Health

10 Cara untuk Meningkatkan Sistem Metabolisme Anda

10 Cara untuk Meningkatkan Sistem Metabolisme

Metabolisme tubuh menentukan seberapa banyak Anda menggunakan kalori setiap harinya. Semakin tinggi tingkat metabolisme tubuh, semakin banyak kalori yang diperlukan oleh tubuh kita. Begitu juga sebaliknya.

Mengapa perlu meningkatkan sistem metabolisme tubuh?

Inilah sebabnya, peningkatan metabolisme sangat diperlukan terutama bagi Anda yang mengalami kelebihan berat badan. Karena dengan semakin banyak kalori yang dibakar untuk dijadikan energi, akan semakin cepat pula lemak yang tersimpan dalam tubuh Anda di gunakan.

Tingkat metabolisme dipengaruhi oleh beberapa faktor. Diantaranya :

  • Jenis kelamin.
  • Usia.
  • Komposisi tubuh.
  • Pola makan.
  • Gaya hidup.

Tingkat metabolisme tubuh pada pria biasanya lebih tinggi dibandingkan wanita, begitu juga saat umur mencapai 40 th biasanya tingkat metabolisme kita akan mulai menurun.

10 Cara untuk Meningkatkan Sistem Metabolisme Anda
Metabolisme

Tapi kita bisa melakukan usaha untuk memperlambat penurunan ini bahkan meningkatkan tingkat metabolisme kita, cara yang bisa Anda lakukan seperti :

1. Perkuat otot Anda.

Tubuh kita secara tetap membakar kalori, bahkan pada saat kita sedang beristirahat. Tingkat pembakaran kalori ini akan lebih tinggi pada orang yang memiliki masa otot yang lebih padat. Setiap 0.45 kg otot akan membakar 6 kalori per hari hanya untuk menjaga otot tersebut, coba bandingkan dengan lemak yang hanya memerlukan 2 kalori per 0.45 kg nya.

Tingkat metabolisme ini juga akan meningkat seiring penguatan otot Anda, dengan melakukan latihan beban Anda akan dengan cepat meningkatkan proses pembakaran kalori melalui otot Anda, begitu juga dengan RMR Anda atau tingkat pembakaran kalori pada saat beristirahat.

2. Variasikan jenis latihan Anda.

Latihan aerobik mungkin saja tidak akan membentuk otot sebaik latihan beban. Tapi latihan ini juga akan memberikan manfaat yang baik untuk tubuh dan metabolismenya.

Lakukan latihan aerobik dengan intensitas tinggi, hal ini akan memberikan peningkatan metabolisme lebih tinggi dan lebih lama di bandingkan jika Anda melakukan latihan aerobik intensitas rendah.

Lakukan sedikit jogging di sela-sela jalan santai Anda, atau lakukan sepeda cepat dengan sepeda statis.

Untuk lebih detailnya, Anda bisa melihat di artikel ”Cara Melakukan Jogging yang Benar“.

3. Minum lebih banyak air putih.

Tubuh kita memerlukan air untuk memproses kalori. Jika Anda sering mengalami kehausan dan dehidrasi, metabolisme tubuh Anda kemungkinan akan menurun.

Dalam satu penelitian yang dipublikasikan, orang dewasa yang minum air putih sebanyak 8 gelas atau lebih perhari, membakar lebih banyak kalori dibandingkan orang yang minum air putih 4 gelas per hari.

Agar tubuh Anda tetap terhidrasi, usahakanlah minum air putih atau minuman tanpa rasa lainnya sebelum makan atau camilan Anda. Anda juga bisa makan buah-buahan yang banyak mengandung kadar air seperti semangka, melon, pepaya dll.

4. Tambahkan es pada minuman Anda.

Banyak orang memilih untuk minum-minuman panas dengan tujuan membakar lebih banyak lemak. Tapi Anda tidak perlu mengikutinya.

Minum-minuman dingin atau dengan tanbahan es sebenarnya lebih efektif untuk membuat tubuh membakar lebih banyak kalori. Tubuh akan menggunakan kalori lebih banyak untuk membuat suhunya kembali ke kondisi normal, yang diakibatkan oleh penurunan yang terjadi karena minuman dingin yang Anda minum.

