Health

Aduh, Kepala Saya Sakit!

sakit kepala

Sakit kepala adalah keluhan kesehatan yang hampir semua orang pernah alami. Bahkan, masalah kesehatan yang satu ini merupakan masalah yang paling umum di seluruh dunia. Serangan sakit kepala dapat berlangsung selama beberapa menit saja, namun kadangkala juga bisa seharian, dan selama itu berlangsung, kita menjadi kurang produktif. Terlepas dari berapa lama kita merasakan sakit kepala, kita menjadi bertanya-tanya mengapa penyakit ini menyerang, bukan?

Apa yang harus kita lakukan saat menghadapi serangan ketika sakit kepala adalah tergantung dari apa penyebabnya. Mulailah bertanya pada diri sendiri beberapa pertanyaan yang mungkin berguna jika nanti kita harus berkonsultasi dengan dokter.

  • Seberapa cepat serangan datang? Apakah secara tiba-tiba atau bertahap?
  • Apakah kita merasakan sakit kepala yang sama setiap hari?
  • Dibagian mana titik utama rasa sakitnya? Terkadang sakit kepala yang kita alami berasal dari bagian tengkuk, kepala bagian depan atau samping.
  • Pada bagian mana sakitnya paling terasa?
  • Apakah rasa nya berdenyut, sakitnya bertambah saat kita bergerak atau rasa sakitnya timbul tenggelam tetapi serangannya datang tiba-tiba?
  • Apakah ada cara yang pernah kita lakukan dapat meredakan rasa sakit tersebut? Atau sebaliknya apakah yang pernah kita lakukan sehingga membuat rasa sakitnya semakin menjadi?
  • Apakah ada gejala-gejala tertentu seperti : mual atau muntah, pandangan berkunang-kunang, kita mengalami kelelahan, sensitif terhadap cahaya atau yang lainnya?

Jenis Jenis Sakit Kepala

Jenis sakit kepala yang tidak umum terjadi ;

Tension Headaches

Sakit kepala jenis ini yang seringkali dialami banyak orang. Sakit kepala jenis ini pada umumnya diawali dengan tekanan pada area leher dan kepala hingga kemudian makin lama makin sakit. Penyebabnya adalah stress dan kegelisahan yang disebabkan berbagai masalah di kantor, keluarga atau hubungan asmara. Bisa juga karena sebab yang kelihatannya ringan seperti karena mengepalkan tangan, ketegangan pada tubuh atau karena telat makan.

Migrain

Sakit kepala jenis ini dapat diderita sampai berhari-hari. Sekitar 10% manusia diperkirakan pernah menderita penyakit ini secara terus menerus dan pada umumnya terjadi pada kaum perempuan. Penyakit ini juga seringkali diderita turun temurun, sehingga jika ibu kita menderitanya, maka bisa jadi kita pun demikian. Sakit kepala jenis ini seringkali terasa berdenyut, menusuk, terkadang disertai dengan rasa mual, sensitif terhadap suara dan cahaya.

Cluster Headache

Sakit kepala jenis ini bisa terjadi separah migrain. Serangannya datang tiba-tiba dan seringkali terasa sangat sakit dimana saking sakitnya, seringkali diistilahkan : kepala seolah seperti di bor. Rasa nyerinya menyerang satu sisi kepala, terkadang pada bagian pelipis atau dibelakang mata. Perbedaannya dengan migrain adalah bahwa cluster headache muncul di saat yang sama pada siang atau malam hari

Sakit Kepala Kronis

Kebanyakan sakit kepala yang biasa, bisa hilang dengan cepat dan tidak datang setiap hari. Namun jika sakit kepala kita berlangsung sepanjang hari dan kembali datang beberapa hari dalam seminggu, kemungkinan besar kita menderita sakit kepala kronis. Penyakit ini bisa ringan atau berat dan dapat terasa pada bagian dimana saja pada kepala dan diperparah dengan aktifitas fisik yang kita lakukan

Jenis sakit kepala yang tidak umum terjadi ;

‘Otak Beku’

Ketika Anda mengkonsumsi sesuatu yang sangat dingin, hal itu dapat mempengaruhi syaraf pada bagian mulut dan kepala sehingga dapat menyebabkan rasa sakit pada bagian pelipis. Kebanyakan anak-anak mengalami sakit kepala yang disebut dengan ‘pembekuan otak’ tatkala mereka makan es krim.

Bepergian Menggunakan Pesawat Terbang

Ada kalanya perubahan tekanan udara dapat berpengaruh buruk bagi tubuh Anda, terutama pada bagian sinus. Hal ini menjadi pemicu rasa sakit di kepala saat Anda berada di udara.

