Health

Diet Sehat Dengan Daun Seledri

Diet sehat dengan daun seledri sebagai salah satu nutrisi dari alam yang menyehatkan serta alami menjadi tips bermanfaat untuk hidup sehat yang akan kita bahas kali ini. Banyak program diet yang dapat kita ikuti dengan baik, terlebih tidak menyalahi hukum alam mengenai pentingnya menjadi kesehatan dengan cara diet sehat daun seledri tanpa mempergunakan suplemen atau obat pelangsing. Diet sehat daun seledri tentu jauh dari pemahaman mengenai diet yang instant. Semua dilakukan dengan menerapkan keseimbangan antara kebutuhan tubuh akan asupan makanan, juga termasuk bagaimana asupan yang kita konsumsi dapat diserap dengan baik oleh tubuh.

Daun seledri dikenal salah satu sayuran yang kita kenal sebagai penambah selera dan aroma masakan, khususnya yang suka dengan masakan berkuah seperti sayur sop. Dicampur dalam masakan memberikan kesegaran alami. Itupun daun yang kita campurkan dalam sayur tidak begitu banyak.

Selain itu, daun seledri yang memiliki kandungan vitamin mampu bertahan hingga 80 % setelah dimasak. Namun dibalik itu ternyata daun yang sering disebut sebagai daun sop atau dalam bahasa latinya Apium graveolens ini memiliki banyak manfaat yang mungkin belum banyak diketahui oleh sebagian masyarakat.

Selain untuk bahan sayur sop, daun saledri yang bermanfaat untuk tubuh anda sering dijadikan campuran untuk membuat jus. Pada beberapa penelitian seledri mampu menjaga kesehatan fungsi ginjal anda. Ginjal merupakan organ penting yang berperan dalam menyaring darah sehingga tubuh anda tidak teracuni oleh kotoran yang dihasilkan oleh tubuh, dapat mengatur volume darah sehingga dapat mempertahankan keseimbangan di dalam tubuh dan juga mampu mendaur air, mineral, glukosa dan juga gizi yang masuk ke dalam nefron lalu mengembalikannya ke peredaran darah.

Daun seledri ternyata kaya nutrisi penting bagi tubuh kita. Nutrisi yang terkandung di dalam seledri akan bekerja secara optimal ketika anda membuatnya menjadi jus. Natrium organik alami yaitu garam dalam seledri sangat aman untuk dikonsumsi dan sangat penting untuk kesehatan tubuh. Bahkan untuk anda yang mengalami gangguan dengan kestabilan darah seperti hipertensi masih aman untuk mengkonsumsi natrium yang terkandung di dalam seledri. Manfaat seledri selalu dikaitkan dengan menurunkan tekanan darah padahal saledri juga dapat membantu anda dalam menjaga fungsi ginjal.

Lebih lagi untuk menambah pengetahuan tentang manfaat seledri untuk diet sehat, menurut penelitian yang lebih mendalam mengenai kandungan dalam selembar daun seledri, mengandung setidaknya delapan keluarga senyawa anti kanker. Diantaranya adalah acetylenics yang telah terbukti menghentikan pertumbuhan sel tumor. Asam fenolat yang menghalangi aksi prostaglandin yang mendorong pertumbuhan sel tumor serta membantu mencegah radikal bebas dari sel-sel yang merusak. Selain itu kandungan mineral yang terdapat di dalam seledri juga mampu menyeimbangkan pH di dalam tubuh dan menetralkan keasaaman.

Bukan hanya itu saj khasiat dari daun seledri untuk diet sehat anda, terutama bagi anda yang bermasalah dengan suhu tubuh, anda dapat mengkonsumsi segelas jus seledri dua atau tiga kali sehari, di antara waktu makan. Ini luar biasa membantu untuk menormalkan suhu tubuh. Kandungan dari seledri yang dibuat jus seledri dapat membantu mengontrol nafsu makan anda. Hal yang bermanfaat selanjutnya adalah efek diuretik dari daun seledri yang membantu pemecahan dan penghapusan urin dan empedu. Konsumsi jus seledri secara teratur untuk hasil yang optimal.

Diet Sehat Dengan Daun Seledri

Khasiat dau seledri bagi para atlet, daun saledri bisa dikonsumsi dengan cara di jus untuk menyempurnakan pasca latihan tonik karena menggantikan elektrolit yang hilang dan rehydrates tubuh dengan kandungan mineral yang terkandung di dalam seledri. Kandungan kumarin fitokimia yang terdapat di dalam seledri mampu  mencegah pembentukan dan perkembangan kanker usus dan perut. Selain itu seledri mampu menjadi efek pencahar alami seledri yang membantu untuk meringankan sembelit. Hal ini juga membantu mengendurkan urat saraf yang telah bekerja terlalu keras dalam pencernaanya.

Wow, hebat bukan. Ternyata berjuta manfaat daun seledri bagi tubuh, baik untuk program diet sehat kita yang kaya manfaat. Walau wujudnya sering kita abaikan, hanya sekedar lalapan dan pelengkap sajian, banyak hal bermanfaat yang dapat kita dapatkan dari daun seledri, terutama untuk diet sehat. Selamat mencoba.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top