Health

Breaking News: Vaksin Covid-19 Tiba Di Indonesia

Breaking News: Vaksin Covid-19 Tiba Di Indonesia

Indonesia bersiap untuk menyambut kedatangan vaksin Covid-19 pada Minggu, (6/12).  Dari akun YouTube resmi Sekretariat Presiden, vaksin tiba di Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta. Kehadiran vaksin Corona adalah salah satu yang paling ditunggu di Indonesia.

Lihat juga: Vaksin Corona Sukses Disuntikkan ke Manusia Oleh Peneliti Jerman

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo mengungkapkan bahwa vaksin tersebut akan segera datang. Saat itu Presiden Joko Widodo memperkirakan kedatangan vaksin tersebut pada akhir November atau awal Desember.

Walaupun begitu, vaksin ini tidak bisa langsung digunakan untuk program vaksinasi. Ada beberapa tahapan yang diperlukan untuk mendapat persetujuan dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).

Lihat Juga: Cara Penularan dan Pencegahan Maksimal Virus Corona (Covid-19)

“Kalau tidak di akhir 2020 atau bulan Januari 2021 vaksinasi bisa dilakukan,” ujar Presiden Joko Widodo ketika penyerahan DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) di Istana Negara, Rabu (25/11).

Kedatangan vaksin di Indonesia ini adalah jenis Vaksin Sinovac sejumlah 1,2 juta.  Sebelumnya, Indonesia juga sudah menetapkan 6 jenis vaksin Covid-19 yang akan digunakan. Penetapan tersebut juga tercantum dalam Keputusan Menteri Kesehatan nomor HK.01.07/MENKES/9860/2020. Jenis vaksin yang telah ditetapkan yaitu vaksin produksi PT Bio Farma (persero), China National Pharmaceutica Group Corporation (Sinopharm), AstraZeneca, Pfizer Inc. and BioNTech, Moderna, dan Sinovac Biotech Ltd.

Pengadaan vaksin untuk pelaksanaan vaksinasi program ini dibayar oleh pemerintah dan dilakukan oleh Menteri Kesehatan. Sedangkan pengadaan untuk vaksinasi mandiri dilakukan oleh Menteri BUMN.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan mengungkapkan ada 107 juta orang yang akan divaksinasi Covid-19.

Lihat juga: Uji Coba Vaksin Corona Dimulai Hari Ini

“Total sasaran 107 juta orang dengan total dosis 246.575.051 dosis. Ini dua dosis per orang dengan menambahkan wastage rate 15 persen,” terang Menkes Terawan saat rapat bersama komisi IX DPR Selasa (17/11/2020).

Kementerian Kesehatan RI mengatakan, vaksin Covid di Indonesia merupakan salah satu program pemerintah yang diberikan gratis kepada 32 juta orang. Sedangkan 75 juta orang dapat melakukan vaksinasi mandiri.

To Top