Health

Fakta Monosodium Glutamate alias MSG Yang Harus Diketahui

Monosodium Glutamate alias MSG

Monosodium Glutamate alias MSG memang sudah tidak asing lagi bagi telinga orang Indonesia. Salah satu penyedap makanan yang disebut juga dengan vetsin ini selalu dihubungakan dengan berbagai setumpuj dampak buruk bagi kesehetan.

Berikut ini adalah bberapa dampak buruk yang sering dikaitkan dengan konsumsi MSG:

MSG Menyebabkan Obesitas

Fakta tentang MSG yang pertama adalah mampu menyebabkan obesitas. Hal ini diketahui dari hasil penelitian yang dilakukan denga menyuntikkan MSG dosis tinggi pada tikus. Setelah beberapa saat, tikus yang disuntikkan MSG ternyata mengalami peningkatan berat badan yang cukup signifikan.

Terlihat meyakinkan, namun hal ini belum terbukti terjadi pada manusia. Jadi jika pada tikus memang berhasil membuat obesitas, namun pada manusia masih belum dapat dipastikan.

MSG Meningkatkan Nafsu Makan

Terdapat beberapa penelitian yang saling bertentangan, dimana penelitian pertama menyebutkan bahwa MSG dapat menekan hormone yang nantinya akan mengatir nafsu makan (Katekolamin) seseorang, namun penelitian kedua menyebutkan bahwa MSG justru menimbulkan dampak sebaliknya yakni menambahkan nafsu makan.

MSG dapat Mencetuskan Kanker

Penelitian ini dilakukan oleh seorang ilmuan dan menyatakan bahwa konsumsi MSG secara berlebihan dapat meningkatkan pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Namun sayang ia masih belum bisa memastikan temuan tersebuth sehingga penelitian lain masih dibutuhkan.

Jadi, sampai saat ini MSG masih belum bisa dipastikan sebagai salah satu zat yang berperan pada proses terbentuknya sel kanker di dalam tubuh, selain 3 hal yang sudah disebutkan ada beberapa hal lain yang berkaitan erat dengan konsumsi MSG namun belum terbukti secara ilmiah.

Baca Juga : Tahukan Anda Mengapa MSG (Monosodium Glutamat) Begitu Dimusuhi?

Efek Samping MSG:

  1. Pusing /Sakit Kepala
  2. Mual dan Muntah
  3. Kesemutan atau mati rasa
  4. Nyeri dada
  5. Kanker
  6. Penurunan Fungsi Otak

Setelah mengetahui berbagai fakta tentang MSG tersebut, tidak ada salahnya sih menambahkan MSG pada makanan, namun harus dibatasi dan jangan sampai berlebiham. Karena sudah pasti suatu hal yang berlebihan ini tidak baik bagi kesehetan.

Berita Terkini

To Top