Health

Cara Memijat Bayi Baru Lahir

Cara Memijat Bayi Baru Lahir

Mungkin masih belum banyak ibu yang tahu bahwa ada cara memijat badan bayi sebenarnya sangat penting dilakukan. Memijat badan bayi dapat membuat tubuh bayi jadi santai dan sekaligus hal ini dapat membuat bayi terhindar dari rewel karena terlalu lelah.

Bunda harus tahu bahwa walaupun bayi tidak memiliki aktivitas dia juga bisa lelah karena bayi mengeluarkan banyak usaha untuk meraih apa yang ada di depannya dan mempelajari apa yang dilihatnya.

Karena itu memijat bayi merupakan salah satu hal yang juga perlu bunda lakukan. Memijat bayi secara rutin juga menjadi salah satu langkah stimulasi otot bayi agar bisa belajar ke tahap perkembangan selanjutnya. Bunda bisa berikan terapi pijat kepada bayi baik di pusat spa atau memijat sendiri di rumah.

Sebagai cara memijat bayi baru lahir sendiri di rumah berikut cara pemijatan yang paling tepat bunda terapkan. Cek langsung informasinya di bawah ini!

Panduan Pijat Bayi Baru Lahir yang Paling Tepat Dan Nyaman

1. Siaplah memulai pijatan

Siaplah memulai pijatan

Ketika bayi sudah siap, Anda bisa coba untuk melepaskan pakaian bayi. Biarkan saja bayi hanya menggunakan popok sehingga sentuhan kulit pada tubuh bayi bisa terjadi secara langsung. Anda bisa usap kepala dan juga dada bayi sehingga bayi menjadi jauh lebih nyaman.

Jika bayi kemudian marah atau merasa tidak nyaman bunda bisa coba untuk menenangkan. Sementara jika bayi merasa lapar, Anda bisa coba berikan ASI akan tetapi jangan sampai terlalu kenyang untuk mencegah bayi muntah ketika dipijit.

2. Memijat area dada bayi

Memijat area dada bayi

Cara memijat area dada bayi bisa dilakukan dengan menempatkan kedua tangan Anda pada dada bayi kemudian lakukan gerakan memutar sampai ke arah bahu. Selanjutnya berikan pijatan lembut dan telusuri bagian dada bayi sampai Anda menemukan detak jantung.

Lakukan gerakan naik dan turun secara perlahan. Buat gerakan diagonal ke arah pinggul secara perlahan dan lakukan secara berkebalikan.

3. Pijat bahu dan tangan bayi

Pijat bahu dan tangan bayi

Karena bayi Anda banyak tidur, bagian bahu bayi bisa lelah. Anda bisa lakukan pijatan pada area bahu dan tangan bayi dengan cara raih tangan bayi secara lembut kemudian coba gerakkan bahu bayi.

Lakukan dengan cara yang santai sehingga bayi Anda tidak merasa sakit. Selanjutnya bunda bisa pegang bagian pergelangan tangan bayi dengan satu tangan dan bentuk huruf C hingga bagian lengan. Gerakan perlahan sampai bayi menikmati gerakan tersebut.

Selanjutnya bunda bisa pegang lengan bayi dengan setiap satu tangan memegang satu tangan bayi kemudian angkat dan turunkan secara perlahan. Selanjutnya pijat tangan bayi dengan gerakan naik turun secara perlahan dan pijat bagian pergelangan tangan dengan lembut menggunakan ibu jari.

4. Pijat area kaki bayi

Pijat area kaki bayi

Angkat satu kaki bayi sampai ke bagian pergelangan kaki kemudian sentuhkan pada bagian paha atas. Tahan bagian pergelangan kaki kemudian gerakan memutar atau setengah putaran perlu dilakukan.

Selanjutnya pegang bagian paha atas bayi dan pijat secara perlahan dengan gerakan menurun sampai area kaki bayi Anda. Belai semua bagian kaki sehingga kakinya jadi lebih nyaman.

Baca Juga : Cara Merawat Bayi yang Baru Lahir

Itulah bunda bagaimana cara memijat bayi baru lahir yang paling tepat dan nyaman bunda terapkan. Semoga informasi yang kami berikan diatas menjadi informasi yang bermanfaat. Terapkan untuk dapatkan bayi yang sehat dan tidak rewel dengan teknik pijatan diatas.

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top