Health

Apa Itu Ulkus Dekubitus? Kondisi yang Dialami Laura Anna Sebelum Meninggal

Apa Itu Ulkus Dekubitus? Kondisi yang Dialami Laura Anna Sebelum Meninggal

Selebgram Laura Anna meninggal dunia di usianya yang ke-21 tahun pada Rabu (15/12/2021). Ia tutup usia dalam perjuangannya melawan spinal cord injury. Laura disebut-sebut juga mengalami ulkus decubitus, kondisi yang dipercayai beberapa orang sebagai penyebab kepergiannya.

Ulkus Dekubitus

Mengutip dari Mayo Clinic, ulkus dekubitus adalah cedera pada kulit dan jaringan di bawahnya karena tekanan berkepanjangan. Kondisi ini memang berisiko terhadap orang dengan kondisi medis yang membatasinya untuk mengubah posisi tubuh.

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia sekaligus pemerhati kesehatan, Profesor dr Ari Fahrial Syam, memaparkan ulkus dekubitus pada sejumlah kasus dapat memicu komplikasi yang berujung kematian. Hanya ini kondisi ini terjadi jika luka mengalami infeksi yang kemudian jadi sepsis.

Proses terjadinya komplikasi karena kondisi ini juga tidak mendadak.

“(Meninggalnya) tidak secepat itu. Mestinya kalau ulkus ada proses infeksi dahulu dan pasti rawat dulu,” kata dr Ari seperti mengutip detikcom, Kamis (16/12/2021).

Lihat Juga: Laura Anna Meninggal Dunia: Sempat Dibawa ke RS Akibat Sesak Napas

Karena kondisi ini terjadi karena tekanan atau friksi berkepanjangan, maka cara untuk mencegahna yaitu dengan memastikan bagian tubuh tertentu tak terlalu lama tertekan ketika tidur atau duduk. Hal ini dapat dilakukan dengan:

  1. Jika memungkinkan, ganti posisi tidur atau duduk dengan menggeser tubuh tiap 15-20 menit
  2. Duduk atau berbaring di tempat dengan permukaan empuk
  3. Jangan memakai alas berbentuk donat sebab dapat menyebabkan tekanan pada pinggirannya
  4. Jika memungkinkan, sesekali angkat tubuh juga dianjurkan
  5. Minta bantuan orang lain untuk menggeser posisi tidur atau duduk tiap 1-2 jam

Tanda-tanda Ulkus Dekubitus

Kondisi ini terbagi dalam beberapa tahap menurut keparahan luka, karakteristik dan kedalaman luka. Tingkat kerusakan kulit dan jaringan sekitar dari kemerahan, kulit tidak rusah sampai cedera yang melibatkan otot atau tulang. Berikut tanda-tanda luka baring karena tekanan:

  • Perubahan pada warna maupun tekstur kulit yang tak biasa
  • Bengkak
  • Pengeringan seperti nanah
  • Area kulit terasa lebih dingin atau lebih hangat dibanding area kulit lainnya

Misal, seseorang yang menggunakan kursi roda, biasanya luka ulkus dekubitus terjadi di sekitar tulang ekor, bokong, tulang belakang, tulang belikat atau punggung lengan dan kaki.

Sedangkap pada orang yang lebih banyak berbaring di tempat tidur, luka itu biasanya muncul di bagian samping dan belakang kepala, tulang belikat, tulang ekor, pinggul, pergelangan kaki, tumit dan belakang lutut.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top