Health

Ada Suspek di Jateng, Ini Gejala Cacar Monyet Pada Anak-anak dan Dewasa

Gejala Cacar Monyet

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menyatakan adanya seorang pasien suspek cacar monyet di Jawa Tengah. Temuan itu pun membuat masyarakat harus waspada dan mengetahui gejala cacar monyet baik pada anak-anak maupun dewasa.

Cacar monyet sendiri bisa menular kepada anak-anak dan orang dewasa yang tinggal di kawasan endemik. Sementera itu, data terkait cacar monyet alias monkeypox pada anak-anak masih terbatas.

Penyakit ini diketahui mudah menyerang anak-anak yang berusia kurang dari 8 tahun. Selain itu, seseorang dengan kondisi kulit tertentu atau imunokompromi, juga berisiko terpapar penyakit ini lebih para. Nah, langsung saja simak gejalanya berikut ini.

Lihat Juga: Cacar Monyet Ditetapkan Sebagai Darurat Kesehatan, Ini Langkah Pencegahan Kemenkes

Gejala Cacar Monyet pada Anak maupun Dewasa

Setelah terinfeksi, gejala cacar monyet baru terlihat beberapa hari hingga beberapa minggu kemudian. Gejalanya termasuk flu, selain itu berikut gejala lainnya.

  • Demam
  • Sakit kepala
  • Nyeri otot
  • Menggigil
  • Kelelahan
  • Kelenjar getah bening membengkak

Beberapa hari kemudian, tubuh akan mengalami ruam yang diawali dengan benjolan merah dan bisa menyakitkan. Benjolan tersebut berubah jadi lepuh dengan adanya cairan nanah.

Akhirnya, lepuh tersebut berkerak dan mengelupas. Seluruh proses tersebut bisa berlangsung dalam dua sampai empat minggu.

Namun perlu dicatat, tidak semua orang yang terinfeksi cacar monyet mengalami seluruh gejala di atas. Nyatanya, dalam banyak kasus di tahun 2022 ini tak menunjukkan pola gejala itu.

Cara Penyebaran Cacar Monyet

Seseorang bisa terpapar cacar monyet saat bersentuhan dengan hewan atau orang yang mengidapnya. Penularan dari hewan ke manusia bisa terjadi lewat kulit yang rusak atau luka. Bisa juga melalui darah hewan yang terinfeksi maupun cairan tubuh lainnya.

Cacar monyet juga bisa ditularkan dari orang ke orang. Penularan ini terjadi saat bersentuhan dengan luka, cairan, tetesan pernapasan atau keropeng yang terinfeksi. Biasanya penularan dari manusia ke manusia terjadi lewat berpelukan, berciuman atau berhubungan seksual.

Lihat Juga: Asal Penyakit Cacar Monyet yang Kini Melanda Eropa

Seseorang juga dapat mengalami cacar monyet lewat sentuhan dengan benda-benda yang terkontaminasi, seperti pakaian, seprei, tempat tidur dan lainnya yang digunakan oleh hewan maupun orang yang terinfeksi.

Demikianlah sedikit uraian tentang gejala cacar monyet pada anak-anak dan dewasa hingga cara penularannya. Semoga bermanfaat ya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

18 − 14 =

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top