Health

Cara Kenali Ketika Tubuh Anda Kekurangan Cairan

Tentunya Anda sudah tahu bahwa minum air putih 8 gelas sehari memberikan banyak sekali manfaat kepada tubuh Anda. Namun pertanyaannya adalah ketika kebutuhan tubuh setiap orang berbeda-beda, apakah 8 gelas air putih sehari cukup untuk menhidrasi tubuh Anda? Memang benar bahwa 8 gelas air putih sehari adalah standarnya dan kebutuhan setiap orang bisa saja kurang dari itu atau lebih dari itu. Masalahnya adalah bagaimana juga kebutuhan tubuh Anda setiap hari ternyata lebih dari sekedar meminum 8 gelas air putih, bagaimana cara mengetahui bahwa tubuh Anda kekurangan cairan? Dehidrasi tak hanya sekedar memberikan rasa haus tapi ternyata dehidrasi juga berdampak pada fungsi metabolisme tubuh yang jika terganggu dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Berikut adalah beberapa tanda yang bisa Anda kenali ketika tubuh Anda kekurangan cairan:

  1. Mulut Terasa Kering

Ini adalah tanda-tanda yang paling lazim yang Anda rasakan pertama kali ketika tubuh kekurangan cairan, karena ketika mulut Anda sudah mulai terasa kering maka hal pertama yang akan Anda lakukan adalah minum.

  1. Kulit Anda Kering, Bersisik dan Mengelupas

Ketika kulit Anda terasa kering, bersisik dan mengelupas itu artinya tubuh Anda kekurangan cairan bahkan kulit Anda pun terlihat kehausan.

  1. Mata Anda Juga Terasa Perih dan Kering

Jika Anda sering marasa mata Anda kering dan perih, jangan buru-buru menggunakan obat tetes mata karena itu hanya sementara sifatnya. Minum banyak air putih dapat mengatasi mata yang cepat kering dan perih.

  1. Sendi-Sendi Tubuh Anda Sering Merasa Sakit

Air juga dapat berfungsi sebagai pelumas pada sendi-sendi tulang, tanpa itu maka tulang akan menjadi kering dan terasa sakit ketika saling bergesekan.

  1. Otot Anda Menyusut

Ternyata ketika tubuh kekurangan cairan, maka tubuh akan mengambil cairan dari stok yang ada di tubuh, salah satunya adalah dari otot.

  1. Ketika Jatuh Sakit Membutuhkan Waktu Lama untuk Sembuh

Beberapa penyakit yang seharusnya mudah sekali disembuhkan tapi sulit bagi Anda untuk sembuh, jadi tidak heran jika dokter selalu menyarankan setiap pasiennya yang sakit untuk banyak minum jika ingin cepat sembuh.

  1. Anda Seringkali Merasa Lelah

Ketika tubuh kekurangan cairan, segala proses yang membutuhkan cairan akan mengambil stok cairan pada darah sehingga tubuh akan kekurangan darah merah sehingga Anda akan merasa cepat lelah.

  1. Sering Merasa Lapar

Jika Anda sering merasa lapar bukan karena Anda kurang makan tapi ternyata juga bisa disebabkan ketika tubuh kekurangan cairan. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, seringkali tubuh merespon bahwa tubuh sedang membutuhkan makanan.

  1. Anda Mulai Sering Mengalami Masalah Pencernaan

Pada saat proses pencernaan berlangsung, makanan yang diproses di usus juga memerlukan air sehingga jika stok air di dalam tubuh tidak cukup maka beberapa masalah pencernaan dapat terjadi.

  1. Susah Buang Air Besar

Susah buang air besar atau konstipasi bukan masalah pencernaan semata karena salah satu penyebabnya adalah bahwa tubuh Anda kekurang cairan sehingga proses untuk buang air besar menjadi terhambat.

  1. Frekuensi Buang Air Kecil juga Berkurang

Tentunya Anda tahu berapa kali Anda buang air kecil normalnya setiap hari. Jika frekuensi tersebut berkurang maka sudah dapat dipastikan bahwa pada hari tersebut Anda kurang air minum ai rputih.

  1. Anda Mulai Mengalami Penuaan Dini

Persediaan air pada tubuh akan semakin berkurang ketika usia bertambah, jadi semakin bertambah usia sebaiknya semakin perbanyak konsumsi air putih.

Jadi kenali ketika tubuh anda kekurangan cairan. Dengan cara mengetahui bahwa tubuh Anda kekurangan cairan setidaknya Anda sudah selangkah lebih maju dalam menjaga kesehatan tubuh Anda karena sehat yang katanya mahal itu ternyata dapat didiskon dengan hanya menjalankan gaya hidup sehat sejak dini dan secara rutin.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top