Berat Badan Ideal, Rumus dan Cara Menghitungnya

This post is also available in: English

Jika Anda bertanya-tanya, kebanyakan orang pada satu bentuk diet atau yang lain. Tapi sementara kehilangan berat badan mungkin merupakan tujuan populer, untuk beberapa ini merupakan kebutuhan mutlak.

Menjadi kelebihan berat badan atau obesitas dimulai dengan beberapa kilo yang tenang berubah menjadi tambahan 20 pound, dan kemudian 40, dan seterusnya. Dengan berat tambahan berasal peningkatan risiko serangan jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker. Masalah kesehatan terkait lainnya termasuk:

• Sleep apnea
• Kelelahan
• Penyakit hati
• Buang air kecil tidak terkontrol
• Depresi atau kegelisahan
• Penuaan dini
• Kematian dini

Selain itu, faktor-faktor seperti stres, keturunan, dan kurangnya aktivitas dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut. Penurunan berat badan adalah cara yang paling signifikan untuk membalikkan dan menghilangkan masalah kesehatan tersebut. Ini dapat dilakukan dengan berolahraga, makan makanan yang seimbang, dan mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan metabolisme.

Anda harus memeriksa dengan dokter Anda sebelum memulai program latihan apapun. Namun, Anda bisa bergerak hari ini dengan mengambil jalan pendek atau sepeda naik sekitar lingkungan Anda. Diet yang melibatkan semua kelompok makanan akan membantu Anda memerangi kelelahan dan lengan tubuh Anda untuk berperang melawan unsur-unsur destruktif. Melalui penggunaan suplemen, Anda juga akan meningkatkan tingkat di mana lemak tubuh dibakar dan memaksimalkan manfaat dari aktivitas fisik.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Rumus Berat Badan Ideal

Anda mungkin tidak yakin apakah berat badan adalah masalah yang sah. Untuk mengetahuinya, Anda dapat menggunakan Body Mass Index (BMI) pedoman.

BMI adalah angka yang akan membantu Anda menganalisis situasi kesehatan Anda saat ini. BMI pribadi Anda menggunakan berat badan dan tinggi untuk memperkirakan komposisi tubuh Anda, yang secara langsung berkorelasi dengan lemak tubuh Anda.

Jika BMI anda kurang dari 18.5 maka itu menunjukkan sebuah status yang kekurangan berat badan yang cukup serius.

Jika BMI anda antara 18.5-25  itu pertanda bahwa anda sudah memiliki berat tubuh yang ideal.

Jika BMI anda antara 25-30 maka anda harus waspada dan mulai mencari cara berdiet yang tepat untuk mengurangi berat badan anda.

Jika BMI anda lebih dari 30 maka anda tergolong dalam kategori obesitas, sebaiknya anda berkonsultasi dengan ahlinya.

Bagaimana menghitung berat badan yang ideal?

Rumus Berat Badan Ideal

Untuk menghitung BMI anda, gunakan rumus berikut:
BMI = Berat(kg)/Tinggi(m)²

Sebagai contoh, untuk menghitung BMI seseorang yang adalah 52 Kg dan adalah 162 cm  tinggi, Anda akan melakukan hal berikut:

BMI =53(kg) / 1,62 x 1,62 (cm) = 20,2

Setiap orang dapat belajar untuk menikmati hidup sepenuhnya dengan mengambil alih kendali hal-hal yang dapat dikendalikan – berat badan, reaksi Anda terhadap stres, dan gaya hidup Anda. Ada banyak kegiatan dan produk yang dapat membantu untuk memperbaiki kondisi hati kita, paru-paru, otot, dan sistem lain.

This website uses cookies.