Riset membuktikan, dengan meminum 5 sampai 6 gelas air dingin perhari akan membakar 10 ekstra kalori per hari. Memang kelihatannya tidak banyak, tapi Anda akan mendapatkan pengurangan lemak hampir 0.5 kg dalam setahun tanpa melakukan diet.

5. Makanlah lebih sering.

Makan lebih sering akan sangat membantu Anda untuk menurunkan berat badan, jadi mulailah makan lebih sering.

Ketika Anda makan 3 kali sehari dalam porsi besar, akan ada jeda waktu yang lama agar perut Anda terisi kembali, hal ini akan dengan mudah menurunkan tingkat metabolisme Anda.

Dengan makan dalam porsi kecil lebih sering atau dengan tambahan cemilan setiap 3 atau 4 jam, akan mengakibatkan stabilnya sistem metabolisme Anda yang berarti lebih banyak kalori yang terbakar tiap harinya. Selain itu dengan makan cemilan sehat akan membuat Anda makan lebih sedikit pada saat waktu makan utama Anda.

6. Makan makanan pedas.

Kabar baik bagi Anda pecinta makanan pedas.

Makanan pedas mengandung zat tertentu yang bisa mengakibatkan peningkatan metabolisme tubuh. Makan paprika atau cebe hijau bisa membuat metabolisme Anda menjadi lebih tinggi, meskipun efeknya hanya sementara ( 1 sampai 1,5 jam ) tapi jika Anda makan-makanan pedas lebih sering, efeknyapun akan semakin meningkat.

Anda bisa makan pasta dgn cabai hijau atau tahu atau nasi goreng.

Baca Juga : 8 Manfaat dan Bahaya dari Makanan Pedas

7. Makan lebih banyak protein.

10 Cara untuk Meningkatkan Sistem Metabolisme Anda
Makanan Untuk Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Tubuh akan menggunakan kalori lebih banyak untuk mencerna protein dibandingkan karbohidrat dan lemak.

Meskipun Anda harus makan-makanan dengan nutrisi seimbang, mengganti beberapa karbohidrat dengan makanan berjenis protein akan membuat tingkat metabolisme tubuh meningkat saat Anda makan.

Makanlah makanan berprotein yang baik seperti : dada ayam, daging merah tanpa lemak, kacang, tofu, tempe, telor atau ikan.

8. Minum kopi hitam.

Jika Anda penggemar kopi dan saat ini sedang mengalami kelebihan berat badan, maka Anda beruntung.

Kopi terutama kopi hitam akan mengakibatkan kenaikan metabolisme sementara pada tubuh Anda, jadi akan lebih banyak kalori yang akan dibakar. Kafein pada kopi juga akan membuat tubuh menjadi lebih bertenaga, sehingga akan membuat Anda menjadi lebih fit sepanjang hari.

Akan lebih banyak manfaat tambahan lagi yang bisa Anda peroleh jika Anda minum kopi hitam tanpa gula.

9. Minum teh hijau.

Hampir sama seperti kopi, teh hijau atau teh oolong juga akan memberikan energi ekstra serta peningkatan metabolisme pada tubuh Anda.

Untuk penyajian kopi serta teh ini bisa Anda padukan dengan es batu, lihat manfaat minum-minuman dingin yang saya tulis diatas.

10. Hindari crash diet.

Crash diet, diet yang mensyaratkan untuk konsumsi kalori kurang dari 1000 kalori perhari, adalah musuh bagi orang yang ingin mendapatkan peningkatan metabolisme tubuh.

Meskipun diet ini akan bisa membantu Anda untuk mengurangi berat badan, kebanyakan berat yang berkurang biasanya adalah pengurangan masa otot.

Akibatnya semakin sedikit masa otot Anda, maka akan semakin turun sistem metabolisme tubuh Anda. Hasil akhirnya, tubuh Anda akan membakar kalori lebih sedikit dibandingkan sebelumnya, dan ketika Anda sudah selesai melakukan diet ini, berat badan Anda akan meningkat dengan sangat cepat.

Itulah beberapa cara sederhana untuk meningkatkan sistem metabolisme tubuh Anda. Tetaplah melakukan gaya hidup aktif dan pola hidup yang sehat untuk mendapatkan hasil terbaik.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top