Health

Ditemukan dalam Dry Shampoo Dove hingga TRESemme, Ini Bahaya Benzena bagi Tubuh

Ditemukan dalam Dry Shampoo Dove, Ini Bahaya Benzena

Sejumlah produk sampo kering atau dry shampoo Dove hingga TRESemme yang bersifat aerosol ditarik oleh Unilever karena mengandung Benzema melebihi batas. Zat ini diketahui dapat memicu masalah kesehatan, seperti kanker pada manusia.

Menurut keterangan Food and Drug Administration (FDA) pada Jumat (21/10/2022), Unilever AS menarik sekitar 19 produk dry shampoo.

Belasan produk tersebut diproduksi sebelum Oktober 2021 dan dikeluarkan oleh sejumlah merek seperti dry shampoo Dove, Suave, Nexxus, TIGI, hingga TRESemme. Lalu, bagaimana di Indonesia?

Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetik, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Reri Indriani menyebutkan bahwa pihaknya sudah melakukan pengecekan dan hasilnya produk yang ditarik oleh Unilever AS tidak dijumpai di Indonesia.

lihat Juga: Produk Perawatan Rambut yang Harus Kamu Miliki

“Produk-produk tersebut tidak ditemukan beredar di Indonesia,” kata Reri, mengutip Liputan6.com, Kamis (27/10/2022).

Dry Shampoo Dove Terkontaminasi Benzena, Apa Saja Efeknya?

Efek Jangka Pendek

Jika tidak sengaja menelan benzena, Anda akan merasa pusing, kejang, mual, muntah, iritasi lambung, dan detak jantung lebih cepat. Dalam kasus ekstrim, mengonsumsi atau menghirup zat ini dalam jumlah cukup tinggi dapat mengakibatkan kematian.

Efek Jangka Panjang

Paparan benzena dalam jangka panjang dapat merusak sumsum tulang. Hal ini pun akan memicu penyakit berbahaya, di antaranya:

1. Tubuh Memar dan Anemia

Paparan zat ini dalam jumlah tinggi dapat berpengaruh terhadap produksi sel darah merah. Ini dikarenakan rusaknya sumsum tulang. Rendahnya jumlah trombosit darah dapat menyebabkan memar hingga pendarahan yang berlebihan.

2. Mengganggu Imunitas

Paparan benzena seperti yang ditemukan dalam produk dry shampoo Dove juga bisa mengganggu produksi sel darah putih dalam tubuh. Kekurangan sel darah putih dapat menurunkan kemampuan melawan infeksi dan bahkan dapat menyebabkan kematian.

lihat Juga: Menjaga Agar Rambut Tetap Indah dan Sehat

3. Mengganggu Organ Reproduksi

Perempuan yang menghirup zat ini dalam kadar tinggi selama beberapa bulan akan memiliki periode menstruasi tidak teratur hingga penyusutan ovarium. Namun belum diketahui secara pasti apakah efek ini disebabkan oleh benzena.

Belum diketahui pula apakah paparan zat berbahaya satu ini mempengaruhi janin pada ibu hamil atau kesuburan pria.

4. Kanker

Sejumlah studi menyebutkan bahwa bahan kimia satu ini memicu kanker. Terutama kanker darah alias leukimia dan kanker sel darah lainnya.

Mengapa Bisa Terkandung dalam Produk Sampo?

Sebenarnya, zat ini tidak digunakan dalam produksi barang-barang konsumsi seperti pembersih tangan, sampo dan kondisioner kering, atau tabir surya aerosol.

Lihat Juga: Rambut Beruban Di Usia Muda? Mungkin Ini Penyebabnya

Namun, seperti diberitakan CTV News, selalu terbuka kemungkinan kontaminasi. Pasalnya, benzena memang biasa digunakan dalam berbagai produksi bahan kimia. Dalam kasus penarikan dry shampoo Dove dan beberapa sampo lainnya pada 18 Oktober lalu, penyelidikan internal Unilever menemukan propelan aerosol pada kaleng semprotan yang menjadi sumber kontaminasi.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top