Health

Aturan yang Tepat Cara Bersihkan Telinga

Aturan yang Tepat Cara Bersihkan Telinga

Menjaga kesehatan pada khususnya telinga merupakan hal yang sangat penting. Agar tidak beresiko infeksi saat membersihkan telinga, berikut aturan yang tepat yang harus anda ketahui sebelum membersihkan telinga.

Seperti dilansir Boldsky, Berikut empat aturan membersihkan telinga yang harus anda ikuti. Berikut detailnya.

Cek kesehatan telinga

Setiap enam bulan sekali, Anda disarankan secara rutin mengunjungi dokter spesialis THT. Cek kesehatan telinga Anda sesuai prosedur yang disarankan. Biasanya dokter akan membersihkan telinga Anda secara total. Ini menghindari kemungkinan pertumbuhan bakteri dan penyakit akibat Anda tidak membersihkan telinga.

Gunakan cotton bud yang aman

Jika telinga terasa gatal, Anda boleh menggunakan cotton bud yang aman untuk membersihkan telinga. Hindari penggunaan benda runcing seperti pensil, klip, penjepit, dan lainnya untuk membersihkan telinga Anda. Pastikan cotton bud yang digunakan dibasahi dengan baby oil atau minyak herbal yang aman, agar telinga anda bersih maksimal.

Jangan bersihkan telinga terlalu dalam

Jika Anda ingin membersihkan telinga, cukup usap bagian luar telinga agar tak terjadi infeksi. Jika amda memasukkan benda asing ke bagian dalam telinga, dikhawatirkan akan berisiko infeksi. Masalah ini tentu mengakibatkan gangguan pendengaran ringan sampai fatal.

Bersihkan telinga setelah mandi

Waktu terbaik untuk membersihkan telinga Anda adalah setelah mandi. Kondisinya telinga masih basah secara alami, sehingga Anda harus mengeringkan dan membersihkannya. Juga, jangan lupa pakai alat pembersih telinga yang aman agar tidak berisiko infeksi. Nah, jarak waktu membersihkan telinga yang benar adalah satu minggu sekali.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top