Sit Up: Manfaat dan Cara Melakukannya

Date:

Sit up adalah sebuah gerakan yang bertumpu pada pinggul dan pantat kita dengan lutut yang diarahkan ke atas. Sit up memang sangat baik dilakukan dengan harapan agar kita mendapatkan khasiat yang baik pada tubuh kita. Memang awalnya sangat sulit dan sakit pada perut bagian bawah. Tetapi kalau sudah terbiasa akan terasa nyaman. Banyak para laki-laki melakukan gerakan sit-ups dengan baik agar otot perut mereka terbentuk dan sehat.

Pengertian sit up memang sangat banyak diistilahkan oleh beberapa buku yang membahas mengenai olahraga atletik. Memang kita bisa membentuk tubuh dengan sit up dan juga push up. Dalam dunia olahraga, Gerakan ini banyak digunakan untuk melatih otot perut dan pinggul. Bagi kaum perempuan sit-ups itu sendiri  adalah melakukan gerakan yang bertumpu pada pinggul dan otot perut bertujuan untuk melatih rahim dan juga otot perut bagian bawah.

PENGERTIAN SIT-UPS PADA DASAR-DASAR OLAHRAGA ATLETIK

Pengertian sit up pada olahraga atletik adalah gerakan yang harus dilakukan untuk pemanasan pada olahraga atletik conthnya saja lompat jauh. Karena pada dasarnya sit-ups memang digunakan untuk menguatkan otot perut sehingga akan mengurangi kram perut.

PENGERTIAN SIT UP PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI

Saat  kita disekolah, pastinya kita mendapatkan pendidikan jasmani yang mana pendidikan jasmani tersebut berguna untuk diri kita agar selalu sehat dan memperhatikan olahraga sebagai kegiatan sehari-hari. Pengertian sit up pada pelajaran Penjakes merupakan salah satu materi yang dipelajari agar kita bisa mempraktekkan hal tersebut di rumah. Materi mengenai pengertian sit up tersebut bisa dikupas lebih banyak lagi dengan pola pemikiran kita sendiri.

MANFAAT SIT UP

Berikut adalah beberapa manfaat potensial dari memasukkan sit-up ke dalam rutinitas latihan Anda:

  • Peningkatan kekuatan inti: Sit-up terutama menargetkan otot perut, termasuk rektus abdominis dan obliques. Memperkuat otot-otot ini dapat meningkatkan kekuatan inti Anda secara keseluruhan, yang dapat membantu postur, keseimbangan, dan stabilitas.
  • Peningkatan performa atletik: Otot perut yang kuat juga dapat membantu meningkatkan performa atletik dalam aktivitas seperti berlari, melompat, dan melempar.
  • Stabilitas tulang belakang yang lebih baik: Sit-up dapat membantu meningkatkan stabilitas tulang belakang dengan memperkuat otot-otot di punggung bawah dan perut, yang dapat membantu mengurangi risiko sakit punggung atau cedera.
  • Peningkatan kebugaran secara keseluruhan: Sit-up adalah jenis latihan ketahanan, yang dapat membantu meningkatkan kebugaran secara keseluruhan dengan meningkatkan massa dan kekuatan otot, serta mengurangi lemak tubuh.
  • Kenyamanan: Sit-up dapat dilakukan hampir di mana saja, tanpa peralatan khusus, menjadikannya pilihan olahraga yang nyaman.

Penting untuk diperhatikan bahwa sit-up bukan satu-satunya olahraga yang dapat membantu memperkuat otot perut, dan mungkin tidak cocok untuk semua orang. Jika Anda memiliki masalah atau keterbatasan kesehatan, sebaiknya bicarakan dengan profesional kebugaran yang berkualifikasi sebelum memulai rutinitas olahraga baru.

GERAKAN SIT UP

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal kita perlu tahu bagaimana cara melakukan gerakan yang benar saat melakukan teknik dasar sit up adalah:

PERENGGANGAN OTOT

Sit Up peregangan otot

Olahraga apapun termasuk senam perlu peregangan dan pemanasan untuk mengurangi resiko cedera. Regangkan sendi-sendi serta lakukan beberapa gerakan pemanasan untuk meningkatkan suhu tubuh.

SIAPKAN MATRAS YANG NYAMAN

Matras Sit Up

Matras yang tidak terlalu empuk namun tidak terlalu keras mencegah cedera pada tulang punggung sekaligus membuat nyaman saat melakukan gerakan sit up.

BERBARINGLAH DI MATRAS YANG TELAH DISEDIAKAN

Gerakan Sit Up

Berbaring, kemudian tekuk kaki membentuk sudut 90 derajat dengan telapak kaki tetap menyentuh lantai.

LETAKAN TANGAN DI BELAKANG KEPALA KEMUDIAN ANGKAT BADAN MENDEKATI LUTUT

Sit Up: Manfaat dan Cara Melakukannya

da yang menyarankan hanya mengangkat kepala sedikit saja sampai terbentuk sudut 30 derajat ada juga yang menyarankan hingga badan hampir tegak lurus terhadap lantai.

ANGKAT BADAN KE ATAS KE ARAH LUTUT SAMBIL MENGHEMBUSKAN NAPAS SAAT MELAKUKANNYA

Gerakan sit Up

Angkat badan ke atas,atur pernafasan Saat badan dinaikan buanglah napas, sebaliknya saat tubuh turun tarik nafas.

Tools:

  • Matras

Materials: NBR Foam, Offers good memory, shock absorption and comfort

Usahakan agar kecepatan naik dan turun sama. Jika terdapat rasa sakit dan tekanan selain di perut segera hentikan karena kemungkinan sit up yang dilakukan masih kurang benar.

Itulah beberapa tips cara melakukan Sit Up yang Benar. Gerakan ini dapat dilakukan setiap hari karena otot perut cukup kuat untuk dilatih setiap hari. Namun demikian tetap harus tidak berlebihan. Sit up yang berlebihan justru dapat mengurangi efektifitasnya bahkan dapat menyebabkan cedera tulang punggung. Jangan memaksakan diri, bagi pemula cukup 5-10 kali per sesi kemudian bisa ditingkatkan secara bertahap. Ada baiknya untuk mengkombinasikan dengan gerakan lain agar bagian tubuh yang lain juga terlatih.

Share post:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

More like this
Related