Minum Alkohol Terlalu Banyak

Alkohol membuat Anda dehidrasi. Jika dikombinasikan dengan kondisi tubuh yang tidak dapat menerima asupan alkohol terlalu banyak, maka Anda akan mabuk berat, dan ini seringkali mengakibatkan rasa pusing yang sangat. Sakit kepala ini akan reda dengan mengkonsumsi aspirin, minum air putih yang banyak serta waktu.

Masa Penyesuaian

Saat mengkonsumsi obat sakit kepala, mengapa rasa sakit kepala justru datang kembali dan malah lebih hebat beberapa jam kemudian? Itu artinya tubuh Anda tengah melakukan penyesuaian terhadap seuatu perubahan yang mendadak/rebound effect.

Radang Sendi/Arthritis

Jika Anda menderita penyakit ini, seringkali efeknya sampai ke bagian leher sehingga menyebabkan rasa sakit kepala yang tak tertahankan pada bagian belakang mata. Sebaiknya Anda menghubungi dokter bila ini terjadi.

Kebiasaan Yang Berubah

Jika Anda terbiasa mengkonsumsi sesuatu setiap hari, khususnya kafein dan kemudian kini tidak mengkonsumsinya, maka efeknya adalah timbul rasa sakit di kepala.

Bahan Pengawet Makanan dan MSG

Ini adalah sakit kepala yang diakibatkan karena adanya bahan pengawet dan kandungan MSG pada makanan yang Anda konsumsi.

Penyakit Parah

Dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, sakit kepala yang dirasakan seseorang bisa jadi dikarenakan adanya indikasi penyakit yang lebih serius. Karena itu, jika sakit kepala Anda sulit sembuh dengan obat-obatan biasa, maka segeralah hubungi dokter. Apalagi jika sakit kepala disertai dengan demam, rasa kebingungan, sakit pada bagian mata atau telinga, atau sakit kepala setelah terbentur. Jangan Anda tunda lagi, segera hubungi dokter.

Penyebab yang bisa memancing sakit kepala :

  • Minuman Beralkohol – Dr. Dube mengatakan bahwa anggur merah mengandung tyramine, fitokimia yang disebut fenol, yang mungkin menjadi pemicu nyata. Bagi sebagian orang, minum segala jenis alkohol dapat membawa pada migrain. Senyawa lain dalam bir, wiski, dan anggur bisa menguras kadar serotonin -sejenis hormon riang yang ada di otak- yang juga dapat memicu migrain.
  • Diet – Gejala migrain merupakan salah satu alasan paling umum dari sakit kepala di karena adanya perubahan pola makan yang mendadak beralih ke diet kalori sangat rendah. Konsultan ahli gizi Niti Desai setuju bila ini dapat menyebabkan sakit kepala, terutama jika diet mengurangi atau menghilangkan karbohidrat sama sekali. Otak hanya dapat menggunakan karbohidrat sebagai bahan bakar. Selain itu, asupan air yang sangat rendah juga dapat memicu sakit kepala.
  • Daging Olahan dan Keju – Tyramine adalah asam amino yang diduga memicu sakit kepala melalui pengurangan kadar serotonin di otak yang mempengaruhi pelebaran pembuluh darah. Karena hubungannya dengan migrain, makanan yang mengandung tyramine menjadi pemicu penting bagi penyakit ini. Dimana, zat tersebut terkandung dalam makanan seperti anggur merah, keju, dan daging olahan tertentu.

Cara Menghilangkan Sakit Kepala

Jika Anda mengalami sakit kepala terus menerus dan terasa sangat sakit sehingga mengganggu seluruh aktifitas hidup Anda, maka sebaiknya Anda menghubungi dokter. Dokter Anda akan memaparkan apa penyebab sakit kepala Anda. Dengan mengetahui apa yang harus dilakukan saat serangan datang maka akan semakin cepat sakit kepala Anda dapat teratasi. Perawatan yang Anda lakukan harus dapat mengatasi dua hal, yaitu bagaimana caranya untuk dapat meringankan rasa sakit dan yang kedua adalah bagaimana supaya sakit kepala ini dapat diatasi sehingga tidak datang kembali.

Secara umum memang terdapat beberapa varian obat sakit kepala yang dijual bebas maupun di apotek. Cukup katakan pada apotekernya bahwa Anda mengalami sakit kepala, dan Anda akan diarahkan ke berbagai pilihan termasuk acetaminophen dan ibuprofen. Jika Anda merasakan gejala yang menyertai sakit kepala seperti mual, tersedia pula obat untuk itu. Obat pencegah mungkin akan diresepkan oleh dokter jika Anda mengalami sakit kepala biasa, termasuk mungkin diantaranya adalah obat kardiovaskular, obat migrain, antidepresan, dan lain-lain.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top