Health

Benarkah Banyak Duduk Membuat Wanita Cepat Tua?

Banyak Duduk Membuat Wanita Cepat Tua

Tidak ingin cepat tua? Mudah saja, yaitu jangan banyak duduk. Pada intinya, wanita yang menghabiskan 10 jam waktunya dalam sehari untuk duduk akan menjadi cepat tua. Banyak duduk membuat wanita cepat tua bukannya sekedar mitos tapi sudah dibuktikan lewat penelitian yang dilakukan baru-baru ini oleh Fakultas Kedokteran Unversitas California.

Usia Kronologis berbeda dengan Usia Biologis

Penelitian yang dilakukan pada lebih dari 1,000 wanita berusia antara 64 – 95 tahun ditemukan bahwa mereka yang ketika mudanya lebih banyak duduk dari pada berolahraga memiliki sel-sel tubuh yang lebih tua 8 tahun dari umur mereka. Dengan kata lain, usia kronologis tidak selalu sema dengan usia biologis. Selain itu penelitian yang sama juga menunjukkan bahwa wanita yang lebih sering duduk memiliki telomer yang lebih pendek dibandingkan dengan mereka yang sering beraktifitas fisik. Telomer adalah pelindung kromosom, memang semakin bertambahnya usia telomer secara alamiah akan semakin memendek namun gaya hidup juga memiliki pengaruh yang sangat signifikan.

Gaya Hidup yang Tidak Sehat

Gaya hidup tidak sehat mencakup banyak hal seperti kebiasaan minum kopi di pagi hari atau minum-minuman bersoda bahkan beralkohol di akhir hari bersama teman-teman sekantor dengan tujuan melepas stress setelah seharian bekerja sudah dianggap biasa. Namun kegiatan yang terlihat sepele itulah justru dapat membuat orang menjadi cepat tua. Caffeine memang memiliki manfaat yang luar biasa namun juga tidak tanpa efek samping jangka panjang apalagi minuman beralkohol dan bersoda yang memiliki lebih banyak efek negatifnya dari pada efek positifnya. Selain itu, tanpa kita sadari saat ini banyak sekali wanita yang memilih untuk bekerja dan kebanyakan bidang pekerjaan mereka adalah jenis pekerjaan dibalik meja sehingga memang para wanita dituntut untuk menghabiskan lebih banyak waktu mereka di kantor dari pada melakukan aktifitas fisik. Jadi apa yang harus dilakukan jika banyak duduk membuat wanita cepat tua?

Simple Strectching Saat di Kantor

Simple Strectching Saat di Kantor

Kurangnya Olahraga

Sebenarnya tidak masalah juga menghabiskan lebih banyak waktu di kantor dan tanpa aktifitas fisik karena asalkan tetap diimbangi dengan olah raga. Perlu diketahui bahwa olahraga yang efektif bukanlah dari kuantitasnya tapi dari kontinuitasnya. Dengan kata lain hanya untuk berolahraga tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam di gym dan membayar mahal untuk keanggotaan karena cukup dengan jogging 15 – 30 menit perhari sudah cukup asal dilakukan secara rutin. Melakukan streching sesaat setelah bangun tidur juga sudah termasuk olahraga yang sangat dianjurkan. Selain itu selama Anda di kantor ketika merasa lelah atau pegal karena kebanyakan duduk, melakukan kegiatan streching sederhana untuk sekedar melemaskan otot-otot yang kaku juga baik untuk sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang baik memastikan bahwa tubuh akan mendapatkan cukup oksigen karena oksigen memiliki fungsi yang sangat penting dalam metabolisme tubuh.

Semua orang sering mengeluh tentang beratnya melakukan gaya hidup sehat. Well, sebenarnya cara menyiasatinya sangatlah mudah, jadikan gaya hidup sehat sebagai bagian kehidupan sehari-hari. Misalnya, dari pada menggunakan mobil untuk ke kantor, lebih baik gunakan angkutan umum, kemudian turun satu halte lebih jauh lalu jalan kaki untuk menuju kantor. Namun, jika Anda merasa repot karena ketika mencapai kantor Anda pasti sudah berkeringat, sebaiknya cukup lakukan jogging selama 15 – 30 menit keliling komplek rumah sebelum Anda berangkat ke kantor, jika masih merasa malas juga, manfaatkan waktu Anda di pagi hari untuk pergi berbelanja di pasar tradisional atau warung terdekat dengan berjalan kaki, dari pada membeli sarapan masakan jadi sebaiknya Anda memasak sendiri di rumah selain lebih higienis tentunya juga lebih sehat. Siapa bilang memiliki gaya hidup sehat itu sulit?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top