Health

Benarkah? Ngemil di Malam Hari Bikin Gemuk

Ngemil Di Malam Hari membuat gemuk

Beberapa orang meyakini jika ngemil di malam hari membuat badan menjadi lebar alias gemuk. Apakah hal tersebut benar? Terdapat beberapa penelitian yang mengungkapkan bahwa waktu makan akan mempengaruhi berat badan, resiko penyakit diabetes dan kolesterol. Malam hari memang membuat beberapa orang merasa lapar. Apalagi bagi Anda yang suka begadang mengerjakan tugas atau lembur di kantor. Sekedar chattingan saja bisa membuat lapar, apalagi jika mengerjakan tugas maupun pekerjaan yang harus mikir. Pasti lapar akan melanda di malam hari. Boleh saja Anda ngemil di malam hari. Namun, ada beberapa hal yang wajib Anda ketahui mengenai ngemil di malam hari sebagai berikut;

Menyebabkan Proses Pencernaan menjadi Lambat

Kebanyakan adalah benar, bahwa ngemil di malam hari membuat berabada bertambah. Hal tersebut dikarenakan proses pencernaan yang melambat di malam hari. Seharusnya, malam hari menjadi waktu istirahat. Nah, proses pencernaan yang melambat tersebutlah yang menjadikan lemak menumpuk, sehingga tubuh menjadi gemuk. Bisa saja, Anda mengurangi ngemil di malam hari jika tidak menginginkan badan yang semakin melebar.

Kinerja Beberapa Hormon Terganggu

Selain organ pencernaan, di dalam tubuh Anda juga terdapat beberapa hormon yang akan terganggu kinerjanya jika kebanyakan ngemil di malam hari. Salah satu hormone yang berpengaruh yaitu, hormone insulin yang berfungsi menyerap gulo atau glukosa. Hormon tersebut berada di dalam pancreas mengolah gula menjadi sumber energi. Jika hormone tersebut terganggu, akibatnya Anda akan mengalami obesitas bahkan diabetes.

Kalori, Lemak dan Karbohidrat yang Tinggi menjadikan Berat Badan Bertambah

Kalori, Lemak dan Karbohidrat merupakan kandungan makanan yang membuat berat badan bertambah jika dikonsumsi secara berlebih. Apalagi jika dikonsumsi malam hari. Ketiganya memiliki dampak yang sama yaitu menjadikan badan gemuk. Kalori biasaa terdapt pada junk food atau makanan bertepung seperti mie instan, burger, peyek, batagor dsb. Lalu, yang mengandun banyak lemak yaitu sosis, gorngan atau makanan lainnya. Selanjutnya yang mengandung karbohidrat dan seringkali dicemil ketika malam hari yaitu sereal manis, kue ataupun makanan yang mengandung rasa manis lainnya. Tidak hanya badan menjadi lebar, namun gula darah juga bisa meningkat jiika mengkonsumsi makanan manis secara berlebihan.

Awas, Bahaya Bahan Pengawet

Anda pasti sudah mengetahui bahwa beberapa makanan atau cemilan kemasan memiliki bahan pengawet. Biasanya ciki yang di jual supermarket, semuanya mengandung bahan pengawet, pemanis, penyedap serta rasa gurih. Rasa gurih maupun asin memang berpeluang membuat tubuh gemuk. Selain itu, micin yang terkandung juga tidak baik bagi otak walaupun terjadi dalam jangka panjang. Namun, tak hayal dampak jangka panjang bahan pengawet lebih berbahaya dari sekedar alergi langsung ketika mengkonsumsi camilan.

Mineral dan Nutrisi Tidak Terpenuhi

Terakhir, jika kebanyakan ngemil dan mengkonsumsi air putih tidak tercukupi, otomatis buh Anda kekurangan nutrisi maupun mineral. Apalagi jika teman ngemil Anda adalah soda ataupun soft drink lainnya. Minuman tersebut mengandung kalori, glukosa bahkan bahan pewarna, pengawet yang membuat berat badan Anda semakin bertambah. So, putuskan untuk mengurangi ngemil di malam hari atau menikmati minuman yang mengandung soda, pewarna mupun pemanis. Efek terdekat adalah berat badan bertambah. Bisa saja Anda mengimbangi dengan berolahraga agar badan tetap sehat. Namun, dampak jangka panjang dari bahan pemanis, pengawet, pewarna maupun penyedap rasa, siapa yang tahu? Keep healty ya guys!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top