Health

5 Buah Unik Kaya Nutrisi

Mengkonsumsi buah-buahan merupakan salah satu cara untuk selalu menjaga kesehatan tubuh dengan cara memenuhi nutrisi harian tubuh. Selain protein hewani dan sayuran, buah-buahan juga mengandung vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh yang mungkin tidak akan dapat terpenuhi hanya dengan mengkonsumsi daging dan sayuran saja. Lalu apa jenis buah-buahan yang biasa atau sering Anda konsumsi setiap harinya? Pisang, apel, jeruk dan semangka mungkin jenis buah-buahan yang sering Anda lihat dan konsumsi namun ternyata ada banyak jenis buah-buahan aneh yang beberapa dari Anda justru tidak pernah mendengarnya apalagi mengkonsumsinya. Berikut beberapa jenis buah unik kaya nutrisi yang perlu Anda tahu.

Kiwano

Kiwano merupakan buah asli asal Afrika yang memiliki penampilan yang sangat aneh yaitu seperti berduri. Jika Anda tidak pernah melihatnya pasti berfikir buah ini menyerupai telur naga walaupun tentunya Anda juga belum pernah melihat telur naga. Ternyata, kiwano termasuk dalam salah satu jenis varietas timun jadi buah ini dapat dipastikan sangat kaya akan vitamin C. Banyak penelitian sudah dilakukan guna meneliti kandungan dari kiwano yang juga dikenal dengan sebutan melon bertanduk dan penelitian tersebut menyatakan bahwa kiwano mengandung zat yang dapat membantu meringankan gejala stress bahkan depresi.

Kecapi

Kecapi merupakan salah satu buah khas Asia namun ternyata tidak banyak juga orang yang tahu tentang buah ini. Bentuknya agak mirip manggis tapi berbeda warna dan rasanya juga agak sedikit asam. Jika manggis kulitnya berwarna merah gelap, kecapi berwarna kuning pucat dan isi dalamnyapun tidak seputih manggis tapi agak kekuning-kuningan. Kecapi sangat kaya akan zat besi, per 100 gram kecapi ternyata dapat memenuhi kebutuhan zat besi harian Anda. Jadi kecapi merupakan solusi alami untuk mengatasi penyakit kekurangan darah merah seperti anemia.

Kumquat

Kumquat merupakan salah satu varietas citrus sehingga merupakan kerabat dekat aneka jeruk. Bentuknya sangat unik dan membuat siapapun ingin memakannya. Kumkuat memiliki warna kulit oranye cerah namun berukuran sangat kecil tapi walaupun kecil ternyata kumquat sangat kaya akan vitamin C yang dapat membantu memaksimalkan penyerapan nutrisi lainnya dalam tubuh. Yang unik dari kumquat dibandingkan dengan jenis jeruk lainnya adalah buah ini dapat dimakan bersamaan dengan kulitnya dan rasanya sangat manis.

Carica

Jika Anda pernah berkunjung ke dataran tinggi dieng maka tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan carica karena buah ini merupakan salah satu oleh-oleh khas daerah tersebut. Carica merupakan salah satu buah yang unik karena sekilas tampilannya terlihat seperti coklat, namun carica merupakan salah satu varietas pepaya tapi ketika dibuat manisan rasanya hampir seperti mangga. Carica sangat kaya akan vitamin C dan kalsium sehingga baik dikonsumsi demi memaksimalkan kesehatan tulang Anda.

Pulasan

Kebanyakan orang salah meanggap bahwa pulasan adalah sejenis rambutan. Well, buah pulasan memang satu famili dengan rambutan namun berbeda baik dari segi penampilan ataupun kandungan nutrisinya. Rambutan memiliki kulit diselimuti rambut-rambut panjang sementara pulasan rambut-rambut yang menyelimuti kulitnya cenderung lebih keras dan pendek-pendek. Pulasan merupakan sumber karbohidrat yang cukup tinggi sehingga baik bagi Anda yang sedang menjalankan diet namun tetap membutuhkan sumber tenaga.

Wah ternyata istilah ‘jangan menilai berdasarkan penampilan’ memang berlaku terhadap buah-buahan di atas. Sekilas mungkin ada perasaan aneh ketika melihat buah-buahan tersebut apalagi ketika ditawarkan untuk mengkonsumsinya, namun dibalik segala keunikan tersebut justru tersimpan nutrisi yang kaya dan sangat penting untuk tubuh. Yuk, pastikan Anda dan keluarga Anda sudah mengkonsumsi cukup buah hari ini.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top