Health

Buang Angin Itu Sehat, Ini Alasannya

buang angin atau kentut

Buang angin itu sehat, benarkah demikian? Meski memang memalukan jika terpaksa melakukannya di tempat umum, namun ternyata buang angin itu sehat apalagi dilakukan secara rutin. Hal ini menandakan bahwa kamu sudah mengonsumsi makanan yang sehat pula.

Menurut ahli kesehatan, buang angin yang dilakukan secara rutin adalah tanda bahwa tubuh sehat karena angin yang mengalir ke luar dari tubuh dapat mencegah perut kembung.

Apa sih penyebab seseorang kentut?

Buang angin terjadi karena penumpukan gas yang berlebihan dalam tubuh. Gas tersebut asalnya dari berbagai sumber seperti reaksi proses kimia dalam usus, udara yang kita hirup serta dari bakteri yang hidup di usus.

Gas yang kita keluarkan mengandung banyak zat beragam. Sebagian berasal dari oksigen yang kita hirup dan diserap tubuh sebelum akhirnya masuk ke usus. Di usus besar, sisa udara tersebut hanya berupa nitrogen yang kemudian melalui reaksi kimia dengan lambung akan menghasilkan karbondioksida. Selain itu, zat juga didapat dari bakteri usus yang menghasilkan hidrogen dan metana.

Baca Juga : Kanker Usus: Gejala, Penyebab dan Pencegahan

Namun tentang berapa besar jumlah gas yang kita keluarkan, tergantung dari apa yang kita konsumsi, banyak udara yang kita hirup dan jenis bakteri yang hidup di dalam usus.

Apakah buang angin yang ditahan dapat menimbulkan penyakit?

Jika kamu seringkali menahan buang angin, tentu kamu akan merasakan keluhan tentang rasa kurang nyaman akibat peningkatan jumlah gas dalam tubuh dan pelebaran usus. Umumnya kentut yang ditahan dapat menyebabkan sembelit atau kesulitan buang air besar.

Menurut pandangan medis, kentut merupakan tanda bahwa terjadi aktivitas usus yang baik. Bahkan seseorang yang baru menjalani operasi, khususnya yang berhubungan dengan organ dalam perut, harus ditunggu hingga yang bersangkutan mampu buang angin sebelum diperkenankan makan dan minum. Karena kentut adalah petunjuk bahwa fungsi organ pencernaan dan usus pasien telah normal setelah operasi.

Seberapa sering kita harus buang angin?

Seseorang yang kentut berkali-kali dapat dikatakan normal jika mengeluarkan 750 ml gas per hari yaitu sekitar 14 kali membuang angin. Jika terjadi kurang atau lebih dari itu kemungkinan besar kamu mengalami masalah pada organ pencernaan.

Beberapa makanan yang menyebabkan buang angin atau kentut tidak normal adalah kubis, brokoli, kacang, plum, apel dan kacang-kacangan. Makanan ini lama dicerna dan sering berhubungan dengan perut kembung. Selain itu, makanan yang tinggi fruktosa seperti jus buah juga dapat menyebabkan kamu sering kentut diatas normal.

Mengingat seringnya kita kentut “mendadak” atau tidak sengaja, hindari mengonsumsi berlebihan jenis makanan yang mengandung sulfur seperti telur, keju dan bawang agar kentut tidak berbau menyengat.

Itulah seputar buang angin yang kamu perlu tahu. Memang kentut itu penting, namun perhatikan juga etika dalam melakukan aktivitas membuang gas dari tubuh. Akan lebih baik jika dikeluarkan di tempat yang layak dan tidak mengganggu orang-orang disekitarmu. Jadi, kentut itu sehat, lho!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top