Health

9 Kebiasaan Baik Untuk Menjaga Kesehatan Mata

9 Kebiasaan Baik Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Salah satu organ penting yang dimiliki tubuh manusia adalah mata. Mata merupakan indera penglihatan yang tanpanya kita tidak akan bisa melihat keindahan alam. Tetapi sayangnya masih banyak orang yang abai terhadap kesehatan organ ini. Ketika fungsi penglihatan mulai berkurang barulah orang menyadari kondisi matanya yang kurang baik.

Salah satu permasalahan mata adalah mata minus. Cara menjaga kesehatan mata agar tidak minus bisa dilakukan melalui cara yang sederhana. Menjaga mata agar agar tetap sehat tidaklah sulit. Tidak juga membutuhkan biaya yang besar. Salah satu caranya dengan mengonsumsi makanan yang sehat.

Selain makanan, berikut ini kebiasaan baik yang berperan untuk menjaga mata.

1. Memperhatikan asupan makanan

Mengonsumsi makanan bergizi merupakan salah satu cara merawat mata agar tetap sehat dan jernih. Memiliki kebiasan mengonsumsi makanan yang sehat memiliki banyak manfaat untuk organ mata dan organ tubuh lainnya. Apalagi semakin bertambahnya usia, fungsi organ mata juga akan semakin berkurang. Sejak dini kamu harus mulai memperhatikan asupan nutrisi untuk mata.

Makanan sehari-hari yang berguna untuk menjaga mata tetap sehat adalah buah-buah dan sayuran. Misalnya, wortel. Wortel mengandung beta karoten yang juga berfungsi sebagai antioksidan. Kandungan ini akan sangat membantu menyehatkan mata. Selain beta karoten pada wortel, makanan yang mengandung vitamin C dan E juga sangat baik untuk mata.

2. Rajin berolahraga

Sama seperti menjaga kesehatan tubuh, olahraga juga dapat menjaga mata tetap sehat. Penyakit seperti tekanan darah dan kolesterol tinggi dapat menyebabkan kehilangan penglihatan. Untuk mencegah hal tersebut, kamu harus rajin berolahraga. Tidak harus olahraga yang berat, sekadar jogging atau stretching yang dilakukan setiap hari juga cukup.

Selain berolahraga, kamu juga harus memperlakukan mata dengan baik. Jaga selalu mata dari debu yang mungkin masuk ke mata. Jika mata terasa gatal karena kemasukan debu, cobalah bilas menggunakan air. Tetapi jika masih ada rasa tidak nyaman pada mata, cobalah menggunakan tetes mata atau memeriksakan ke dokter bila perlu.

merawat mata dengan Menerapkan Pola Hidup Sehat

Bagaimana merawat mata dengan Menerapkan Pola Hidup Sehat ?

3. Jangan terlalu sering memakai tetes mata

Langkah awal yang dapat dilakukan ketika mata merah atau gatal adalah dengan meneteskan obat tetes mata. Tetapi sebaiknya jangan terlalu sering memakai obat semacam ini. Jika kamu menggunakannya terlalu sering, justru akan merusak mata.

4. Perhatikan situasi ketika membaca

Masalah mata sering dialami oleh si kutu buku atau orang yang rajin membaca. Ketika membaca terlalu lama biasanya punggung mudah lelah. Karena kelelahan biasanya orang mengubah posisi dari yang semula duduk menjadi posisi tidur. Membaca dengan posisi tidur sangat tidak baik untuk mata dan dapat menyebabkan masalah baru seperti mata minus.

Kalau kamu memiliki hobi membaca, sebaiknya kamu mengetahui cara menjaga kesehatan mata saat membaca. Ketika lelah saat membaca sebaiknya beristirahatlah sejenak. Jangan pula membaca dalam cahaya lampu yang temaram karena dapat membuat mata mengalami ketegangan.

5. Memakai kacamata di waktu yang tepat

Cara berikutnya untuk menjaga mata adalah dengan melindunginya. Mata perlu dilindungi dari paparan sinar matahari apalagi jika kamu tergolong orang yang sering beraktifitas di luar rumah. Gunakanlah kacamata hitam untuk melindungi mata dari zat ultraviolet. Jika kamu banyak bekerja di depan komputer, kamu bisa menggunakan kacamata anti-radiasi untuk menangkal radiasi dari layar komputer.

6. Mengistirahatkan mata dari komputer

Kamu memang bisa memanfaatkan kacamata anti-radiasi ketika bekerja di depan komputer. Tetapi kamu juga harus mengistirahatkan mata ketika berada di depan komputer di waktu yang lama. Cara ini juga termasuk cara menjaga kesehatan mata bagi pengguna komputer yang harus kamu lakukan. Setidaknya alihkanlah pandanganmu dari komputer setiap 20 menit.

Pandanglah objek yang berada di depanmu. Treatment sederhana ini dapat mengurangi ketegangan pada mata. Terlalu banyak melihat layar komputer dapat membuat mata kering, pandangan mengabur, dan sakit pada bagian bahu.

Simak kegiatan sehari-hari berikut untuk Menjaga Kesehatan Mata !

7. Rutin memeriksakan mata

Ketika usia masih muda mungkin jarang orang yang memperhatikan kondisi mata. Tetapi semakin menua, ketika fungsi penglihatan menurun barulah orang mulai tertarik merawat mata. Orang-orang yang usianya telah mencapai 40 tahun memang harus rajin memeriksakan mata. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyakit mata seperti katarak.

Pada anak-anak pun demikian. Jika pada orang dewasa setidaknya setahun sekali harus dilakukan pemeriksaan mata, maka pada anak-anak setidaknya sekali dalam kurun waktu dua tahun. Pemeriksaan mata dapat mendeteksi gangguan pada mata sejak dini.

8. Jangan merokok

Ada keterkaitan antara merokok dan gangguan pada mata. Asap dari rokok berpotensi merusak retina jika mengenai mata. Selain kerusakan retina, asap rokok juga dapat menyebabkan kerusakan saraf optik, terjadinya katarak, hingga kebutaan. Setelah mengetahui bahaya asap rokok sebaiknya berhentilah merokok karena dapat menyebabkan berbagai kerugian.

9. Jangan langsung melihat ke arah cahaya

Kebiasaan terakhir yang membuat mata tetap sehat adalah dengan menghindari cahaya yang terlampau terang. Melihat langsung ke sumber cahaya yang sangat terang dapat merusak mata. Cahaya yang terlalu terang contohnya cahaya lampu dan cahaya matahari. Hindarilah melihat langsung ke kedua benda ini.

Baca Juga : Bunga Kitolod dan Manfaatnya Untuk Obat Mata

Jika kamu ingin memiliki mata yang sehat, biasakanlah kebiasaan baik di atas untuk menghindar dari gangguan kesehatan mata. Terkadang memang sulit memulai sebuah kebiasaan yang sebelumnya belum pernah dilakukan. Tetapi agar mata tetap sehat terjaga kamu harus mulai melakukannya. Memiliki mata yang sehat akan memudahkanmu dalam menjalani aktifitas sehari-hari.

Berita Terkini

To Top