Health

Bahaya Makanan Jeroan Bagi Penderita Asam Urat Dan Kandungan Nutrisi Yang bermanfaat Untuk Tubuh

jeroan

Penderita asam urat diwajibkan untuk menjauhi semua pantangan yang bisa memperburuk penyakit, salah satunya mengkonsumsi makanan yang mengandung zat purin tinggi. Ada beragam makanan yang mengandung zat purin tinggi, salah satunya jeroan. Tingginya zat tersebut dalam jeroan membuat kadar asam urat dalam tubuh akan meningkat.

Kira-kira, apa benar jika jeroan berbahaya bagi tubuh penderita asam urat? Apakah selamanya jeroan berdampak buruk bagi kesehatan? Tidak adakah manfaat baik dari jeroan yang bisa menyehatkan tubuh?. Untuk mengetahui hal tersebut, yuk simak ulasannya di bawah ini?

Bahaya Jeroan bagi penderita asam urat

Bahaya jeroan bagi penderita asam urat
Soto Jeroan

Jeroan merupakan bagian-bagian dalam tubuh hewan yang banyak disukai orang ketika diolah menjadi menu makanan enak. Bagian dalam tubuh hewan ini bisa berupa usus, babat, limpa, jantung, paru, kikil, otak, ginjal, rempelo, hati, dan sebagainya. Meskipun menjadi salah satu makanan enak, namun penderita asam urat wajib menjauhi makanan ini.

Kegemaran menyantap masakan berbahan baku jeroan menjadi penyebab tingginya kadar asam urat dalam tubuh sehingga hal ini akan berdampak buruk pada kesehatan seseorang terutama penderita asam urat. Untuk itulah, jeroan menjadi salah satu pantangan dari segi makanan bagi penderita asam urat.

Mengapa demikian? hal ini dikarenakan jeroan mengandung kadar purin yang tinggi dimana hal ini menjadi pemicu tingginya kadar asam urat. Dengan demikian, penyakit asam urat yang diderita akan semakin parah dan resiko kambuhnya pun akan meningkat. Hal ini tentunya akan membahayakan tubuh si penderita penyakit asam urat tersebut. Bukannya semakin sembuh malah semakin parah dikarenakan mengkonsumsi bagian dalam tubuh hewan ini walaupun hanya sedikit.

Selain memperburuk penyakit asam urat, bagian-bagian dalam tubuh hewan ini ternyata juga dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini tentunya akan membahayakan bagi seseorang yang memiliki penyakit asam urat beserta kolesterol.

Kandungan nutrisi

Kandungan nutrisi pada jeroan

Meskipun membahayakan bagi penderita asam urat, namun jeroan tidak selamanya berdampak buruk bagi kesehatan orang yang tidak memiliki penyakit tersebut. Jika mengkonsumsinya dalam batas wajar, maka bagian-bagian dalam tubuh hewan ini akan memberikan berbagai macam manfaat bagi tubuh karena banyaknya kandungan nutrisi tersembunyi yang baik bagi kesehatan tubuh.

Nutrisi tersembunyi yang terkandung di dalam jeroan dapat memperbaiki gizi agar terpenuhinya sesuai dengan kadar gizi yang normal. Berikut ini beberapa nutrisi yang terkandung di dalamnya:

  • Kandungan vitamin A yang berperan penting dalam penglihatan
  • Mengandung vitamin B bermanfaat bagi proses metebolisme energi
  • Adanya zat besi dan asam folat yang membantu proses pembentukan sel darah merah
  • Kandungan vitamin D, fosfor, dan magnesium berperan penting dalam pembentukan dan memperkuat tulang
  • Ada juga vitamin K yang membantu proses pembekuan darah sehingga mencegah pendarahan
  • Kandungan Zinc dan vitamin E berperan sebagai antioksidan

Meskipun kaya nutrisi yang baik bagi kesehatan, bukan berarti kita bisa mengkonsumsi jeroan secara berlebihan. Di samping banyak nutrisi baik, jeroan juga mengandung zat purin tinggi. Tidak hanya itu, makanan ini juga mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang tinggi dimana kandungan tersebut sangat buruk untuk kesehatan.

Nah itulah ulasan mengenai bahayanya jeroan bagi penderita asam urat dan kandungan nutrisi pada makanan tersebut yang bermanfaat baik bagi tubuh. Kita boleh mengkonsumsi jeroan asalkan dalam batas wajar. Selain itu, imbangi juga dengan memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Jangan lupa juga untuk memperbanyak minum air putih atau air yang berionisasi tinggi untuk menetralisir zat purin yang masuk ke dalam tubuh.

To Top