Health

Ciri-ciri Utama Ketika Tubuh Kekurangan Nutrisi

Tidak mudah memang mengatur pola diet yang tepat agar tubuh tetap sehat dan berat badan tetap terjaga. Saat ini untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan berat badan yang ideal disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang beragam setiap hari namun lagi-lagi jika tanpa panduan yang tepat tubuh akan mudah sekali kekurangan nutrisi entah itu vitamin atau mineral tertentu. Ditambah lagi kebutuhan setiap orang tentunya berbeda-beda jadi mengikuti saran menu sehat yang biasanya dapat dengan mudah ditemukan di internet juga masih belum cukup. Jika Anda mulai merasakan ada yang tidak beres dengan diri Anda coba pelajari beberapa ciri-ciri utama ketika tubuh kekurangan nutrisi berikut dengan begitu Anda bisa mulai mengambil langkah kongkrit apa yang tepat untuk kesehatan tubuh Anda.

  1. Kulit mulai terlihat kering. Jika Anda sering berada di ruangan berAC kulit memang akan cenderung kering tapi perhatikan jika kulit tetap kering bahkan ketika sudah tidak berada di ruang berAC ada kemungkinan tubuh Anda kekurangan omega 3.
  2. Kulit pucat juga bisa menandakan bahwa tubuh Anda kekurangan nutrisi. Kulit yang bercahaya artinya produksi sel darah merah Anda cukup tapi jika pucat ada kemungkinan Anda kekurangan zat besi yang merupakan komponen utama pembentuk sel darah merah.
  3. Bibir pecah-pecah juga merupakan salah satu ciri utama ketika tubuh kekurangan nutrisi. Jika hal ini terjadi kemungkinan besar kadar riboflavin dalam tubuh Anda sangat kurang, perbanyaklah konsumsi makanan kaya riboflavin seperti brokoli dan salmon untuk mengatasinya.
  4. Jerawat yang tak pernah mau pergi juga merupakan tanda-tanda bahwa tubuh Anda kekurangan nutrisi dan sama sekali tidak ada hubungannya dengan hormon. Hal ini sangat umum sekali terjadi ketika tubuh Anda kekurangan omega 3.
  5. Ketika Anda mengalami luka dan sulit sekali atau justru membutuhkan waktu yang lama untuk sembuh juga merupakan ciri ketika tubuh kekurangan nutrisi. Vitamin C sangat dibutuhkan untuk proses penyembuhan jika hal seperti ini terjadi kemungkinan besar tubuh Anda kekurangan vitamin C.
  6. Gusi berdarah jangan pernah dianggap enteng, hal ini tidak selalu berhubungan dengan seberapa bersih Anda menggosok gigi karena salah satu penyebab gusi berdarah adalah ketika tubuh mengalami kekurangan asupan Vitamin K.
  7. Kuku mudah patah dan pecah-pecah juga merupakan salah satu ciri bahwa tubuh Anda kekurangan nutrisi tertentu terutama kalsium. Kuku hanya salah satu dari bagian tubuh yang terlihat dan membutuhkan kalsium, tentunya tulang dan gigi juga jauh lebih membutuhkan kalsium, jika hal ini terjadi perbanyaklah konsumsi kalsium yang biasanya didapat dari telur dan susu atau produk susu lainnya seperti keju dan yogurt.
  8. Warna kuku tidak merata juga merupakan salah satu ciri tubuh kekurangan nutrisi. Jika hal ini terjadi maka kemungkinan besar tubuh Anda tak hanya kekurangan kalsium tapi juga kekurangan vitamin B12 dan biotin.
  9. Rambut rontok tentunya merupakan salah satu kondisi yang sering sekali dialami oleh kebanyakan orang. Sayangnya orang sering menyalahkan produk shampoo atau produk perawatan rambut yang mereka gunakan ketika rambut mereka rontok padahal sebenarnya hal tersebut terjadi ketika tubuh kekurangan nutrisi tertentu seperti protein, vitamin C dan asam amino.
  10. Rambut mulai beruban padahal umur Anda masih tergolong muda, jangan anggap hal tersebut sebagai hal yang biasa karena itu menandakan bahwa tubuh Anda sangat kekurangan vitamin D.

Ketika mengalami kekurangan nutrisi, kebanyakan orang sering mengambil langkah cepat yaitu dengan mengkonsumsi supplement tapi sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter jika Anda menemukan ciri-ciri utama ketika tubuh kekurangan nutrisi Anda temukand alam diri Anda sebelum memasukkan produk supplement dalam daftar diet harian Anda.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top