Health

Begini Cara Menguji Keaslian Madu Sebelum Terlanjur Mengonsumsinya

Begini Cara Menguji Keaslian Madu Sebelum Terlanjur Mengonsumsinya

Madu merupakan bahan makanan yang memiliki kandungan bernutrisi tinggi bagi tubuh. Tak heran jika madu sangat populer sebagai nutrisi untuk mempertahankan kesehatan dan kecantikan sejak jaman dahulu. Namun sayangnya, madu yang beredar di pasaran saat ini sudah tidak murni lagi. Banyak penjual madu yang sengaja mencampur madu asli dengan beberapa kandungan lain untuk mengambil keuntungan yang lebih banyak.

Lalu, bagaimana cara kita membedakan mana madu asli dan mana madu campuran? Berikut ini beberapa cara menguji keaslian madu sebelum kamu terlanjur mengonsumsinya.

Uji dengan menggunakan koran

Cara menguji keaslian madu yang pertama adalah menggunakan koran. Cukup berikan beberapa tetes madu ke permukaan koran. Lalu periksa bagian bawah koran tersebut, apakah terlalu basah atau tidak. Jika kamu menemukan bagian bawah koran terlalu basah, kemungkinan besar madu tersebut telah dicampur dengan beberapa bahan lain yang kadar airnya tinggi.

Uji dengan menggunakan air

Cara kedua adalah dengan menggunakan media air. Siapkan piring berwarna putih dan tuangkan air secukupnya disana. Lalu masukkan beberapa tetes madu, dan diamkan beberapa saat. Amati perubahan yang terjadi, jika madu tercampur merata dengan air, artinya madu itu asli. Sebaliknya jika madu tidak dapat tercampur dengan merata, kamu bisa meragukan keasliannya.

Uji dengan menggunakan kuning telur

Cara mengetahui keaslian madu murni selanjutnya adalah menggunakan kuning telur. Ambil kuning telur satu sendok makan dan teteskan madu diatasnya. Tunggu beberapa saat, perubahan akan terjadi. Jika yang kamu teteskan madu asli, maka kuning telur akan berwarna kuning tua dan jika dimakan rasanya seperti telur rebus karena sudah matang.

Uji dengan cara mengocok madu dalam botol kemasan

Selanjutnya, kamu dapat menguji keaslian madu dengan cara mengocoknya dalam botol kemasan. Madu yang asli setelah dikocok akan menghasilkan buih sedangkan madu campuran tidak. Bahkan setelah dikocok dan dibuka tutup botolnya, madu asli akan mengeluarkan bunyi letupan kecil, sedangkan madu campuran tidak.

Uji dengan memasukkan dalam freezer

Cara berikutnya adalah dengan memasukkan madu tersebut ke dalam freezer di kulkasmu. Jika yang kamu masukkan adalah madu asli, maka madu tidak akan mengalami pembekuan atau mengkristal. Sebaliknya jika yang kamu masukkan adalah madu campuran, maka akan ada sebagian madu yang mengkristal dalam teksturnya.

Uji dengan batang korek api

Cara menguji keaslian madu selanjutnya adalah dengan batang korek api. Masukkan sebatang korek api dalam madu serta diamkan beberapa saat. Lalu ambillah korek api tersebut dan nyalakan. Jika korek api menyala tandanya madu milikmu tadi memang madu asli, jika korek api tidak menyala bisa dipastikan madu tadi banyak campurannya.

Uji dengan mencicipinya

Begini Cara Menguji Keaslian Madu Sebelum Terlanjur Mengonsumsinya

Rasa madu asli tentu berbeda dengan madu campuran atau tidak asli. Madu asli memiliki rasa yang manis bercampur asam yang khas, sedangkan madu campuran akan terasa lebih manis dan lebih lengket di lidah.

Uji dengan menggosokkan ke telapak tangan

Pengujian selanjutnya adalah dengan menggosokkan madu ke telapak tangan. Jika itu madu asli, maka madu akan berubah cair setelah digosok-gosokkan ke telapak tangan. Sebaliknya jika itu madu campuran, maka hanya akan terasa lengket di telapak tangan.

Uji dengan daging mentah

Cara menguji keaslian madu yang terakhir adalah dengan daging mentah. Siapkan toples dan siapkan madu di dalamnya. Kemudian rendam daging mentah dalam madu tadi. Kurang lebih 2 minggu, aka nada perubahan yang terjadi. Jika daging tidak berubah dan tetap dalam bentuk semula serta berbau menyengat, tandanya madu tadi adalah madu asli. Sebaliknya, jika bentuk berubah menjadi lebih kecil atau menyusut dari bentuk semula, artinya madumu adalah madu campuran.

Nah, itu tadi cara menguji keaslian madu sebelum kamu terlanjur mengonsumsinya. Berhati-hatilah dalam mengonsumsi madu, karena keaslian madu turut menentukan efektif tidaknya dalam membawa pengaruh bagi kesehatan tubuhmu sendiri.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top