Health

Cacar Monyet Ditetapkan Sebagai Darurat Kesehatan, Ini Langkah Pencegahan Kemenkes

Cacar Monyet Jadi Darurat Kesehatan

Badan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan cacar monyet atau monkeypox sebagai darurat kesehatan global. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menyebut hingga kini kasus monkeypox belum ditemukan di Tanah Air.

“Saat ini belum ada kasus yang ditemukan,” ucap Sesditjen Kesmas Kemenkes Siti Nadia Tarmizi kepada awak media, Minggu (24/7/2022).

Meski demikian, Kemenkes mulai melakukan beberapa pencegahan. Salah satunya dengan meningkatkan surveilans alias pengawasan lewat kantor kesehatan pelabuhan.

“Peningkatan kapasitas surveilans melalui kantor kesehatan pelabuhan untuk mencegah masuknya monkeypox,” ungkap Siti.

Kemenkes juga bakal meningkatkan pengawasan di tengah masyarakat. Selain itu, pihaknya juga akan melakukan deteksi dini terhadap satwa liar seperti tupai, monyet, kera dan tikus gambia.

Lihat Juga: Asal Penyakit Cacar Monyet yang Kini Melanda Eropa

“Penguatan surveilans di masyarakat termasuk deteksi dini di satwa liar. Penyakit ini sudah di temukan sejak tahun 1970 di Kongo dan sampai saat ini belum ada laporan kasus ditemukan di Indonesia, hewannya kan tupai, tikus gambia, monyet dan kera jadi surveilans satwa liar dan deteksi dini kalau ada gejala yang mirip,” jelas Siti.

Cegah Cacar Monyet, Masyarakat Diimbau Tak Konsumsi Hewan Liar

Nadia mengimbau agar masyarakat yang melakukan perjalanan ke luar negeri untuk tak mengonsumsi makanan hewan liar. Selain itu, ia juga meminta agar tidak berdekatan dengan orang yang bergejala cacar monyet.

“Kalau melakukan perjalanan ke negara endemis tidak makan-makanan hewan liar, tidak mengolah hewan liar tapi menggunakan alat perlindungan yang standar dan tidak berdekatan dengan orang yang memiliki gejala monkeypox,” kata dia.

Diketahui, Sekretaris WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menyampaikan bahwa wabah cacar monyet menjadi darurat kesehatan global. Ia mengatakan wabah ini harus menjadi salah satu perhatian internasional

Lihat Juga: Herpes, Gejala – Penyebab dan Cara Mengobatinya

“Saya telah memutuskan bahwa wabah #monkeypox global merupakan keadaan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional,” kata Tedros Adhanom Ghebreyesus seperti melansir AFP, Sabtu (23/7/2022).

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, dikonfirmasi lebih dari 16.000 kasus cacar monyet sudah dilaporkan di 74 negara sejak Mei 2022 lalu. Hingga saat ini kematian akibat wabah ini hanya dilaporkan di Afrika, di mana Nigeria dan Kongo memiliki versi virus yang lebih berbahaya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top