Health

Bagaimana Menghindari Kebotakan pada Pria?

Bagaimana Menghindari Kebotakan pada Pria?

This post is also available in: English

Tak usah diragukan lagi jika ada yang mendefinisikan bahwa rambut adalah mahkota kepala yang paling berharga. Hal itu sering kita dengar. Rambut juga sangat menentukan karakteristik dan sangat mendukung penampilan kita. Akan tetapi, bagaimana rambut yang berharga tersebut menipis dan jumlahnya pada kepala berkurang di usia yang masih relatif muda?

Dikutip dari Klik Dokter, pada usia 20 tahun hingga awal 30-an, sebanyak 50% pria akan mengalami masalah kerontokan rambut yang mengkhawatirkan dan berakhir pada kebotakan di usia 50 tahun.

Saat pria mulai mengalami kebotakan pada rambutnya, ada dua hal besar yang berkurang dari dirinya, yaitu rambut dan kepercayaan dirinya. Menurut sebuah studi di Spanyol, sebanyak 62% pria botak merasa tak pe-de dan merasa dirinya buruk.

Seorang peneliti dari Pennsylvania University, Albert Mannes, mengatakan bahwa rambut kerap dikaitkan dengan usia muda serta maskulinitas, sehingga kebotakan selalu diasosiasikan dengan gejala penuaan pada pria.

Untuk mencegah kebotakan, ada beberapa cara yang dapat dilakukan, kecuali untuk faktor-faktor tertentu yang memang tidak bisa dicegah, seperti faktor keturunan. Berikut beberapa upaya untuk menghindari kebotakan ini:

  • Konsumsi Makanan Sehat dan Seimbang

Awali pagi Anda dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan seimbang. Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, maka kulit kepala dan kantung rambut akan terlindungi nutrisi. Makanan yang mengandung protein tinggi sangat baik untuk pertumbuhan rambut dan kuku. Mulailah menghindari makanan jenis gorengan demi mengurangi produksi sebum berlebih.

  • Banyak Minum Air Putih

Perbanyaklah mengkonsumsi air putih. Air adalah salah satu cairan yang dibutuhkan oleh tubuh termasuk rambut, karena kulit kepala akan menjadi lebih sehat jika banyak air putih yang masuk ke dalam tubuh. Rambut kita akan tumbuh subur di lingkungan yang kaya kelembaban, dan air adalah salah satu cara terbaik untuk memuaskan dahaga nya. Sama seperti kulit kita, rambut juga perlu pelumasan dari dalam dan luar.

  • Konsumsilah multivitamin

Konsumsilah mulitvitamin, khususnya yang mengandung nutrisi seperti beta karoten. Beta karoten sangat penting dalam pertumbuhan, perawatan rambut, dan mengatasi rambut rapuh dan bercabang.

  • Olahraga teratur

Olahraga yang teratur sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan sekaligus mencegah kebotakan. Olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh sekaligus peredaran darah di kulit kepala yang akan mempromosikan kesehatan rambut. Latihan aerobik juga diyakini bermanfaat menurunkan kadar androgen dalam tubuh sehingga mencegah kebotakan.

  • Gunakan Lidah Buaya

Semua orang pasti tahu manfaat lidah buaya terhadap rambut. Gosokkan lidah buaya ke kulit kepala Anda dan diamkan sedikitnya satu jam. Lidah buaya penuh dengan vitamin, mineral dan protein, dan dapat merangsang pertumbuhan rambut secara alami.

  • Jangan Stres

Ini merupakan hal yang biasa, tapi penting bagi kesehatan rambut Anda. Mengurangi tingkat stres juga bermanfaat untuk mencegah kebotakan. Anda dapat mencoba beberapa teknik pernapasan serta meditasi untuk mencapai tujuan ini.

To Top