Health

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Metode Popular

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Metode Popular

Semua wanita menginginkan tubuh ideal yang proporsional dan sexy. Untuk sebagian besar ini berarti menurunkan berat badan. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk ini, dari berbagai macam diet sampai operasi. Harus kita akui, dalam dunia yang ultra cepat ini kita cenderung menginginkan hasil yang secepat kilat, tapi apakah ini cara yang paling baik? Pernahkah Anda teliti, apakah orang – orang yang beratnya turun drastis dengan sangat cepat bisa menjaga berat ideal mereka selamanya?

Coba kita ulas beragam cara – cara menurunkan berat badan dan efek sampingnya.

Sedot lemak

Cara menurunkan berat badan yang paling cepat dan paling malas adalah dengan operasi liposuction atau tummy-tuck. Dengan tanpa usaha diet dan olahraga, badan Anda bisa berubah drastis. Namun, seperti yang bisa kita lihat pada tubuh artis ternama yang terkenal sudah melakukan liposuction, keadaan tubuh tersebut tidak tahan lama.

Liposuction adalah operasi untuk mengeluarkan lemak di bawah kulit, dan dilakukan untuk mencapai keserasian bentuk tubuh. Operasi tersebut bukan untuk menurunkan berat badan. Sedangkan tummy-tuck adalah proses pembuangan jaringan lemak yang berlebih dan kulit di atasnya untuk membentuk tubuh lebih estetis. Lemak yang dikurangi pun tak boleh lebih dari 3-5 kg sekali operasi

Kedua jenis operasi tersebut biasa dilakukan dokter terhadap pasien yang memiliki tubuh bergelambir setelah berat badan tubuhnya susut. Jadi, menurunkan berat dulu baru dioperasi, bukan operasi untuk menurunkan berat karena apabila pola makan tetap sama dengan sebelumnya, maka tubuh akan kembali gemuk setelah 3 bulan.

Gastric binding & gastric by-pass

Tindakan ini dipilih jika dengan metode pelangsingan apa pun tidak berhasil. Gastric binding adalah pemasangan alat “pengikat lambung” yang menyebabkan kantung lambung lebih kecil agar kita tidak akan makan banyak karena tubuh lebih cepat merasa kenyang. Melalui tindakan ini berat badan dapat berkurang 35 sampai 60 persen dalam 12 bulan.

Berbeda dengan gastric binding yang bersifat sementara, gastric by-pass bersifat permanen, dokter akan membuat “jalan” penghubung antara pangkal lambung dengan usus halus sehingga makanan tidak melalui lambung namun langsung ke usus halus. Dengan gastric by-pass, berat badan dapat dikurangi sampai 80 persen. Untuk melakukan kedua jenis tindakan tersebut, pasien harus berusia di atas 35 tahun.

Akunpuntur

Sampai saat ini metode akunpuntur belum dapat dibuktikan secara ilmiah dapat menurunkan berat badan. Umumnya harus dibarengi dengan diet dan karena berharap hasil instant tanpa usaha. Para pasien pun berhenti di tengah jalan karena tak kunjung mendapatkan berat ideal yang diharapkan.

Obat dan suplemen pelangsing

Sebelum percaya oleh iming-iming iklan, sebaiknya teliti lebih dahulu kandungan obat-obatan dan suplemen tersebut. Badan pengawasan obat dan makanan AS (FDA) bahkan melarang konsumsi suplemen pelangsing yang mengandung kandungan akftif E.sinica atau efedrin. Mengapa? karena memiliki efek samping gejala psikiatrik, mengganggu saluran cerna serta membuat jantung berdebar-debar. Obat pelangsing dari Cina juga terkenal dapat menyebabkan kerusakan ginjal.

Diet popular sering disebut sebagai “Fad Diets”, memiliki karateristik antara lain ; menjanjikan penurunan badan yang cepat, dapat menyembuhkan berbagai penyakit, menganjurkan penggunaan suplemen, makan berdasarkan waktu tertentu, membatasi atau melarang makanan tertentu dan hanya untuk jangka pandang.

Yang dapat digolongkan ke dalam fad diets misalnya diet rendah karbohidrat, food combining, diet berdasar golongan darah, mayo clinic diet. Karena banyaknya larangan untuk memakan jenis makanan tertentu, biasanya kebutuhan tubuh akan gizi tidak terpenuhi karena kekurangan vitamin, zat besi, serta serat.

Baca Juga : Rahasia Diet Tanpa Nasi, 1 Minggu Berhasil Langsing

Dari segi ilmu gizi, setiap waktu makan (pagi, siang dan malam) dianjurkan memakan makanan yang bervariasi dalam jumlah seimbang, karena tubuh membutuhkan berbagai macam zat gizi sekaligus.

Menurunkan berat badan dengan cepat dan sehat

Merujuk pada badan kesehatan dunia, WHO, disebutkan bahwa penurunan berat badan yang baik tidak dapat dilakukan secara instan, tetapi merupakan terapi jangka panjang. Yang dibutuhkan untuk menurunkan berat badan bukan sekadar mengurangi porsi makan, tetapi juga diperlukan bimbingan dari ahli gizi sebelum melakukan perubahan pola makan, disertai aktivitas fisik serta terapi perilaku.

Diet yang baik adalah diet yang efektif (cepat), sehat (aman) dan tahan lama. Kita ingin agar badan kita tetap menarik hingga tua, untuk itu dibutuhkan juga diet yang mudah dan tidak membuat menderita. Selain itu, lebih baik apabila Anda punya satu grup teman yang juga melakukan diet seperti Anda, sehingga Anda punya support system ketika Anda butuh bantuan semangat.

Baca Juga : Berat Badan Ideal, Rumus dan Cara Menghitungnya

Jangan sampai kita menurunkan berat badan dengan cara yang salah. Untuk itu, pastikan Anda belajar dari orang yang tepat sehingga ilmu yang didapatkan benar – benar dapat diterapkan secara praktis dan efektif. Lakukan yang bisa Anda lakukan SEKARANG untuk berubah. Salah satunya adalah dengan mengikuti Seminar Healthy Inside, Beauty Outside dengan Dr. Phaidon L. Toruan, penulis buku “Fat Loss not weight Loss”.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top