Health

Cara Mengolah Makanan yang Salah Dapat Mengurangi Nutrisi yang Terkandung

Cara Mengolah Makanan yang Salah Dapat Mengurangi Nutrisi yang Terkandung

Semua jenis makanan memiliki khasiatnya masing-masing namun tahukan Anda bahwa cara memasak yang salah justru dapat mengurangi khasiat makanan. Berikut adalah daftar makanan yang sering kita konsumsi sehari-hari dengan harapan mencukupi nutrisi kebutuhan tubuh tapi justru kesalahan mendasar seperti cara memasaknya Anda menjadi tidak bisa mencukupi nutrisi harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan kata lain cara mengolah makanan yang salah dapat mengurangi nutrisi yang dikandungnya.

Brokoli

Brokoli memiliki tekstur yang agak keras sehingga kebanyakan orang justru memilih untuk merebusnya terlebih dahulu. Hal ini justru salah karena merebus brokoli berarti Anda menghilangkan sebagian besar gizi dan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Cara memasak brokoli yang benar adalah cukup dikukus atau jika ingin ditumis juga boleh tapi tidak boleh terlalu lama dan tidak menggunakan banyak minyak.

Ubi

Ubi merupakan jenis umbi-umbian yang sebenarnya sudah memiliki rasa manis alami. Oleh karena itu ubi sebaiknya cukup direbus atau dikukus saja sudah cukup. Namun kebanyakan orang memilih untuk menggoreng ubi yang justru menambah kalori dan lemak pada ubi. Selain itu ketika direbus orang sering menambahkan garam, agar gurih padahal garam hanya akan meningkatkan sodium dalam darah yang dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan, salah satunya adalah penyakit jantung. Satu hal lagi kebiasaan orang Indonesia juga suka mengkonsumsi ubi rebus atau kukus sambil dicocol dengan gula, yang membuat rasa manis pada ubi tak lagi alami.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan sebenarnya tergolong cemilan sehat hanya saja kebanyakan orang sudah terlanjur percaya bahwa kacang sangat berbahaya bagi jantung karena tinggi lemak dan kalori. Kacang adalah sumber protein nabati yang paling kaya sehingga seharusnya kacang baik untuk kesehatan jantung namun pengolahan kacang yang sering digoreng atau kacang kemasan yang sudah ditambah dengan garam dan bahan pengawet justru membuat kacang sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh terutama kesehatan jantung. Jadi pilihlah kacang segar dan olahlah dengan benar, alternatif kacang goreng adalah kacang oven yang artinya tidak ada tambahan lemak jahat dari minyak goreng ketika mengolahnya.

Apel

Kebiasaan buruk orang Indonesia adalah mengupas segala jenis buah yang ada kulitnya sebelum dikonsumsi dan salah satunya adalah Apel. Apel memang tergolong buah yang kaya akan vitamin dan mineral namun tahukah Anda bahwa serat baik yang sangat dibutuhkan tubuh justru tidak terdapat pada daging buah apel tapi justru pada kulitnya. Jadi solusi terbaik adalah konsumsilah apel organik yang tidak menggunakan zat-zat racun berbahaya dan cuci bersih apel dengan air mengalir sebelum dikonsumsi untuk menghindari dari debu dan bakteri yang mungkin masih menempel di kulit apel.

Buah Kering

Percaya atau tidak ternyata buah kering juga memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan manusia. Hal ini karena saat proses pengeringan buah kering juga masih menyimpan segala nutrisi yang terkandung di dalamnya. Selain itu buah kering juga merupakan salah satu alternatif cemilan sehat yang tidak menggemukkan. Hanya saja tidak semua buah kering baik untuk kesehatan terutama bagi Anda yang sedang menjalani diet. Pilihlah buah kering yang tidak dilapisi gula sehingga aman untuk Anda kunyah-kunyah sebagai cemilan sehat.

Jadi mulai sekarang perhatikan baik-baik bagaimana cara mengolah makanan yang benar untuk memastikan tubuh Anda menerima cukup nutrisi dari makanan yang Anda makanan karena ternyata cara mengolah makanan yang salah dapat mengurangi nutrisi yang dikandung oleh makanan tersebut.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top