Health

Atasi Sakit Gigi-mu Dengan Bahan-Bahan Alami Ini

Atasi Sakit Gigi-mu Dengan Bahan-Bahan Alami Ini

Gigi yang tiba-tiba sakit memang sangat menyiksa. Melakukan apapun menjadi tidak nyaman. Beberapa orang bahkan memilih sakit hati daripada sakit gigi. Sakit gigi sebenarnya bisa disebabkan beberapa hal, seperti gigi berlubang, infeksi atau gusi bermasalah.

Untuk itu, sangat penting menjaga kesehatan gigimu setiap hari. Gosok gigi secara teratur dan periksakan gigimu ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Tapi, kalau kamu sudah terlanjur sakit gigi, beberapa bahan alami berikut mungkin bisa membantu mengatasi sakit gigi yang kamu alami.

1. Garam

Garam berfungsi sebagai antibakterial yang dapat membantu menghilangkan kuman penyebab sakit gigi. Caranya, larutkan garam dalam air hangat. Kemudian gunakan air garam tersebut untuk berkumur. Tapi ingat, jangan telan air garamnya ya.

2. Bawang putih

Atasi Sakit Gigi-mu Dengan Bahan-Bahan Alami Ini

Bawang putih mengandung banyak antibiotik yang dipercaya sangat efektif untuk meredakan sakit dan nyeri. Caranya, haluskan bawang putih dengan campuran sedikit garam, kemudian aduk hingga rata. Oleskan pada gigi yang sakit secara rutin hingga sakitnya benar-benar hilang.

3. Cengkeh

Cengkeh dikenal sebagai bahan yang mengandung anti radang dan anestesik. Saat sakit gigi, gigit kuat-kuat cengkeh dengan gigimu yang sedang sakit. Atau cara lain adalah dengan menumbuk cengkeh kemudian dicampur dengan minyak sayur. Kemudian oleskan pada bagian gigi yang sakit.

4. Daun jambu

Daun jambu dapat digunakan pula untuk meredakan sakit gigimu. Caranya kunyah dua lembar daun jambu biji hingga halus. Atau cara lainnya adalah dengan mengambil 4 lembar daun jambu biji, rebuslah dan beri sedikit garam. Kemudian gunakan air rebusan tersebut sebagai obat kumur dan lakukan secara rutin hingga sakit gigimu berkurang.

5. Serai

Serai biasa digunakan untuk bumbu dapur seperti pepes untuk menambah aroma. Serai pun bisa digunakan untuk meredakan sakit gigi. Caranya, rebus 40 gram serai segar dengan 2 gelas air. Tunggu sampai air berkurang hingga setengahnya. Lalu gunakan air rebusan untuk berkumur dengan rutin.

6. Belimbing wuluh

Belimbing wuluh adalah salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk membantu mengatasi sakit atau nyeri gigi. Caranya cukup mudah, kunyahlah belimbing wuluh dengan campuran sedikit garam. Sebaiknya gunakan gigi yang sakit untuk mengunyahnya. Memang pada awalnya rasa sakit akan terasa luar biasa, namun semakin lama akan semakin berkurang.

7. Daun cengkeh

Meski dikenal sebagai bahan pembuat rokok, ternyata daun cengkeh juga efektif untuk mengatasi sakit gigimu. Caranya, cuci bersih beberapa helai daun cengkeh, kemudian seduh dengan air mendidih dan lumatkan daunnya. Peras daun yang telah lumat tadi dengan kain. Selanjutnya basahi kapas dengan air perasan daun cengkeh dan jejalkan ke lubang gigi yang sakit.

8. Merica

Sejak dulu merica dikenal sebagai bahan alami untuk mengatasi sakit gigi. Cara menggunakannya cukup mudah, campurkan merica bubuk dengan garam. Kemudian berikan beberapa tetes air pada campuran tadi hingga membentuk pasta, lalu oleskan pada gigi yang sakit. Diamkan selama beberapa menit kemudian berkumurlah dengan air hangat. Lakukan cara ini dengan rutin hingga sakit gigimu benar-benar sembuh.

Nah, itulah beberapa bahan alami untuk membantu meredakan nyeri gigimu. Jangan lupa, jika sakit gigi tidak juga sembuh setelah menggunakan bahan-bahan alami tersebut, segera periksakan ke dokter ahli gigi.

Selamat mencoba!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top