Health

Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Efektif Di Usia 40 Tahun Ke Atas

menurunkan berat badan

Memasuki usia 40 tahun ke atas akan terasa sulit untuk menurunkan berat badan. seseorang dituntut untuk selalu menjaga kesehatan terutama berat badan yang ideal. Mereka biasanya cenderung kesulitan dalam menjaga berat badan sehingga rentan mengalami central obesity atau tumpukan lemak yang menyebabkan perut buncit.  

Padahal di usia tersebut memang disarankan menjaga berat badan. Apabila memiliki berat badan berlebih, maka bisa membahayakan kesehatan. Nah, berikut ini, ada beberapa cara efektif yang bisa kalian lakukan untuk menurunkan berat badan di usia Anda yang sudah memasuki 40 tahun ke atas. Apa saja tipsnya? Yuk simak baik-baik ya!

Kurangi jumlah kalori

Untuk menurunkan berat badan bisa dimulai dari mengurangi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Seiring bertambahnya usia, kebutuhan kalori pun akan ikut berubah. Seperti halnya di usia 40 tahun, tentunya kalori yang dibutuhkan lebih sedikit dibandingkan saat usia sekitar 20 sampai 30 tahun-an.

Baca Juga :

Untuk itu, seseorang yang sudah berusia 40 tahun ke hanya perlu makan sedikit daripada yang di bakar sebagai cara untuk mengurangi kalori. Mereka bisa menggunakan buku harian makanan atau aplikasi untuk melihat berapa kalori dalam makanan yang dimakan.  

Biasakan untuk selalu sarapan

Tips menurunkan berat badan di usia 40 tahun bisa dibilang sama dengan apa yang dilakukan seseorang saat diet yaitu membiasakan untuk sarapan. Jika seseorang melewatkan sarapan, maka kemungkinan pada siang hari akan terasa lapar kemudian mengkonsumsi makanan yang tidak sehat.

Sarapan sendiri sangat penting bagi tubuh karena bisa menghasilkan tenaga di pagi hari. Saat sarapan pun, usahakan untuk mengkonsumsi makanan yang tidak hanya mengenyangkan, tetapi juga yang bergizi dan sehat.

Kurangi konsumsi karbohidrat

Seseorang yang berada di usia 40 tahun-an akan memasuki masa permenopause. Di usia tersebut, seseorang akan mengalami kenaikan berat badan dan mereka pun kesulitan untuk menurunkannya.

Oleh karena itu, di usia ke 40 tahun-an disarankan untuk mulai melakukan diet rendah karbohidrat untuk mencegah berat badan bertambah. Dengan mengurangi karbohidrat dapat membantu melawan resistensi insulin yang dapat meningkatkan berat badan.

Perbanyak asupan buah dan sayuran

menurunkan berat badan
Foto eating vegetable salad

Tips untuk menurunkan berat badan untuk usia 40 tahun ke atas lainnya yaitu dengan memperbanyak makan sayur dan buah. Setiap kali makan, usahakan di piring kalian terdapat buah dan sayuran. Kedua hal tersebut mengandung lebih banyak nutrisi, sedikit lemak dan kalori dibandingkan daging, susu, maupun biji-bijian.

Lakukan pengolahan makanan dengan cara yang sehat

Tips selanjutnya yaitu mengolah makanan dengan cara yang sehat. Tips ini juga termasuk pola hidup sehat di usia 40 tahun yang bisa diterapkan.

Agar berat badan tetap stabil, seseorang yang sudah berkepala empat disarankan untuk memakan makanan yang diolah dengan cara yang sehat seperti mengukus, merebus, membakar, atau memanggang.

Keempat cara tersebut tentunya lebih sehat dibandingkan dengan menggoreng atau memasaknya dengan minyak maupun mentega.

Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung protein

Kunci dari proses menurunkan berat badan adalah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein. Hal itu dikarenakan protein ternyata lebih mengenyangkan daripada karbohidrat.

Seseorang yang mengkonsumsi lebih banyak protein cenderung memiliki sedikit lemak di tubuh daripada yang konsumsi protein dalam jumlah sedikit.

Makanan-makanan yang kaya protein seperti semua jenis makanan laut, daging, unggas, telur, kacang-kacangan, biji-bijian, kacang polong, buncis, mentega, dan lentil.

Jangan terlalu stress

Di usia 40 tahun ke atas, tuntutan dan beban seseorang akan semakin bertambah yang kadang dapat meningkatkan stress. Jika kalian tidak bisa mengendalikan tingkat stress, maka akan berpengaruh pada berat badan. Mengapa demikian?

Saat stress, kadar kortisol di tubuh akan meningkat. Hal ini dapat meningkatkan gula darah dalam tubuh dan mendorong penambahan berat badan. Selain itu, stress juga bisa membuat seseorang cenderung mengkonsumsi makanan yang tidak sehat yang bisa membuat tubuh sulit memecah lemak sehingga berat badan bertambah.

Untuk itulah, usahakan kalian dapat menekan tingkat stress yang dialami khususnya saat usia 40 tahun ke atas. Apalagi stress sendiri juga tidak baik di usia tersebut karena dapat mengganggu kesehatan. Kalian bisa melakukan yoga, meditasi, atau jalan-jalan untuk membuat tubuh menjadi rileks. Dengan demikian, tingkat stress akan terkontrol.

Tidur yang cukup

Tidur dengan waktu yang cukup itu sangatlah penting bagi kesehatan. Seseorang yang sering begadang maupun memiliki insomnia cenderung akan mengalami kenaikan berat badan. Begadang akan membuat seseorang memiliki keinginan untuk nyemil di saat perut yang tidak lapar.

Jika dilakukan secara berkelanjutan, maka usaha untuk menurunkan berat badan pun akan sia-sia. Tentunya hal ini tidak bagus untuk seseorang yang berusia 40 tahun ke atas.

Mereka cenderung akan mengalami central obesity yang membuat perut tampak menjadi buncit. Kondisi ini bisa juga disebabkan kebiasaan ngemil yang dilakukan saat begadang. Oleh karena itu, lakukan pola hidup sehat khususnya ketika sudah berusia 40 tahun ke atas dengan cara tidur yang cukup.

Lakukan olahraga yang rutin

Olahraga memang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Seseorang yang telah berusia 40 tahun memang disarankan untuk rutin berolahraga, apalagi jika orang itu dalam usaha menurunkan berat badan. Dengan berolahraga tentunya akan lebih banyak membakar kalori yang dapat membantu mempercepat proses penurunan berat badan.

Nah itulah ulasan mengenai deretan tips untuk menurunkan berat badan di usia yang ke 40 tahun ke atas yang sangat rentan mengalami kenaikan berat badan. Ubah pola hidup agar kesehatan tetepa terjaga dengan baik.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top