Health

Ini Nih Sumber Vitamin D, Selain Sinar Matahari

Ikan salmon kaya vitamin D

Sumber vitamin D bukan hanya ditemukan dari sinar matahari, ada banyak makanan yang juga kaya akan vitamin D. Vitamin D sendiri memiliki banyak manfaat luar biasa, tak hanya menjaga tulang agar lebih kuat.

Tetapi kini terungkap, jika vitamin D juga mampu mencegah berbagai macam penyakit. Untuk memperoleh semua manfaat tersebut, disarankan untuk mencukupi kevutuhan vitamin D harian sekitar 400 IU untuk dewasa dan setengahnya untuk remaja.

Sumber Vitamin D

Tubuh yang mengalami kekurangan vitamin D bisa memicu berbagai masalah penyakit kronik hingga mengancam nyawa. Misalnya saja seperti penyakit diabetes, jantung, multipel sklerosis, menurunnya daya ingat hingga kanker. 

Sinar matahari menyumbang sekitar 80% kebutuhan vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh. Waktu terbaik yang disarankan untuk mendapat vitamin D  dari sinar matahari ialah pada pagi hari. Sekitar pukul 06.00 hingga 09.00, usahakan agar sinar matahari mengenai seluruh bagian tubuh kurang lebih 10 menit.

Agar mengurangi risiko serangan kanker kulit, ada baiknya hindari paparan sinar matahari diatas jam 09.00  hingga jam 3 sore. Nah, selain dari paparan sinar matahari pagi, ada banyak bahan makanan lain yang kaya kandungan vitamin D. Berikut beberapa diantaranya.

1. Minyak ikan 

Sumber vitamin D selain matahari
Minyak ikan sangat baik untuk mendukung nutrisi dalam tubuh

Minyak ikan kerap digunakan sebagai bahan untuk membuat suplemen, baik yang berbentuk pil, kapsul maupun cairan. Bahan makanan ini menjadi begitu spesial karena kaya akan kandungan vitamin D yang sangat dibutuhkan tubuh. Sedangkan tubuh tak memproduksinya sendiri secara langsung.

Tak cuma bisa diperoleh dengan konsumsi suplemen saja, tetapi minyak ikan juga bisa dengan mengkonsumsi daging ikan secara langsung. Meskipun dikenal dengan reputasi rasa yang kurang enak, suplemen minyak ikan nyatanya kaya akan kandungan vitamin D yang dibutuhkan tubuh.

Tetapi jangan khawatir,  dipasaran saat ini sudah banyak tersedia bermacam suplemen minyak ikan dengan rasa bervariasi yang lebih disukai. Dalam suplemen tersebut, nyatanya juga kaya akan kandungan omega-3 yang cukup tinggi dan sangat baik untuk tubuh.

2. Ikan Salmon

Sumber makanan kaya vitamin D yang selanjutnya ialah ikan salmon. Selain vitamin D, ikan yang satu ini juga kaya akan kandungan omega-3. Ikan salmon sendiri tersedia dalam berbagai piliham, dari mulai ikan beku, segar hingga kalengan.

Menurut penelitian, kandungan vitamin D dalam ikan salmon ternyata empat kali jauh lebih banyak dari pada bahan makanan dari hasil produk pertanian. 

3. Ikan Tuna 

Sumber vitmin D selain sinar matahari
Sushi dari ikan tuna yang kaya akan vitamin D dan nutrisi penting lainnya

Selain ikan salmon, ikan tuna juga cukup kaya akan kandungan vitamin D. Tak hanya itu, ikan laut jenis ini juga mengandungi protein serta omega-3 yang lebih tinggi dibanding daging ayam maupun sapi. Sehingga sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak yang berada dalam masa pertumbuhan. 

Konsumsi ikan tuna secara rutin, juga dianjurkan untuk mengurangi risiko serangan kanker kolorektal. Kandungan omega-3 di dalam ikan tuna juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

4. Susu 

Makanan bernutrisi kaya akan vitamin D
Susu kaya akan kalsium dan vitamin D

Susu merupakan salah satu sumber vitamin D yang cukup penting bagi tubuh. Tetapi bukan cuma itu saja, karena masih ada banyak kandungan nutrisi baik yang lainnya dalam susu.

Misalnya saja vitamin A, vitamin B12, kalsium, magnesium, kalsium, fosfor, protein, lemak, asam amino dan lain sebagainya. Secara alami susu sapi, baik susu skim maupun full lemak semuanya sangat kaya akan kandungan vitamin D. 

Dalam segelas susu sapi murni memiliki kandungan vitamin D kurang lebih 100 IU. Untuk mencukupi kebutuhan harian minimal minum segelas susu atau sesuai kebutuhan.

5. Telur

Telur kaya akan protein dan vitamin D
Sumber protein yang kaya akan vitamin D

Dalam satu butir telur setidaknya terdapat kandungan vitamin D sebanyak 40 IU. Disamping itu, telur juga kaya akan protein yang bagus untuk mencukupi kebutihan nutrisi harian. Tak heran jika telur kerap jadi pilihan bahan pangan bernutrisi yang jadi konsumsi wajib bagi sebagian besar orang.

Pasalnya telur sangat mudah didapat dan harganya pun sangat terjangkau, hampir semua lapisan masyarakat mampu membeli telur. Namun, konsumsi telur secara berlebihan juga sangat tidak dianjurkan.

Sebab, bukan cuma vitamin D dan protein, telur juga mengandung kolesterol yang cukup tinggi sekitar 200 mg. Sementara kebutuhan harian tak boleh melebihi 300 mg. Karenanya, konsumsi telur secara terkontrol dan jangan berlebihan.

6. Jamur 

Sumber makanan lainnya yang juga mengandung vitamin D ialah jamur. Sebuah riset menyebutkan jika bahwa jamur kancing berwarna putih yang dijemur selama beberapa jam di bawah sinar ultraviolet B mengandung vitamin D sekitar 400 % lebih tinggi. 

Mengkonsumsi jamur kering tersebut pun disebutkan setara dengan konsumsi suplemen vitamin D. Jamur pun rendah kaalori sehingga aman untuk program diet.

7. Udang 

Sumber vitamin D dalam udang
Udang kaya akan vitamin D dan omega 3 yang baik untuk tubuh

Selanjutnya, bahan makanan yang tak kalah banyak mengandung vitamin D ialah Udang. Udang sendiri adalah sumber makanan yang juga kaya akan omega-3 dan tinggi protein tetapi rendah kalori dan lemak. 

Udang seberat 4 ons atau sekitar 15 ekor udang berukuran besar memiliki kandungan vitamin D sekitar 162 IU. Jumlah ini cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin D per hari sekitar 40 persen.

Seperti yang kita tahu bahwa vitamin D cukup penting bagi tubuh. Terutama untuk mendukung penyerapan kalsium dan juga fosfor yang sangat bermanfaat untuk membuat tulang dan gigi tetap terjaga.

Nah, itu tadi informasi menarik tentang sumber vitamin D yang bisa diperoleh selain dari sinar matahari. Dengan mengetahui apa saja jenis makanannya, semoga bisa membantu Anda mencukupi kebutuhan vitamin D harian secara lebih optimal. Semoga bermanfaat.

Berita Terkini

To Top