Health

8 Tips Tetap Sehat Saat Lebaran

Apa saja menu lebaran di meja makan Anda? Rendang, opor ayam, sop kaki atau ada yang lain? Yang jelas, lebaran memang tidak akan lengkap tanpa santapan berdaging dan berlemak, belum lagi aneka minuman manis serta kue-kue berkalori tinggi yang disuguhkan saat Anda bertamu untuk bersilahturahmi. Tentunya agak kurang sopan juga ketika Anda harus menolak suguhan mewah setahun sekali itu ketika sedang berkunjung kerumah sanak keluarga. Beberapa tips tetap sehat saat lebaran berikut ini mungkin dapat sedikit membantu Anda untuk tetap mengontrol makanan yang Anda makan tanpa harus menolak suguhan dari sanak saudara. Apakah mungkin? Well, mungkin saja asalkan Anda tahu triknya.

  1. Ketika disuguhi banyak makanan berlemak dan bersantan, tanpa mengurangi rasa hormat Anda sebaiknya cukup mengambil satu jenis lauk saja. Anda dapat tetap makan bersama keluarga tanpa khawatir kesehatan Anda terganggu karena harus mengkonsumsi makanan tinggi lemak.
  2. Selain itu Anda juga bisa mengurangi porsi nasi atau ketupat yang Anda santap ketika makan besar bersama keluarga. Karbohidrat pada nasi atau ketupat yang berlebihan dapat menyebabkan kadar gula darah Anda naik.
  3. Boleh saja mengkonsumsi daging ketika lebaran tapi pilihlah daging yang tidak memiliki lemak, hal ini walaupun tidak terlalu signifikan ternyata juga dapat membantu Anda tetap sehat saat lebaran.
  4. Jika disuguhi camilan, sebaiknya pilihlah camilan yang minim keju atau coklat karena kedua jenis camilan itu mengandung lebih banyak kalori yang jika berlebihan dapat berbahaya bagi tubuh dan dapat menyebabkan naiknya berat badan secara signifikan.
  5. Apabila di meja juga disuguhkan buah-buahan sebaiknya ambil saja buah-buahan sebagai cemilan karena tentunya jauh lebih sehat bagi Anda.
  6. Jika lokasi rumah sanak keluarga tidak terlalu jauh, manfaatkan kondisi itu untuk berjalan kaki. Sambil bersilahturahmi dengan orang-orang yang rumahnya Anda lewati, Anda juga bisa sekalian membakar kalori yang sudah Anda santap.
  7. Ketika di rumah, Anda harus benar-benar menghindari segala sesuatu yang manis terutama minuman. Sebagai gantinya banyak-banyaklah minum air putih karena air putih tak hanya sehat tapi juga berfungsi sebagai detox yang akan membersihkan tubuh Anda dari zat-zat buruk bagi kesehatan.
  8. Untuk santapan di rumah mungkin Anda bisa sedikit memodifikasi menu-menu lebaran Anda, misalnya kurangi garam sampai setengah dari takaran yang seharunya atau mengganti santan dengan susu non-fat yang ternyata memberikan hasil masakan yang justru jauh lebih gurih. Perbanyak menu sayuran pada menu lebaran Anda sehingga walaupun porsi makan daging agak lebih banyak dibandingkan hari-hari biasa, tapi setidaknya porsi makan sayuran dan buah juga lebih banyak dari porsi mengkonsumsi daging.

Penting bagi Anda untuk selalu menjaga kondisi tubuh Anda tetap sehat saat lebaran dengan cara menjaga pola makan Anda tetap sehat. Yang sulit dilakukan saat musim lebaran adalah ‘lapar mata’ ketika begitu banyak makanan enak tersedia di meja yang sehari-hari jarang sekali Anda temui, rasanya memang selalu ingin mencicipi setiap makanan yang ada, awalnya niatnya hanya ‘icip-icip’ tapi kemudian lupa karena terasa enak. Mengingat bahwa kesehatan itu lebih penting dari segalanya adalah hal yang harus selalu Anda tanamkan dalam fikiran Anda dan jangan hanya mengikuti nafsu sesaat saja. Jika Anda sudah memiliki masalah dengan jantung, kolesterol atau darah tinggi, momen seperti lebaran ini memang sangat krusial tapi jika Anda mengikuti delapan tips tetap sehat saat lebaran di atas maka kemungkinan terburuk akan bisa Anda hindari.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top