Health

Cara Alami Menghilangkan Ketombe

Cara Alami Menghilangkan Ketombe
Anda punya masalah dengan ketombe? Ya, butiran kecil yang berasal dari kulit kepala ini seringkali mengganggu. Bahkan apabila menggunakan warna baju yang gelap akan terlihat oleh orang lain. Hal inilah yang seringkali membuat kita menjadi tidak percaya diri. Anda sudah memakai sampo anti ketombe namun tidak berhasil? Lalu bagaimana cara untuk mengatasinya? Mungkin Anda bisa melakukan cara-cara alami berikut ini:

 

 1. Gunakan Cuka

Cuka? Ya, benda yang selalu ada di dapur ini bisa menjadi salah satu cara efektif menghilangkan ketombe. Cara penggunaannya sangat mudah, Anda cukup mencampurkan cuka apel dengan air panas. Lalu oleskan ke seluruh bagian kulit kepala, diamkan beberapa saat dan bilas dengan air. Setelah ini, Anda harus menunggu sekitar 8-12 untuk keramas. Untuk lebih efektif, cara ini bisa diulangi dalam waktu satu sampai dua minggu,sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

2. Gunakan Baking Soda

Sama seperti cuka, baking soda juga dapat kita temukan di dapur rumah. Dengan menggunakan baking soda, kulit mati yang ada di kulit kepala akan disingkirkan secara halus. Selain itu dapat juga menyingkirkan jamur di kulit kepala. Partikel kecilnya pun akan menghilangkan ketombe yang menempel di rambut. Caranya tak jauh berbeda dengan cuka, yaitu cukup campurkan 1 sendok baking soda dengan secangkir air hangat lalu gunakan sebagai pengganti shampo.

 

3. Gunakan Tanaman Fenugreek

Apa itu tanaman fenugreek? Tanaman ini memang jarang ditemukan karena umumnya digunakan sebagai bumbu masakan India. Bagian yang digunakan adalah bijinya karena menghasilkan asam amino dan sangat kaya akan protein. Cara penggunaannya yaitu gunakan 2 sendok biji fenugreek lalu rendam dengan semangkuk air selama semalaman. Kemudian tumbk biji sampai halus dan oleskan di seluruh bagian kulit kepala. Diamkan sekitar 30 menit lalu bilas dengan air.

 

4. Gunakan Daun Neem

Sama halnya dengan tanaman fenugreek, daun neem juga merupakan tanaman India yang dijadikan ramuan untuk menghilangkan ketombe. Caranya yaitu dengan  merendam 2 genggam daun neem dengan 4-5 cangkir air hangat dan diamkan selama semalaman. Anda tinggal gunakan cairan daun neem pada keesokan harinya untuk membilas seluruh bagian rambut. Biarkan selama satu jam,lalu bilas dengan air.

 

5. Gunakan Obat Kumur

Obat kumur? Ya, cairan yang biasa Anda gunakan untuk berkumur ini ternyata bisa digunakan sebagai penghilang ketombe. Ini merupakan hal yang aneh tapi sebuah obat kumur memang mampu untuk menghilangkan jamur pada kulit kepala. Caranya cukup campurkan obat kumur dengan air. Campuran ini dapat digunakan setelah Anda keramas menggunakan shampo. Tuangkan ke kulit kepala lalu pijat dan diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air.

 

6. Gunakan Aspirin

Aspirin yang dikenal sebagai penghilang sakit kepala ini memiliki kandungan Salicylic Acid yang menjadi bahan utama shampo anti ketombe. Anda cukup menghancurkan 2 tablet aspirin dan menambahkannya ke dalam shampo biasa. Setelah itu bisa Anda gunakan dan diamkan dulu selama 2 menit lalu bilas dengan air.

 

 7. Gunakan Lemon

Kandungan asam yang ada pada lemon dapat membantu menghilangkan jamur penyebab ketombe. Penggunaan lemon pun akan memberikan kesan segar pada kulit kepala Anda. Anda cukup gunakan 2 sendok perasan air lemon untuk memijat seluruh bagian kulit kepala dan biarkan satu menit. Setelah itu, campurkan secangkir air dengan 1 sendok teh jus lemon untuk membilas rambut Anda.

 

Itulah beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan ketombe yang membandel. Semoga cara-cara ini dapat membantu Anda. Selamat mencoba!
1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top