Health

Akibat Pakai Lensa Kontak 14 Jam, Pria Ini Hampir Buta!

Portal Berita

Lensa kontak awalnya memang digunakan untuk mengganti fungsi kacamata. Dengan lensa kontak, seseorang tetap dapat melihat dengan jelas tanpa menggunakan kacamatanya. Tapi penggunaan lensa kontak tetap harus ada aturannya lho, jangan sampai kamu melanggar aturan yang berakibat fatal pada kesehatan matamu sendiri. Seperti kisah pria ini.

Andy James (32) hampir kehilangan penglihatannya akibat pemakaian lensa kontak yang tidak taat aturan. James bahkan mengalami luka pada kornea yang disebut ulkus kornea akibat pemakaian lensa kontak selama 14 jam setiap hari. Gawatnya lagi, James sering lupa melepas lensa kontak saat ia tertidur.

Suatu hari James merasakan sakit yang teramat sangat pada mata kirinya dan langsung dilarikan ke rumah sakit setempat. Ia merasakan sakit seperti tertusuk belati hingga ke otaknya. Tak hanya itu, ia pun merasakan matanya seperti berpasir.

Saat dilakukan pemeriksaan oleh dokter, ditemukan bahwa James memiliki luka di kedua bola matanya yaitu 6 luka di mata kiri dan 5 luka di mata kanan. Jika tidak segera ditangani, James bisa kehilangan penglihatannya.

Kisah James ini dibagikan di sosial media untuk menginspirasi siapa saja yang gemar menggunakan lensa kontak namun tidak memperhatikan aturan sebenarnya. Bahkan menurut survei yang dilakukan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, 99% dari 1000 orang dewasa tidak taat peraturan dalam penggunaan lensa kontak. Seperti tidak menjaga kebersihan, tidak membatasi waktu pemakaian, menggunakannya saat tidur dan sebagainya.

Nah, untuk kamu yang gemar memakai lensa kontak entah sebagai pengganti kacamata atau sekedar fashion, tahukah kamu aturan yang benar dalam penggunaan lensa kontak? Kalau belum, yuk simak aturan penggunaan lensa kontak yang benar.

1. Konsultasi pada dokter

Jika kamu merasa perlu menggunakan lensa kontak, langkah awal yang benar adalah konsultasikan pada dokter mata. Karena tidak semua orang cocok dengan lensa kontak. Bisa jadi matamu cenderung mudah iritasi dan sensitif terhadap bahan-bahan tertentu. Dokter mata akan memastikan mana lensa kontak yang tepat untuk kamu dan mana yang tidak.

2. Pilih yang berkualitas

Bagaimanapun lensa kontak terkait langsung dengan fungsi penglihatan di matamu. Karenanya kamu wajib berhati-hati dan memilih produk yang berkualitas. Jangan hanya tergiur harga murah tapi mengandung bahan yang mengkhawatirkan. Lebih baik dengarkan review dari orang-orang yang telah memakainya untuk mencari tahu seberapa bagus kualitasnya.

3. Jaga kebersihan

Pastikan tanganmu benar-benar bersih saat melepas atau memasang lensa kontak. Kalau perlu, cuci tangan dulu menggunakan sabun anti bakteri. Selain itu, ketika lensa selesai digunakan, jangan lupa untuk membersihkan dan merendamnya dalam cairan khusus lensa yang tersedia agar bersih kembali seperti semula.

4. Lepaskan lensa kontak saat berenang atau tidur

Ini sangat penting kamu perhatikan, selelah apapun kamu jangan lupa untuk melepas lensa kontak saat kamu tidur. Lensa yang digunakan seharian bahkan ketika kamu tidur dapat menjadi sarang bakteri yang membahayakan bola mata.

Jangan lupa, lepaskan juga lensa kontak sebelum kamu berenang. Air dalam kolam yang mengandung berbagai zat kimia tentu akan mempengaruhi lensa sehingga membahayakan mata karena dapat menimbulkan iritasi, infeksi hingga kebutaan. Sebaiknya gunakan lensa kontak saat di luar rumah dan lepaskan kembali ketika tiba di rumah.

5. Perhatikan waktu pemakaian

Perlu kamu ingat, jangan menggunakan lensa kontak lebih dari 8 jam sehari. Pemakaian dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan bakteri berkembang di dalamnya. Selain itu, jika matamu mulai tidak nyaman, segera lepaskan lensa. Perhatikan juga tanggal kadaluarsanya, jika sudah melebihi jangka waktu layak pakai, segera ganti lensa dengan yang baru.

Itulah aturan penggunaan lensa kontak yang benar. Semoga bermanfaat agar apa yang dialami James tidak menimpamu ya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top