Wajib Dicoba! Cara Menghilangkan Bau Badan Paling Mudah

Tubuh manusia memiliki jutaan kelenjar keringat dan keringat yang keluar tersebut tidaklah berbau. Meskipun demikian, ada juga orang yang memiliki bau badan ataupun bau ketiak. Memang bau badan ini bukanlah penyakit yang membahayakan nyawa tapi bisa menurunkan percaya dirimu lho! Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena disini ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau badan.

Bromihidrosis atau bau badan timbul pada saat bakteri yang ada di tubuh kita bertemu dengan keringat, sehingga bakteri tersebut berkembang biak. Sedangkan bau tersebut dihasilkan dari protein keratin yang terpecah akibat bakteri di permukaan kulit. Umumnya bau badan ini terjadi pada masa pubertas karena hormon androgen meningkat.

Apa Saja Cara Menghilangkan Bau Badan?

Copyright@freepik.com

Ternyata bau badan ini bisa dihasilkan dari makanan atau miuman tertentu yang memiliki bau menyengat, maka dari itu kamu perlu menghindarinya. Langsung saja yuk kita lihat cara-cara untuk menghilangkan bau badan.

1. Menjaga Kebersihan Ketiak

Kamu pasti tau ya bahwa tempat yang kotor merupakan sarang bakteri, begitu juga dengan ketiakmu. Jagalah kebersihan ketiak dengan menggunakan sabun antibakteri sehingga jumlah bakteri pengurai yang menyebabkan bau ketiak dapat dikurangi.

Cara sederhana lain untuk menjaga kebersihan ketiak yaitu dengan mandi dua kali sehari. Karena keadaan tubuh yang panas bisa menghasilkan banyak keringat yang bercampur dengan bakteri sehingga menghasilkan bau badan.

2. Mencukur Bulu Ketiak

Banyaknya bulu di ketiak dapat menghambat penguapan keringat sehingga ketiak semakin rentan berbau tidak sedap. Cukurlah bulu di ketiak secara berkala. Ya pada intinya, jangan membiarkan ketiak dengan kondisi berbulu yang terlalu lebat.

3. Menghilangkan Bau Badan Dengan Deodoran

Cara yang satu ini memang paling banyak dilakukan oleh orang-orang karena dianggap lebih praktis dan hasilnya cepat, meskipun tidak permanen ya. Tapi kenapa saat menggunakan deodoran, wanginya tidak bertahan lama? Bisa jadi cara penggunaan deodoran selama ini salah kamu lakukan.

Sebaiknya sebelum menggunakan deodoran, bersihkanlah ketiakmu terlebih dahulu dengan menggunakan sabun antibakteri dan air, setelah itu keringkan. Menggunakan deodoran pada ketiak yang kotor hanya akan menambah bau ketiak semakin tidak sedap.

Nah, jika penggunaan deodoran sudah tepat, maka keringat dan bau badan akan berkurang. Untuk kamu yang memiliki keringat berlebihan atau bisa juga disebut dengan hiperhidrosis sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter spesialis agar bisa mengetahui deodoran dengan kandungan apa yang cocok untuk kamu.

4. Pakaian Dengan Bahan Serabut Natural

Pakaian ternyata juga bisa membuat bau badan tidak sedap. Gunakanlah pakaian dengan bahan serabut natural seperti katun, wol ataupun sutra sehingga kulit lebih bisa bernapas sehingga keringat bisa menguap dengan lebih baik dan bau ketiak pun akan berkurang.

Selain itu kamu juga perlu menghindari menggunakan baju kotor dengan berulang kali karena akan membuat bau badan semakin menyengat. Gunakanlah pakaian yang bersih dan cuci pakaian setiap kali selesai di pakai agar bau badan bida berkurang.

5. Kenali Gejalanya

Jika kamu sudah melakukan berbagai cara untuk mengurangi bau badan dan keringan berlebih tapi keringat tetap saja banyak, bisa jadi kamu menderita penyakit tertentu. Cobalah untuk berkonsultasi ke dokter spesialis jika kamu memiliki gejala-gejala seperti:

  • Berkeringat lebih banyak dari biasanya, tanpa alasan yang jelas.
  • Saat malam hari keringat lebih banyak.
  • Timbul keringat dingin.
  • Badan berbau, tapi tidak seperti bau badan kamu biasanya.
  • Keringat sering mengganggu aktivitas kamu sehari-harinya.

6. Menghilangkan Bau Badan Dengan Menghindari Stres

Keringat berlebih dan bau badan tidak sedap bisa ditimbulkan karena stres. Coba deh untuk memperhatikan, ketika kamu stres pasti keringat di bagian ketiak akan lebih banyak dan bau badan akan lebih tidak sedap. Karena itulah kurangi atau bahkan hindari stres ya.

7. Manfaatkan Baking Soda

Jika kamu tidak memiliki deodoran, bisa nih memanfaatkan baking soda. Baking soda bermanfaat untuk menetralkan basa dan asam sehingga secara alami bisa menghilangkan bau badan kamu. Kelebihan menggunakan baking soda sebagai deodoran adalah tidak meninggalkan noda kuning atau putih pada pakaian.

8. Kurangi Makan Pedas

Mengonsumsi makanan yang mengandung kari, daging merah, rasa pedas atau bau menyengat seperti bawang meningkatkan risiko bau badan. Cobalah untuk lebih sering mengontrol makanan-makanan tersebut sehingga bau badan dapat teratasi dengan lebih baik.

Baca Juga : Kamu Memiliki Masalah dengan Bau Badan? Konsumsi Makanan Ini

9. Cuka Apel

Meskipun memiliki bau yang menyengat, tapi cuka apel bermanfaat untuk menghilangkan bau badan kamu. Bukan hanya itu, cuka apel juga bermanfaat untuk mengurangi jerawat di wajah atau di punggung, kolesterol tinggi, diabetes dan lain sebagainya.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau badan. Jika kamu sudah melakukan cara-cara diatas tapi bau badan tidak kunjung hilang, segeralah konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan selanjutnya.

This website uses cookies.