Health

Asal Penyakit Cacar Monyet yang Kini Melanda Eropa

Asal Penyakit Cacar Monyet

Penyakit cacar monyet umum ditemukan di Afrika, namun kini menyebar di Eropa. Sebenarnya, dari mana asalnya?

Penyakit ini berasal dari virus cacar monyet alias monkeypox virus (MPXV). Melansir dari situs CDC, virus ini termasuk genus Orthopoxvirus. Virus lain yang termasuk ke dalam genus ini adalah virus variola yang menyebabkan cacar, virus vaccinia yang biasa digunakan dalam pembuatan vaksin dan virus cacar sapi atau cowpox virus.

Seperti namanya, virus ini awalnya menginfeksi monyet. Pada tahun 1958 terjadi sebuah kejadian luar biasa (KLB) di mana koloni monyet di sebuah laboratorium di Kopenhagen, Denmark, terserang cacar.

Sementara kasus cacar monyet pada manusia ditemukan pertama kali pada tahun 1970 di Republik Demokratik Kongo. Penyakit ini menyerang seorang anak laki-laki berusia 9 tahun di kawasan di mana cacar telah dieliminasi pada tahun 1968. Inilah yang mengakibatkan cacar monyet diduga berasal dari Afrika.

Lihat Juga: Herpes, Gejala – Penyebab dan Cara Mengobatinya

Sejak itulah kasus serupa bermunculan dan menyebar ke Afrika Tengah dan Barat. Setidaknya 11 negara melaporkannya termasuk Pantai Gading, Gabon, Sudan dan Nigeria.

Cacar Monyet Ditemukan di AS

Walaupun Afrika disebut sebagai asal kemunculan cacar monyet, namun penyakit ini melanda berbagai negara di dunia. Melansir laman Badan Kesehatan Dunia (WHO) tahun 2003 lalu kasus pertama penyakit ini terjadi di luar Afrika, yaitu di Amerika Serikat (AS).

Di AS penyakit ini dikait-kaitkan dengan kontak anjing padang rumput yang terpapar. Infeksi diduga berasal dari tikus berkantung dormice dan Gambia yang didatangkan dari Ghana. Dari sini, sebanyak 70 kasus dilaporkan di AS.

Kasus baru pun mulai muncul di Eropa dan Asia. Singapura pernah melaporkannya pada Mei 2019. Saat ini pun cacar air sedang ramai dibicarakan karena melanda sejumlah negara Eropa.

Seperti melansir CNNIndonesia, Jumat (20/5/2022), Spanyol melaporkan tujuh kasus di Madrid dan tengah menyelidiki 22 kasus lainnya. Italia mengonfirmasi satu kasus. Lalu Montreal tengah meneliti 12 kasus yang diduga cacar monyet.

Kemudian di Inggris ditemukan sejumlah kasus pada orang yang tak melakukan perjalanan atau kontak dengan pasien. Karena pertama kali diketahui terjadi di Afrika, maka cacar monyet pun diduga berasal dari negara itu.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top