Health

Sariawan Di Lidah : Penyebab, Pencegahan dan Pengobatan

Cara Mengobati Sariawan Dengan Cepat

Sariawan (stomatitis) adalah suatu peradangan yang terjadi pada jaringan epitel selaput permukaan pada jaringan yang berlendir dan diikuti dengan timbulnya luka terbuka. Sariawan ini dapat terjadi pada permukaan lidah, rongga mulut, usus besar hingga pada serviks atau mulut rahim. Sariawan di lidah merupakan salah satu jenis peradangan pada selaput lendir yang seringkali menyerang tanpa memandang usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa bahkan kaum lansia. Untuk memperkecil resiko terjangkitnya penyakit ini, ada baiknya mengetahui beberapa penyebab dan cara mengobatinya.

Penyebab Umum sariawan:

Berikut ini beberapa penyebab timbulnya sariawan di lidah sebagaimana, yaitu:

  • Infeksi virus
  • Infeksi bakteri
  • Serangan jamur.
  • Penyebab non-infeksi
  • Kurangnya asupan nutrisi
  • Terganggunya imunitas tubuh
  • Alergi terhadap makanan (seperti cabai dan nanas) dan penyebab eksternal lainnya

Penyebab Sariawan di Lidah

  1. Gigi : Susunan gigi geligi yang tidak sempurna ataupun tergerusnya lapisan enamel gigi yang menyebabkan permukaan gigi menjadi kasar dapat memicu timbulnya pergesekan antara lidah dan permukaan gigi, sehingga menimbulkan luka dan memicu terjadinya sariawan di lidah.
  2. Tergigit : Lidah tidak sengaja tergigit ketika sedang mengunyah makanan dengan terburu-buru, sehingga menyebabkan luka terbuka. Luka terbuka ini akan memperbesar resiko terjadinya sariawan di lidah.
  3. Vitamin C : Kekurangan asupan Vitamin C merupakan salah satu penyebab terjadinya luka terbuka pada jaringan epitel lendir, sehingga kecukupan asupan vitamin C harian dapat digunakan untuk mencegah dan mengobati sariawan atau stomatitis ini.

Ada beberapa penyebab dari luar tubuh yang juga bertanggung jawab atas munculnya sariawan. Beberapa penyebab yang paling umum adalah luka yang ditimbulkan akibat tergigit, pemasangan gigi palsu atau kawat gigi. Selain itu kondisi psikologi seseorang seperti stress juga bisa mempengaruhi timbulnya penyakit ini.

Bagaimana cara mengobati dengan cepat dalam semalam?

Cara Menyembuhkan sariawan:

4 langkah dalam mengobati sariawan di lidah

  • Berkumur dengan air hangat dan makan makanan yang lunak dapat mengurangi rasa tidak nyaman akibat sariawan di lidah.
  • Berkumur dengan obat kumur yang bersifat antimikroba juga dapat dilakukan untuk menghindarkan dari infeksi, jamur, virus dan bakteri yang menyebabkan sariawan sehingga proses penyembuhannya pun akan lebih cepat.
  • Guna mempercepat masa penyembuhan dapat mengkonsumsi vitamin C yang berperan dalam perbaikan jaringan.
  • Khusus untuk jenis yang berukuran besar, biasanya diobati dengan cara mengaplikasikan obat-obatan steroid yang bisa didapatkan di apotik. Obat-obatan ini dapat mempercepat proses penyembuhan dan mencegah luka (lesi) agar tidak bertambah besar.
  • Antioksidan : Selain vitamin C, konsumsi asupan makanan dengan kadar antioksidan tinggi seperti buah delima, teh hijau ataupun buah sirsak juga merupakan salah satu tindakan pengobatan sariawan. Kombinasi vitamin C dan antioksidan berguna untuk memperkuat sistem immun tubuh terhadap kemungkinan infeksi..

Cara Pencegahan:

Cara Mengobati Sariawan Dengan Cepat

Menjaga kebersihan mulut karena sariawan disebabkan oleh mulut yang tidak bersih sehingga bersarang kuman dan bakteri. Penyakit ini merupakan penyakit sistemik, oleh karena itu menjaga kebersihan mulut adalah caranya untuk meminimalisir penyakit tersebut.

Baca Juga : Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Jika Anda bisa mengidap sariawan karena alergi terhadap suatu makanan tertentu maka sebaiknya hindari untuk mengonsumsi makanan dan minuman penyebab alergi tersebut.

Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan lain serta makanan yang mengandung asam folat, zat besi dan vitamin B12 untuk menghindari dari penyakit ini.

Pada faktanya stres dapat memicu bertambah parah, oleh karena itu sebaiknya hindari stres berlebihan.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Bau Mulut dengan Cepat Secara Alami

Hindari trauma pada rongga mulut dengan menyikat gigi yang benar bukan keras agar tidak timbul trauma. Selain itu, jika bisa hindari agar mulut tidak tergigit.

Jangan Anggap Sepele

Kebanyakan akan dianggap sebagai sebuah hal yang sepele saja. Karena memang dianggap sebagai penyakit yang disebabkan oleh kekurangan vitamin C dan akan sembuh dalam beberapa hari saja. Namun, jangan diabaikan, Karena tak semua menunjukan hal yang wajar.

Memang, sariawan yang wajar yang akan sembuh dengan sendiri dalam beberapa hari. Penyakit ini dapat disebabkan oleh banyak hal yang masih menjadi perdebatan mengenai penyebab itu sendiri, seperti adanya virus, infeksi bakteri dan jamur bahkan kekurangan vitamin B-12 dan zat besi ataupun keadaan dari seseorang yang sedang stress.

Hanya saja, yang tak dapat dianggap sebagai hal yang sepele merupakan sariawan yang diderita oleh seseorang dalam masa yang berkepanjangan. Misalnya adalah lebih dari masa dua minggu dan tetap ada dan bahkan semakin terlihat lebih parah. Dalam keadaan ini, jangan diabaikan.

Selain itu, jika timbulnya sariawan ini juga disertai dengan adanya gejala lain yang dapat dikaitkan dengan keberadaan dari serangan kanker rongga mulut. Gejala ini misalnya adalah infeksi gigi goyang dan juga keberadaan dari kelenjar bening yang ada di leher terasa sakit dan terlihat sedikit bengkak. Selain itu, juga terdapat benjolan yang cukup besar di dalam rongga mulut.

Dalam keadaan seperti inilah, sariawan tak dapat dianggap sebagai sebuah hal yang sangat remeh. Karena jika gejala tersebut sudah terlihat maka akan memerlukan penanangan yang lebih lanjut karena memang akan menunjukan pertanda adanya gejala kanker rongga mulut.

Sedangkan kanker rongga mulut ini akan lebih mudah untuk terdeteksi jika memang sudah berada di stadium lanjut. Dan dalam keadaan ini maka sel kanker akan sudah mulai untuk menyebar ke beberapa organ tubuh lain seperti kepala, hati, paru-paru dan juga kelenjar getah bening yang ada di leher. Maka dari itu, jangan anggap sepele.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top