebalan tubuh

Sayuran yang satu ini memang dikenal baik untuk mata berkat kandungan vitamin A-nya yang tinggi. Akan tetapi, selain bermanfaat untuk mata, vitamin A juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh loh! Oleh karena itu, wortel menjadi salah satu makanan yang direkomendasikan untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Selain vitamin A, wortel juga merupakan salah satu sayuran yang kaya akan kandungan beta karotennya. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, beta karoten juga dipercaya untuk melawan infeksi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Bunga Kol

Kandungan Glutathione dalam bunga kol berguna untuk imunitas tubuh
Kandungan Glutathione dalam bunga kol berguna untuk imunitas tubuh

Melalui bunga kol, kita akan mengenal zat atau kandungan lainnya yang dapat meningkatkan imunitas tubuh, yaitu glutathione. Glutathione dipercaya dapat menghancurkan dan membuang virus yang ada di dalam tubuh. Selain itu, kandungan yang ditemukan pada bunga kol ini sudah terbukti dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari flu.

6. Pakcoy

Pakcoy mengandung selenium yang juga baik untuk menjaga kekebalan tubuh
Pakcoy mengandung selenium yang juga baik untuk menjaga kekebalan tubuh

Nutrisi lain yang dapat membantu untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh adalah selenium. Kandungan inilah yang ditemukan pada sayuran pakcoy. Selenium meningkatkan imunitas tubuh dengan cara meningkatkan respon kekebalan tubuh terhadap infeksi. Selenium akan merangsang produksi sel-T, yang kemudian akan membunuh bakteri atau virus yang ada di dalam tubuh kita. Selain selenium, pakcoy juga memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas.

7. Paprika Merah dan Cabai

Paprika merah memiliki kandungan vitamin C yang tinggi
Paprika merah memiliki kandungan vitamin C yang tinggi

Tahukah kamu bahwa paprika merah dan cabai memiliki kandungan vitamin C yang kabarnya dua kali lebih tinggi dibandingkan jeruk? Oleh karena itu, tidak heran apabila paprika merah dan cabai menjadi salah satu sayuran yang diandalkan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Vitamin C diketahui dapat meningkatkan kekebalan tubuh dengan cara mendukung berbagai fungsi sel. Vitamin C juga dapat menurunkan resiko infeksi pernapasan, sekaligus membantu pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh. Selain tinggi akan vitamin C, paprika merah dan cabai juga merupakan salah satu sayuran yang menjadi sumber beta karoten.

8. Jamur

Sifat antimikroba dan antiviral pada jamur baik untuk imunitas tubuh
Sifat antimikroba dan antiviral pada jamur baik untuk imunitas tubuh

Mungkin sebagian dari kita sudah mengetahui bahwa jamur memiliki sifat antimikroba dan antiviral, serta memiliki kandungan potassium di dalamnya. Sifat-sifat jamur ini bermanfaat untuk mengelola cairan tubuh, mempercepat metabolisme, menjaga keseimbangan tekanan darah, serta menjaga sistem kekebalan tubuh. Selain itu, jamur juga mengandung vitamin D yang dapat membantu meningkatkan penyerapan kalsium serta melindungi tubuh dari beberapa penyakit kanker dan pernapasan.

Baca Juga : 10 Cara untuk Meningkatkan Sistem Metabolisme Anda

Saran yang diberikan untuk pengolahan dan penyajian jamur adalah dengan dipanggang dengan 350 derajat Fahrenheit. Setelah itu, kamu dapat membumbuinya dengan satu hingga dua sendok makan minyak, bawang putih cincang, ditambah dengan sedikit garam dan merica.

Baca Juga : Jenis dan Manfaat Jamur

Itu dia kedelapan sayuran yang mengandung nutrisi baik untuk meningkatkan imunitas tubuh. Selain memerhatikan kandungannya, perhatikan juga cara pengolahannya ya. Jangan sampai kamu mengolah kedelapan sayuran di atas dengan cara yang salah, sehingga tubuh kamu tidak mendapatkan manfaat maksimal dari sayur-sayuran tersebut. Selain meningkatkan kekebalan tubuh, jangan lupa untuk terus menerapkan protokol kesehatan selama kamu berkegiatan di luar rumah ya. Semoga kamu sekeluarga bisa sehat selalu!

To Top