Health

Demam Pada Anak, Begini Cara Mengatasinya

Demam Pada Anak, Begini Cara Mengatasinya

Demam atau sering juga disebut sebagai panas adalah sebuah kondisi di mana suhu tubuh seseorang mengalami peningkatan sehingga berada di atas suhu tubuh normalnya.

Demam atau panas sendiri adalah reaksi yang dilakukan oleh tubuh yang sedang berusaha untuk melawan virus yang sedang berusaha menyerang tubuh. Masyarakat di Indonesia sendiri masih sering salah kaprah karena menganggap demam sebagai penyakit, padahal demam hanyalah sebuah gejala dari suatu gangguan kesehatan.

Ada sebuah bagian di dalam otak manusia yang disebut dengan hipotalamus yang mana memiliki fungsi untuk mengontrol suhu tubuh, pada saat seseorang sedang terserang virus ataupun penyakit tertentu maka hipotalamus inilah yang akan memerintahkan tubuh untuk meningkatkan suhunya sehingga akan bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi yang sedang terjadi. Demam juga bisa terjadi pada siapa saja, termasuk pada anak – anak, pada kesempatan ini akan kami ulas cara mengatasi demam pada anak.

Cara Mengatasi Panas Atau Demam Pada Anak

1. Pijat Dengan Ramuan Herbal

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi demam yang dialami oleh anak adalah dengan memijat menggunakan ramuan herbal, Anda bisa membuatnya dengan mencampurkan minyak kayu putih dengan sedikit parutan bawang merah dan juga air perasan jeruk nipis. Setelah itu Anda bisa memijat si kecil dengan menggunakan ramuan tersebut di bagian punggung dan dadanya.

2. Mandikan Dengan Air Hangat

Cara kedua yang juga bisa Anda lakukan untuk mengatasi demam pada anak yaitu dengan memandikannya menggunakan air hangat, hal ini penting untuk Anda lakukan karena air hangat akan memperlancar sirkulasi darah dan juga akan membuat tubuh si kecil menjadi lebih segar. Hindari memandikannya menggunakan air dingin karena akan bisa membuat tubuhnya menggigil kedinginan.

3. Kompres

Kompres menjadi cara ketiga yang juga bisa Anda lakukan untuk mengatasi demam yang dialami oleh anak, cara yang satu ini juga merupakan cara yang paling populer untuk dilakukan. Untuk melakukannya, Anda bisa menyiapkan handuk berukuran kecil kemudian mencelupkannya ke dalam air hangat, kemudian peras handuk tersebut dan letakkan di dahi anak, lakukan hal ini secara berulang – ulang.

4. Peppermint Oil

Cara keempat yang juga bisa Anda lakukan untuk mengatasi anak yang sedang mengalami demam adalah dengan menggunakan peppermint oil, jenis minyak yang satu ini memiliki kandungan mentol yang mana akan memiliki manfaat untuk melancarkan hidung tersumbat, mengatasi demam, dan lainnya, Anda bisa memijat bagian dada dan punggungnya dengan menggunakan peppermint oil.

5. Perbanyak Asupan Cairan

Memberikan anak banyak asupan cairan juga bisa Anda lakukan untuk membantu mengatasi demam yang sedang dialami anak, hal ini sangat penting dilakukan karena demam juga akan bisa mengakibatkan dehidrasi. Untuk mencegahnya maka Anda bisa memberi anak banyak cairan yang sehat seperti misalnya air putih, jus buah, teh yang dicampur dengan madu, atau makanan yang berkuah.

Baca Juga : Penyakit Step Pada Anak: Gejala dan Cara Mengatasi

Apabila Anda memiliki anak yang sedang demam maka Anda bisa melakukan beberapa cara mengatasi panas demam pada anak yang mana telah diulas di atas.

Berita Terkini

To Top