Health

Cobalah untuk Mengurangi Gula Sebelum Gendut dan Sakit-Sakitan

Cobalah untuk Mengurangi Gula Sebelum Gendut dan Sakit-Sakitan

Berapa banyak porsi makanan dan minuman manis yang Anda konsumsi tiap harinya? Baiklah, selain menyenangkan, makanan dan minuman yang manis memang bisa membantu tubuh dan pikiran lebih semangat sebab dengan masuknya gula ke dalam tubuh, ada salah satu bagian otak yang terpuaskan dan menimbulkan efek senang.

Tapi hal itu bukan berarti memperbolehkan Anda untuk memakan dan meminum sesuatu yang manis seperti cake, cookies, es krim atau minuman bersoda secara berlebihan.

Gula pun memiliki zat adiktif atau zat yang membuat konsumennya ketagihan seperti halnya alkohol membuat kecanduan. Seseorang yang terbiasa mengonsumsi gula akan merasa lemas bila sesaat saja tidak bertemu makanan dan minuman manis. Ini tentu berpotensi membuat Anda mengonsumsi gula secara berlebihan.

Segala sesuatu yang berlebihan tidak baik. Mengonsumsi gula bila terlalu banyak juga tidak baik, bisa menyebabkan obesitas dan obesitas adalah akar dari ragam penyakit berbahaya seperti jantung, diabetes, stroke dan penyakit serius lainnya.

Meskipun awalnya terasa sulit, tapi ada baiknya Anda mencoba untuk mengurangi gula. Berikut cara mudah mengurangi konsumsi gula.

1. Gula Yang Sehat

Mengurangi kadar konsumsi gula bukan berarti Anda tidak boleh memakan manis sama sekali. Hanya saja, cobalah untuk mengganti dan mengurangi. Kurangi konsumsi gula pasir yang jahat.

Cobalah untuk Mengurangi Gula Sebelum Gendut dan Sakit-Sakitan

Sebagai gantinya, ada beberapa jenis gula sehat yang disarankan seperti buah-buahan dan zat olahan yang masih memiliki nutrisi utuh dan gula yang dibutuhkan tubuh sebab tidak banyak melewati proses saat di pabrik, seperti nasi merah, tepung gandum, roti gandum atau oat. Untuk oat, pastikan memilih yang baik. Oat instan yang banyak dijual di pasaran tidak termasuk yang disarankan.

Untuk pemula yang rasanya masih sulit sekali membiasakan lidah terlepas dari yang manis-manis, buah-buahan adalah pengganti terbaik. Meskipun sama-sama mengandung gula, tapi memakan buah-buahan berarti mengonsumsi vitamin, serat dan mineral yang justru membantu memperlambat proses penyerapan gula dalam tubuh.

Bagi Anda yang sedang diet, buah-buahan juga mengandung serat yang bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan membuat pencernaan lancar.

2. Kurangi Porsinya

Bila Anda terbiasa meminum kopi instan yang langsung mengandung gula putih di dalamnya, cobalah untuk memulai berteman dengan kopi hitam. Bila Anda penyuka teh, meminum teh tawar selalu lebih baik daripada teh dalam botol yang kadang kadar manisnya berlebihan.

Untuk Anda yang sudah addict terhadap gula, awalnya mungkin sedikit menyiksa. Maka, cobalah untuk menguranginya sedikit demi sedikit dulu. Setidaknya, setiap hari Anda harus biasa mengurangi porsi gula yang dikonsumsi per satu sendok teh. Bila Anda mengiringinya dengan mengganti dengan mengonsumsi gula sehat seperti yang telah disebutkan di atas, Anda akan lebih cepat terbiasa.

3. Ngemil Protein Dan Serat

Cobalah untuk Mengurangi Gula Sebelum Gendut dan Sakit-Sakitan

Apa camilan favorit Anda? Mulai sekarang cobalah berhenti membayangkan manisnya martabak manis dan biskuit. Kebiasaan ngemil saja sudah cukup mengkhawatirkan  apalagi mengemil makanan dan minuman manis. Itu bisa membuat Anda gendut dan tidak sehat.

Gantilah camilan dengan yang lebih aman seperti telur rebus, keju slice atau bila ingin sekalian meratakan perut, kacang-kacangan rebus seperti kacang kedelai rebus pun baik untuk mengganti camilan manis.

Selain itu, menambah porsi makan malam lebih disarankan daripada ngemil di malam hari. Tentu, menambah porsi nasi putih tidak termasuk hitungan. Jika ingin nambah, lauk dan sumber protein seperti ikan, ayam, daging dan sayuran adalah sebaik-baiknya pengenyang perut.

Untuk hidup lebih manis, kurangi gula mulai sekarang. Selamat mencoba!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top