Health

Anang Hermansyah Transplantasi Rambut, Bagaimana Sih Prosesnya?

Anang Hermansyah Transplantasi Rambut, Bagaimana Sih Prosesnya?

Musisi Anang Hermansyah yang saat ini tengah liburan di Turki menjalani transplantasi rambut. Ini diketahui dari kanal YouTube Atta Halilintar, Anang terlihat ditemani oleh Ashanty dan Aurel.

Diketahui, Anang memang ingin memiliki rambut lebat. Pasalnya, kondisi rambut ayah empat anak ini sudah mulai menipis. Salah satu dokter di Turki menjelaskan prosedur yang akan dijalani untuk transplantasi rambut ini.

“Nanti jadi pada bagian tertentu akan dilebatkan ya tetapi ini memakai rambut sendiri kok,” ujar staf di sana.

“Iya nanti kalau belakang itu harus disuntik ya soalnya untuk membantu pertumbuhan rambutnya,” imbuh staf tersebut.

Lihat Juga: Dikenal Sebagai Parents Goals, Inilah Profil Anang Ashanty

Transplantasi rambut adalah prosedur di mana dermatologis atau ahli bedah plastik melakukan tindakan untuk memindahkan rambut ke area rambut yang lebih tipis. Mengutip Healthline, dokter bedah biasanya memindahkan rambut belakang atau samping kepala ke bagian atas atau depan kepala.

Bagaimana Prosedur Transplantasi Rambut?

Setelah kulit kepala dibersihkan secara menyeluruh, ahli bedah akan melanjutkan dengan anestesi lokal untuk mematikan rasa di area kepala. Terdapat dua Teknik yang umumnya digunakan untuk memperoleh folikel yang digunakan untuk transplantasi, yakni FUT dan FUE.

Transplantasi FUT

Pada teknik ini, dokter akan memakai pisau bedah untuk menyayat beberapa inci potongan kulit kepala dari bagian belakang. Lalu, sayatan tersebut ditutup menggunakan jahitan.

Lihat Juga: Perawatan Rambut Rontok Dengan Cara Tradisional

Proses berikutnya, ahli bedah bakal memisahkan bagian kulit kepala yang telah diambil tersebut jadi bagian-bagian kecil dengan lensa pembesar dan pisau bedah. Kemudian, bagian itulah yang ditanamkan. Bagian yang ditanam tersebut akan membantu menumbuhkan rambut yang terlihat lebih alami.

Transplantasi FUE

FUE merupakan teknik transplantasi rambut, di mana folikel rambut akan dipotong langsung dari bagian kepala belakang lewat ratusan sampai ribuan sayatan. Dokter akan membuat lubang kecil menggunakan jarum atau pisau kecil di kulit kepala pasien.

Pada proses ini, dokter akan menempatkan rambut pada lubang ini dengan perlahan. Dalam satu sesi tindakan, dokter bisa mentransplantasi ratusan sampai ribuan rambut.

Lihat Juga: 8 Nutrisi untuk Rambut Sehat dan Kuat

Kemudian, dokter akan menutup kulit kepala menggunakan kasa atau perban selama beberapa hari. Biasanya prosedur ini membutuhkan waktu sekitar empat jam. Terakhir, sekitar sepuluh hari setelah tindakan dokter akan melepas jahitan tersebut.

Apabila ingin mendapat hasil rambut yang optimal, dibutuhkan setidaknya 3-4 kali perawatan. Ini akan dilakukan setelah tindakan transplantasi rambut sebelumnya sudah benar-benar sembuh.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top