Health

Diet Mediterania, Tren Diet Tahun 2021

Jangan Campur Diet Mediterania dan Eropa

This post is also available in: English

Siapa yang tidak menginginkan hidup sehat dengan beragam pengaturan pola makan atau diet dan olahraga teratur untuk dapat body goals? Banyak orang zaman sekarang yang berlomba lomba untuk mengikuti berbagai macam cara pola hidup yang sehat menjadi salah satu hal yang paling umum akan Anda temui saat membahas perihal pola hidup sehat.

Namun apa sih arti diet yang sesungguhnya? Ini merupakan sebuah kegiatan saat jumlah makanan yang Anda konsumsi nanti dengan jumlah tertentu yang sudah tertakar sebelumnya. Namun untuk menjalani sebuah diet, Anda perlu mempertimbangkan tentang latar belakang keperluan apa yang ingin Anda lakukan atau kondisi terkini badan Anda.

Kenapa Harus Dilakukan Diet?

Keperluan dari kegiatan ini ada jenisnya, hal pertama sudah pasti Anda semua tahu apa itu. Yakni untuk Anda yang menginginkan menurunkan berat badan. Hal ini biasanya terjadi pada oleh model atau aktris yang menginginkan menjaga bentuk tubuh atau penampilannya agar langsing

Sebab kedua adalah meningkatkan berat. Jangan Anda mengira bahwa berdiet hanya untuk orang-orang yang ingin melangsingkan tubuh. Metode atau kegiatan ini merupakan sebuah upaya untuk menjaga pola makan.

Hal juga dapat Anda lakukan kepada saat ingin meningkatkan berat badan. Alasan seperti ini biasanya menjadi bagian dari upaya olahragawan atau atlet binaraga yang menginginkan untuk meningkatkan otot-ototnya.

Baca Juga : 5 Program Diet Paling Direkomendasikan oleh Para Ahli

Baru-baru ini, terdapat sebuah tren menarik. Dimana orang-orang menginginkan pola hidup sehat dengan menggunakan diet mediterania. Ada banyak orang yang mengatakan bahwa diri ini dapat membuat dampak positif bagi tubuh serta kesehatannya.

Mengenal Diet Mediterania

Diet Mediterania, Tren Diet Tahun 2021
Mengenal Diet Mediterania

Bagi Anda yang masih awam dengan Diet. Anda perlu tahu tentang jenis diet satu ini. Diet Mediterania merupakan cara yang dilakukan oleh salah seorang penduduk asli kawasan Mediterania yang kemudian pola makannya itu diketahui ternyata mampu untuk menyehatkan tubuh. Cara jenis ini telah mendapatkan sebuah penelitian dari berbagai penelitian yang membuktikan bahwa ternyata pola makan ini sangat bermanfaat bagi tubuh

Manfaat Diet Mediterania

Cara ini tak hanya akan menurunkan berat badan anda namun juga dapat menurunkan risiko untuk terkena beberapa penyakit kronis. Namun apakah fungsi dari diet satu ini?

Diet mediterania memiliki fungsi pertama  yakni mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Bagi Anda yang sedang mencari pola makan sehat untuk penyakit jantung, maka metode ini merupakan jawabannya. Hal ini disebabkan karena pola makan yang diatur dalam metode ini diklaim dapat menekan kadar kolesterol jahat dalam tubuh serta dapat meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.

Hal kedua mengapa harus menggunakan diet ini adalah Anda dapat terhindar dari serangan stroke. Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa pola makan yang dilakukan orang-orang yang memakai diet ini membuat mereka terhindar dari ciri ciri terkena stroke. Hal ini karena diet tersebut dapat membuat kadar kolesterol dalam tubuh turun serta dapat menambah asupan antioksidan.

Kekurangan yang Harus Dipahami Pengikutnya

Diet Mediterania, Tren Diet Tahun 2021
Kekurangan yang Harus Dipahami Pengikutnya

Meskipun terkenal dengan berbagai manfaatnya, diet jenis ini rupanya tidak benar-benar sempurna. Ini dibuktikan berdasarkan sebuah riset yang ada di sebuah universitas bernama Rush University Medical Center. Para peneliti memberikan keterangan bahwa ternyata diet ini juga mempunyai kekurangan

Dalam sebuah pengakuannya salah satu ahli epidemiologi gizi mengatakan bahwa mengkonsumsi makanan yang menekankan untuk mengkonsumsi lebih banyak sayur, buah biji-bijian serta ikan secara utuh memang terbukti secara positif dapat mempengaruhi kesehatan seseorang.

 Kemudian ia menambahkan, namun apabila seseorang secara sadar mengkombinasikan makanan diet tersebut dengan makanan yang mengandung kalori serta gula yang tinggi. Tambah daging merah maupun olahan maka manfaat pada pola makan ini akan berkurang.

Hal ini terdukung dengan sebuah studi observasional yang telah mengevaluasi kesehatan kognitif orang yang berusia lebih dari 65 tahun. Studi itu adalah sebuah bagian dari salah satu proyek milik Chicago Health and Aging yang sudah melibatkan setidaknya 5.001 lansia yang telah tinggal pada area Chicago.

Ia menambahkan bahwa setiap tiga tahun sekali, mereka akan mengumpulkan responden yang harus menyelesaikan kuesioner penilaian kognitif yang berfungsi untuk menguji keterampilan serta pemrosesan informasi dasar.

Penelitian Lebih Lanjut

Diet Mediterania, Tren Diet Tahun 2021
Penelitian Lebih Lanjut

Diet ini akhirnya membuat para peneliti akhirnya memutuskan untuk menganalisis data responden yang telah mematuhi cara mediterania ini. Mereka yang melakukan metode ini telah mengkonsumsi buah, sayuran, kacang-kacangan serta makanan sehat setiap harinya.

Selain itu para ahli juga menilai berapa banyak nantinya peserta yang akan menambahkan pola makanan ala barat pada diet satu ini. Makanan yang mereka pilih adalah makanan yang berminyak, daging merah serta olahan dan produk susu lemak lainnya.

Ternyata hasilnya cukup mengejutkan saat peserta yang melakukan kolaborasi antara model Mediterania ini dengan pola makanan ala barat ternyata mengalami penurunan yang lebih lambat. Yakni secara bertahun tahun berbeda dari mereka yang sudah mematuhi pola makan ala mediterania.

Para ahli juga menambahkan bahwa mereka yang membatasi makanan sehat lain juga merupakan bagian dari orang-orang yang memilih pola makan ala barat. Sementara itu, para ahli gizi menambahkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan antara kedua jenis orang itu bila dari usia, jenis kelamin, pendidikan ataupun asosiasi.

Baca Juga : Gagal Diet ? Kenali 4 Kesalahan Diet yang Paling Sering dilakukan !

Seorang ahli mengatakan bahwa individu yang telah memiliki skor mediterania tertinggi. Yaitu terlihat lebih muda bahkan terkesan 7,8 lebih muda daripada usia seharusnya. Penemuan pada diet ini ternyata dapat mengurangi risiko penyakit, diabetes serta kanker.

Kesimpulan

Menurut para ahli, semakin banyak Anda nanti memasukan sayuran hijau. Selain itu sangat baik untuk makan buah-buahan, ikan bahkan minyak zaitun ke dalam menu makanan sehari hari. Maka akan semakin baik pula nantinya tubuh kita menua.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top