Health

Berat Badan Naik Saat Pandemi, Intip Pilihan Menu Breakfast Sehat Untuk Turunkan Berat Badan

cara menurunkan berat badan

This post is also available in: English

Di masa pandemi, sebagian besar orang banyak yang mengalami kenaikan berat badan atau obesitas. Keharusan menjalani semua aktivitas di rumah membuat banyak orang mulai menerapkan kebiasaan buruk yang dapat menambah berat badan, termasuk pola makan yang buruk.

Kenaikan berat badan tentunya membuat banyak orang tidak percaya diri lagi sehingga mereka mencari cara untuk menurunkan berat badan secara tepat. Salah satunya dengan mulai membiasakan untuk selalu breakfast atau sarapan di pagi hari. Menurut penelitian di tev Aviv University menyatakan bahwa perempuan yang rajin sarapan lebih mudah menurunkan berat badan daripada mereka yang tidak pernah sarapan.

Untuk itu, mulailah dengan merencanakan makanan-makanan sebagai menu breakfast sehat di pagi hari dengan tetap mempertimbangkan kandungan gizi dan nutrisi di dalamnya. Lalu, seperti apa makanan-makanan yang cocok untuk jadi menu breakfast dalam proses menurunkan berat badan? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

Yoghurt

youghurt Menu Breakfast Sehat
Foto Greek Yoghurt

Yoghurt menjadi salah satu makanan yang cocok untuk turunkan berat badan dan aman jika dikonsumsi setiap hari. Hal itu dikarenakan yoghurt mengandung protein tinggi, kalsium dan lemak sehat. Kandungan beberapa gizi itulah yang membuat tubuh merasa kenyang dalam waktu yang lama.

Saat mengkonsumsi yoghurt sebagai menu breakfast bisa dicampur dengan buah-buahan, kacang-kacangan, ataupun oat untuk menambah rasa. Namun, jenis yoghurt yang dinilai paling cocok untuk menurunkan berat badan adalah greek yoghurt.

Smoothie

smoothie menu breakfast
Gambar : ANDREY.LV (Andrey Nikiforov)

Smoothie memiliki sifat yang mengenyangkan saat dikonsumsi sehingga ini bisa dibuat menjadi menu breakfast untuk menurunkan berat badan, asalkan  tepat dalam memilih bahan yang digunakan.

Untuk membuat smoothie sebagai menu breakfast sehat, gunakan buah dan sayuran yang rendah kalori namun tinggi serat agar rasa kenyang bertahan lama. Selain itu, gunakan juga bahan yang memiliki protein tinggi seperti biji-bijian maupun kacang-kacangan.

Telur

telur menu breakfast
Foto telur

Konsumsi telur sebagai menu breakfast dapat membantu menurunkan berat badan. Telur mengandung 6 gram protein, 70 kalori, vitamin dan mineral penting. Oleh karena itu, makanan ini bisa dijadikan pengganti karbohidrat untuk membuat perut kenyang lebih lama. Dengan mengkonsumsi telur, seseorang bisa menurunkan berat badan secara efektif.

Bayam

bayam menu breakfast
Foto bayam

Selanjutnya adalah bayam. Jenis sayuran hijau ini juga cocok dijadikan menu breakfast untuk menurunkan berat badan. Bayam mengandung kalori rendah dan tinggi serat yang baik untuk tubuh.

Biji gandum

gandum
Foto biji gandum

Biji gandum mengandung vitamin, serat tinggi dan beberapa mineral seperti mangan, tiamin dan selenium) yang efektif dalam menurunkan berat badan dalam waktu singkat.

Untuk mendapatkan hasil yang cepat, biji gandum bisa dikonsumsi secara rutin sebagai menu breakfast di pagi hari. Dengan mengkonsumsi jenis biji-bijian tersebut saat breakfast, nafsu makan akan berkurang sehingga rasa kenyang akan tahan hingga siang hari.

Roti gandum

Roti gandum
Foto roti gandum

Semua hal yang berasal dari olahan gandum bisa menjadi menu yang cocok untuk menurunkan berat badan, seperti halnya roti gandum. Konsumsi roti gandum saat breakfast di pagi hari dapat mengisi kembali cadangan karbohidrat yang telah terkuras dari dalam tubuh. Dengan demikian, hal itu bisa membuat rasa kenyang menjadi tahan lama.

Salmon

ikan salmon
Foto olahan ikan salmon

Sama seperti telur, ikan salmon juga mengandung banyak protein. Jadi, ikan ini sangat cocok menjadi menu makanan untuk sarapan sebagai proses menurunkan berat badan.

Oatmeal

Oatmeal
Made with Square InstaPic

Semangkut oatmeal tanpa gula bisa menjadi menu breakfast sehat untuk seseorang yang sedang merencanakan program menurunkan berat badan. Oatmeal memiliki sifat yang mengenyangkan karena kandungan serat dan protein yang tinggi,

Olahan oatmeal yang cocok untuk program menurunkan berat badan adalah oatmeal yang telah dimasak terlebih dahulu. Tambahkan madu, sirup maple ataupun buah-buahan untuk menambah rasa oatmeal agar terasa lebih nikmat.

Pisang

Pisang
pisang

Buah Pisang merupakan salah satu buah yang bisa dijadikan menu breakfast sehat di pagi hari karena kandungan serat dalam buah ini tinggi dan rendah kalori.

Satu pisang berukuran sedang mengandung 3 gram serat. Dengan mengkonsumi satu buah pisang, maka orang tersebut sudah memenuhi 12 persen kebutuhan serat harian.Kandungan serat yang ada dalam buah ini mampu menunda lapar dan mengontrol kadar gula dalam darah.

Baca juga: Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Efektif Di Usia 40 Tahun Ke Atas

Selain itu, pisang termasuk sumber pati resistan yang baik. Jenis pati tersebut termasuk pati yang tidak dapat dicerna oleh perut dan usus kecil. sehingga seseorang kenyang dalam waktu yang lama

Nah itulah ulasan beberapa makanan yang cocok menjadi menu breakfast sehat untuk menurunkan berat badan. Di samping itu, imbangi juga dengan menerapkan gaya hidup sehat lainnya seperti istirahat yang cukup, jangan mudah stress dan olahraga teratur agar hasil program menurunkan berat badan lebih optimal.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top