Health

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak

Hidung tersumbat adalah suatu gangguan pada hidung atau saluran pernapasan yang membuat seseorang menjadi susah untuk bernapas.

Hidung tersumbat ini merupakan suatu keadaan atau kondisi yang sangat umum dan juga sering dialami oleh banyak orang, pada umumnya kondisi hidung tersumbat ini disebabkan oleh beberapa hal seperti misalnya gejala dari sakit flu, kondisi cuaca yang dingin, dan berbagai macam penyebab lainnya, kondisi hidung tersumbat sendiri bukanlah kondisi yang membahayakan.

Hidung tersumbat sendiri juga bisa dialami oleh siapa saja mulai dari anak-anak hingga orang tua, apabila anak-anak terutama yang masih bayi mengalami kondisi hidung tersumbat maka biasanya akan menyebabkan anak menjadi rewel.

Hal ini dikarenakan si kecil menjadi tidak nyaman karena kesulitan untuk bernapas sehingga membuat si kecil tidak bisa tidur. Jika si kecil rewel karena tidak bisa tidur biasanya membuat orang tuanya kerepotan, pada kesempatan ini akan kami ulas beberapa cara alami mengatasi hidung tersumbat pada anak.

Cara Alami Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak

1. Bawang Putih

Cara alami pertama yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi hidung tersumbat pada anak adalah dengan bawang putih, cara yang satu ini bisa dilakukan untuk bayi hingga usia 2 tahun. Untuk melakukannya, Anda bisa menyiapkan air panas yang dicampur dengan irisan bawang putih dan menggunakan uapnya dengan cara memposisikan anak Anda dalam posisi tengkurap dan membiarkannya mencium aromanya.

2. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih menjadi cara alami kedua yang juga bisa Anda gunakan untuk mengatasi hidung tersumbat pada anak, minyak kayu putih yang terbuat dari tanaman eucalyptus ini akan bisa memberikan rasa hangat pada tubuh sehingga bisa melegakan hidungnya yang tersumbat. Untuk menggunakannya, Anda bisa mencampurkan minyak kayu putih dengan air hangat dan mencium aromanya.

3. Bawang Merah

Cara alami ketiga yang juga bisa Anda gunakan untuk mengatasi hidung yang tersumbat adalah dengan menggunakan bawang merah, Anda bisa menyiapkan beberapa bawang merah dan mengirisnya menjadi beberapa bagian. Setelah itu Anda bisa meletakkan irisan bawang merah di pojok – pojok kamar sehingga aroma bawang merah tersebut akan bisa meredakan hidung yang tersumbat.

4. Pijatan

Pijatan menjadi cara alami keempat yang juga bisa Anda gunakan untuk mengobati hidung yang tersumbat, untuk melakukan cara ini Anda sebaiknya mengoleskan minyak kayu putih atau minyak telon pada tubuh si kecil. Setelah itu Anda bisa memulai pijatan dengan gerakan yang lembut dan perlahan di bagian dada, selain itu oleskan juga minyak kayu putih atau minyak telon di sekitar hidungnya.

5. Mandi Air Hangat

Cara alami kelima yang juga bisa Anda lakukan untuk mengatasi hidung tersumbat pada anak adalah dengan memandikannya dengan air hangat, cara yang satu ini juga sudah terbukti cukup efektif untuk dilakukan karena air hangat akan mampu melancarkan peredaran darah dan juga melegakan hidungnya. Setelah selesai mandi maka Anda bisa mengoleskan tubuhnya dengan minyak kayu putih.

Baca Juga : Mengatasi Masa Tantrum Pada Anak

Apabila anak Anda sering mengalami hidung tersumbat maka Anda bisa melakukan beberapa cara yang telah diulas di atas untuk mengatasinya.

To Top