Health

5 Cara Melakukan Sit Up Yang Benar

Cara Melakukan Sit Up Yang Benar

Pengertian sit up adalah sebuah gerakan yang bertumpu pada pinggul dan pantat kita dengan lutut yang diarahkan ke atas. Sit up memang sangat baik dilakukan dengan harapan agar kita mendapatkan khasiat yang baik pada tubuh kita. Memang awalnya sangat sulit dan sakit pada perut bagian bawah. Tetapi kalau sudah terbiasa akan terasa nyaman. Banyak para laki-laki melakukan gerakan sit-ups dengan baik agar otot perut mereka terbentuk dan sehat.

Pengertian sit up memang sangat banyak diistilahkan oleh beberapa buku yang membahas mengenai olahraga atletik. Memang kita bisa membentuk tubuh dengan sit up dan juga push up. Dalam dunia olahraga, Gerakan ini banyak digunakan untuk melatih otot perut dan pinggul. Bagi kaum perempuan sit-ups itu sendiri  adalah melakukan gerakan yang bertumpu pada pinggul dan otot perut bertujuan untuk melatih rahim dan juga otot perut bagian bawah.

Pengertian Sit-Ups Pada Dasar-Dasar Olahraga Atletik

Pengertian sit up pada olahraga atletik adalah gerakan yang harus dilakukan untuk pemanasan pada olahraga atletik conthnya saja lompat jauh. Karena pada dasarnya sit-ups memang digunakan untuk menguatkan otot perut sehingga akan mengurangi kram perut. Banyak sekali manfaat sit up, diantaranya adalah menghindari penyakit osteoporosis. Memang secara keseluruhan gerakan menggerakkan tulang belakang hingga kita terhindar dari penyakit tulang tersebut.

Pengertian Sit Up Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani

Saat  kita disekolah, pastinya kita mendapatkan pendidikan jasmani yang mana pendidikan jasmani tersebut berguna untuk diri kita agar selalu sehat dan memperhatikan olahraga sebagai kegiatan sehari-hari. Pengertian sit up pada pelajaran Penjakes merupakan salah satu materi yang dipelajari agar kita bisa mempraktekkan hal tersebut di rumah. Materi mengenai pengertian sit up tersebut bisa dikupas lebih banyak lagi dengan pola pemikiran kita sendiri.

Baca Juga : 10 Gerakan Senam Lantai dan Gambarnya beserta Cara Melakukannya

Gerakan Sit Up

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal kita perlu tahu bagaimana cara melakukan gerakan yang benar saat melakukan teknik dasar sit up adalah:

Perenggangan Otot

perenggangan otot

Olahraga apapun perlu peregangan dan pemanasan untuk mengurangi resiko cedera. Regangkan sendi-sendi serta lakukan beberapa gerakan pemanasan untuk meningkatkan suhu tubuh.

Siapkan Matras yang nyaman

sit up

Matras yang tidak terlalu empuk namun tidak terlalu keras mencegah cedera pada tulang punggung sekaligus membuat nyaman saat melakukan gerakan sit up.

Berbaringlah di Matras yang telah disediakan

gerakan sit up

Berbaring, kemudian tekuk kaki membentuk sudut 90 derajat dengan telapak kaki tetap menyentuh lantai.

Letakan tangan di belakang kepala kemudian angkat badan mendekati lutut

gerakan sit-up

Ada yang menyarankan hanya mengangkat kepala sedikit saja sampai terbentuk sudut 30 derajat ada juga yang menyarankan hingga badan hampir tegak lurus terhadap lantai.

Angkat badan ke atas ke arah lutut sambil menghembuskan napas saat melakukannya

sit up angkat badan

Angkat badan ke atas,atur pernafasan Saat badan dinaikan buanglah napas, sebaliknya saat tubuh turun tarik nafas.

Tools:

  • Matras

Materials: NBR Foam, Offers good memory, shock absorption and comfort

Usahakan agar kecepatan naik dan turun sama. Jika terdapat rasa sakit dan tekanan selain di perut segera hentikan karena kemungkinan sit up yang dilakukan masih kurang benar.

Baca Juga : Senam Ritmik, Senam Aerobik, Senam Taebo Dan Ritmik Menggunakan Gada

Itulah beberapa tips cara melakukan Sit Up yang Benar. Gerakan ini dapat dilakukan setiap hari karena otot perut cukup kuat untuk dilatih setiap hari. Namun demikian tetap harus tidak berlebihan. Sit up yang berlebihan justru dapat mengurangi efektifitasnya bahkan dapat menyebabkan cedera tulang punggung. Jangan memaksakan diri, bagi pemula cukup 5-10 kali per sesi kemudian bisa ditingkatkan secara bertahap. Ada baiknya untuk mengkombinasikan dengan gerakan lain agar bagian tubuh yang lain juga terlatih.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top