Health

Cek Kondisi Kesehatan Dari Warna Lidahmu, Yuk!

Cek Kondisi Kesehatan Dari Warna Lidahmu

Tahukah kamu ternyata warna lidah dapat menjadi indikator terhadap kondisi kesehatan. Warna lidah ini akan berubah-ubah seiring dengan perubahan kondisi tubuh. Mengapa demikian? Seperti yang kita tahu, lidah adalah indera pengecap dan saat kondisi tubuh kita sedang tidak sehat, indera pengecap ini sementara tidak berfungsi.

Nah, sehingga dapat disimpulkan bahwa selain sebagai indera pengecap, lidah juga dapat dipakai sebagai pendeteksi adanya gangguan kesehatan dalam tubuh manusia. Cara mengetahuinya yaitu dengan melihat warna lidah.

Dalam kondisi normal dan sehat, lidah akan berwarna merah muda. Namun ternyata lidah pun dapat berubah warna menjadi merah, coklat, hitam, kuning, ungu dan putih tergantung pada kondisi tubuh seseorang pada saat itu.

Apa saja warna lidah dan artinya terhadap kesehatan? Yuk, simak selengkapnya berikut ini :

1. Lidah berwarna merah

Warna lidah yang mendekati warna merah stroberi, menandakan adanya aktivitas panas dalam tubuh. Jika warna merah pada lidahmu terdapat di ujung lidah, maka menandakan adanya aktivitas panas pada jantung. Jika warna merah terdapat pada ujung kanan atau kiri lidah, umumnya menandakan adanya gangguan pada organ ginjal dan kandung empedu.

2. Lidah berwarna putih

Warna putih pada lidah umumnya menandakan adanya serangan tifus, selain itu warna putih ini juga mengindikasikan adanya gejala flu atau masalah pencernaan. Namun jika warna putih pada lidah terlihat tipis-tipis, artinya orang tersebut mengalami kondisi yang kekurangan darah.

3. Lidah berwarna kuning

Jika warna lidahmu kekuningan, tandanya tubuhmu sedang mengalami infeksi bakteri. Jika warnanya kuning kehijauan, menandakan infeksi bakteri dalam tubuh sudah cukup tinggi. Selain itu, warna kuning pada lidah juga dapat menjadi indikasi adanya panas tubuh yang berlebih, yang disebabkan karena merokok berlebihan, makanan sangat pedas atau kondisi stres.

4. Lidah berwarna coklat

Jika kamu mendapati kondisi lidah berwarna coklat, hal ini dapat menjadi tanda-tanda awal adanya kanker kulit atau melanoma. Bahkan jika pada lidah terdapat bintik-bintik coklat yang perlahan-lahan berubah menjadi gelap, disarankan segera berkonsultasi pada dokter untuk memastikan keadaan kulit lidah sebenarnya.

5. Lidah berwarna ungu

Lidah yang berwarna ungu dapat menjadi indikasi adanya gangguan kesehatan berupa bronkitis kronis atau kadar kolesterol tinggi. Jika warna keunguannya terlihat pekat, sebaiknya kamu jangan menunda untuk memeriksakan diri ke dokter.

6. Lidah berwarna biru

Warna lidah yang kebiruan perlu diwaspadai. Karena ini menandakan adanya darah yang dingin dan tidak bergerak atau statis. Bahkan jika warna lidah biru ini menjurus ke warna keunguan, berarti kondisi darah statis justru lebih parah.

7. Lidah berwarna hitam

Jika lidahmu berwarna hitam atau kehitaman maka kesehatan tubuhmu sedang dalam kondisi yang sangat buruk. Lidah warna hitam juga dapat terjadi karena kebersihan mulut yang buruk. Hal ini menyebabkan bakteri dan jamur bertumbuh subur di permukaan lidah sehingga menyebabkan warna kehitaman. Selain itu, kebiasaan merokok, sering minum kopi dan mengonsumsi makanan yang tidak sehat dapat menyebabkan lidah berwarna kehitaman.

Itulah kondisi kesehatan yang dilihat dari warna lidah. Sekarang kamu tahu kan, mengapa dokter selalu memintamu untuk menjulurkan lidah saat pemeriksaan awal. Lalu sekarang, apa warna lidahmu?

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top